Ayo Naik Umum : Landmark-Landmark Halte Transjakarta

Transjakarta Koridor 6Di zaman sekarang meningkatkan minat masyarakat untuk naik umum memang tidak begitu mudah selama masih merebaknya pengguna kendaraan pribadi dan kurangnya pelayanan serta ketidaktahuan atas tujuan mereka menggunakan transportasi umum selain hanya rumah, sekolah, dan kantor mereka saja.

Transportasi massal andalan yang ‘paling’ merakyat di ibukota tercinta adalah Transjakarta. Mengapa? Karena transportasi massal ini hampir mencakup keseluruhan wilayah Jakarta.

Maka dari itu, saya ingin mencoba menyimpulkan apa saja yang dapat dikunjungi jika kalian menggunakan moda transportasi ini untuk mengisi waktu luang.


Keterangan Awal :

  1. Sangat Dekat : Langsung di depan
  2. Dekat : Jalan sedikit kurang dari 200 meter
  3. Lumayan : Jaraknya sekitar 200 s/d 500 meter
  4. Jauh : di atas 500 meter, namun kurang dari 1 kilometer
  5. Di atas 1 kilometer tidak disebutkan

 


Tempat Wisata

  1. Kebun Binatang Ragunan (Koridor 6, Dukuh Atas – Ragunan, Sangat Dekat)

    • Turun di halte akhir Ragunan, pintu masuk di sebelah utaranya persis di sebelah halte ini.
  2. Taman Mini Indonesia Indah (Koridor 9, Pluit – Pinang Ranti, Jauh)
    • Sayangnya tidak ada halte paling dekat dari pintu masuknya kecuali turun di halte Garuda Taman Mini. Dan itupun dari halte langung belok kiri jalan ke arah selatan sebelah Tamini Square sekitar 1 Km hingga bertemu masjid At-Tin. Atau jika tidak ingin berjalan kaki, disarankan naik angkot apapun ke arah selatan dari samping Tamini Square (contohnya KWK T.02 merah).
  3. Taman Impian Jaya Ancol (Koridor 5, Kampung Melayu – Ancol, Sangat Dekat)
    • Turun di halte akhir Ancol, keluar halte langsung bayar tiket masuk. Coba yang lain juga seperti ini.
  4. Kota Tua, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Pos Indonesia, Kafe Batavia, Museum Fatahillah (Koridor 1, Blok M – Kota & Koridor 12, Pluit – Tanjung Priok, Dekat)
    • Yang dari arah Blok M turun di halte akhir Kota, keluar lewat terowongan dan berjalan ke arah utara, dengan jarak hanya 200 meter dari pintu keluar ke lapangan Kota Tua. Bagi yang dari arah Pluit langsung turun di halte Museum Fatahillah. Dan bagi yang dari Tanjung Priok bisa turun di halte Kota atau Kali Besar Barat (lebih baik turun di halte Kota, karena turun di halte Kali Besar tidak disarankan kecuali ingin merasakan arsitektur antik halte).
  5. Monumen Nasional (Koridor 1, Blok M – Kota, Dekat)
    • Harap turun di halte Bank Indonesia dan jangan di halte Monasnya karena akses masuk Monasnya lebih dekat dari halte Bank Indonesia.
  6. Museum Nasional (Museum Gajah) (Koridor 1, Blok M – Kota, Sangat Dekat)
    • Yang ini baru turun di Halte Monas karena tinggal nyebrang ke museumnya.
  7. Museum Satria Mandala (Koridor 9, Pluit – Pinang Ranti, Dekat)
    • Turun di halte Jamsostek Gatot Subroto, ambil arah ke gedung Jamsosteknya, kemudian jalan sedikit ke arah barat.

Sarana Olahraga

  1. Kolam Renang GOR Ragunan (Koridor 6, Dukuh Atas – Ragunan, Jauh)

    • Turun di halte akhir Ragunan, dari halte berjalan lurus ke arah Timur melewati gerbang utama Kebun Binatang Ragunan. Jaraknya sekitar 750 meter. Tarifnya di bawah 5000 rupiah.
  2. Kolam Renang GOR Soemantri (Koridor 6, Dukuh Atas – Ragunan, Dekat)
    • Masuk ke jalan utama Epicetrum, sekitar 250 meter. Tarifnya lebih mahal dari GOR Ragunan.
  3. Kolam Renang Bulungan (Koridor 1, Blok M – Kota, Jauh)
    • Sebenarnya lokasinya berada di sebelah perempatan Sisingamangaraja, namun dari halte Masjid Agung Al-Azhar bisa langsung ambil arah Barat masuk ke jalan Hang Tuah. Jarak sekitar 550 meter di sebelah selatan halte, dengan tarif sekitar 5000 rupiah dengan asuransi sekitar 100 perak.
  4. GOR Jakarta Timur (Koridor 7, Kampung Melayu – Kampung Rambutan, Sangat Dekat)
    • Turun di halte Gelanggang Remaja, kemudian enjoy!
  5. GOR Rawamangun (Koridor 4, Dukuh Atas – Pulogadung, Lumayan)
    • Turun di halte Velodrome, ambil arah utara atau sekolahan, kemudian belok kiri ke arah barat.
  6. GOR Jakarta Utara (Koridor 10, PGC – Tanjung Priok, Sangat Dekat)
    • Turun di halte Walikota Jakarta Utara, sama seperti GOR Jakarta Timur, tinggal keluar halte dan enjoy!
  7. GOR Pertamina (Koridor 8, Harmoni – Lebak Bulus, Lumayan)
    • Turun di halte Simprug, keluar ke sisi barat dan jalan ke arah utara (ke arah Flyover Permata Hijau sejauh +/- 400 meter).
  8. Kolam Renang Gadjah Mada (Koridor 1, Blok M – Kota, Sangat Dekat)
    • Turun di halte Sawah Besar, masuk ke dalam Gadjah Mada Plaza, dan langsung menuju lantai 7.

Taman

 

  1. Taman Martha Tiahahu (Koridor 1, Blok M – Kota, Dekat)

    • Turun di halte akhir Blok M, tamannya sudah terlihat jika kalian melihat ke kanan sesaat bus masuk kawasan terminal Blok M.
  2. Taman Honda Tebet (Koridor 9, Pluit – Pinang Ranti, Jauh)

    • Turun di halte Tebet BKPM (sekarang sudah berganti nama jadi Tebet BUMD), kemudian keluar di sisi utara (jika dari halte ambil arah kiri, beruntung meskipun haltenya terpisah menjadi 2, semuanya mengarah ke arah yang sama). Lalu belok kanan dari JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) mengarah ke Timur, cari gang dan belok kiri, kemudian lurus terus ke arah utara sekitar 800 meter dari pas keluar halte.
  3. Taman Suropati (Koridor 4, Dukuh Atas – Pulogadung & Koridor 6, Dukuh Atas – Ragunan, Jauh)

    • Turun di halte Halimun kemudian belok kiri dan menyebrang ke arah jembatan sungai, masuk jalan Madiun hingga mencapai ujungnya. Kurang lebih jarak  halte ini ke tamannya sekitar 800 meter.
  4. Taman Cattleya (Koridor 9, Pluit – Pinang Ranti, Lumayan)

    • Turun di halte Harapan Kita dan ambil arah seberang rumah sakitnya (bukan di depannya). Kemudian jalan ke utara atau ke arah Grogol atau Pluit sekitar 450 meter. Well, Transjakarta sepertinya tidak begitu ramah dengan taman sekitar.
  5. Taman Lapangan Banteng (Koridor 2, Harmoni – Pulogadung, Dekat)
    • Turun di halte Deplu, jika terlewat turun di halte Istiqlal, dengan syarat ini hanya berlaku untuk rute arah Harmoni saja karena haltenya satu arah.
  6. Taman Jatinegara (Koridor 10, PGC – Tanjung Priok & Koridor 11, Kampung Melayu – Walikota Jakarta Timur, Dekat)
    • Turun di halte Stasiun Jatinegara 1 atau halte Flyover Jatinegara (pintu keluarnya sama), langsung ambil arah timur dan voila!

Sarana Edukasi

  1. Masjid Istiqlal (Koridor 2, Harmoni – Pulogadung, Sangat Dekat)

    • Turun di halte Istiqlal atau Juanda, namun saya lebih merekomendasikan agar turun di halte Juanda saja karena langsung di depan pintu masuk dan strategis, serta halte ini dilalui koridor lain seperti PGC – Harmoni.
  2. Perpustakaan Umum Daerah (Koridor 6, Dukuh Atas – Ragunan, Lumayan)

    • Turun di halte GOR Soemantri ambil kiri ke arah Plaza Festival, namun setelah keluar dari JPO langsung berbalik arah menuju selatan hingga ditemui JPO berikutnya langsung masuk Jalan Episentrum Selatan. Perpustakaannya ada di gedung Nyi Ageng Serang lantai 7, langsung masuk saja menuju lift dan jangan lupa bawa KTP untuk serah terima kunci loker. Ini merupakan tongkrongan paling edukatif anak muda dan gratis.
  3. Museum Arsip Nasional (Koridor 1, Blok M – Kota, Dekat)

    • Turun di halte Mangga Besar, keluar di sisi barat. Jalan ke arah selatan (ke arah halte Sawah Besar atau Gajah Mada Plaza) dengan jarak 200 meter.

Stasiun

  1. Stasiun Sudirman (Koridor 4, Dukuh Atas – Pulogadung & Koridor 6, Dukuh Atas – Ragunan, Lumayan)

    • Langsung turun di halte akhir Dukuh Atas 2 dan keluar menuju flyover dengan menyebrang dan menaiki tangga yang ada. Sebenarnya dari halte Dukuh Atas 1 dan halte Tosari ICBC bisa, namun lebih dekat dari Dukuh Atas 2. Rencana akan dibangun halte Sudirman tepat depan stasiun ini, cuma entah kapan terealisasinya.
  2. Stasiun Cawang (Koridor 9, Pluit – Pinang Ranti, Dekat)

    • Turun langsung di halte Stasiun Cawang Cikoko. Jika dari PGC atau Pinang Ranti, keluar menuju gedung berhantu Menara Saidah, turun ke terowongan dan berjalan di bawah terowongan menuju stasiun. Awas banyak KRL lewat. Sedangkan dari arah satunya tinggal kepleset (baca: jalan sedikit kemudian turun tangga stasiun). Penyebabnya adalah pihak terkait ‘malas’ untuk menyambungkan JPOnya.
  3. Stasiun Kota (Koridor 1, Blok M – Kota, Dekat)

    • Langsung turun di halte akhir Stasiun Kota, masuk ke terowongan melingkar dan ambil kanan atau ikuti petunjuk jalannya. Stasiunnya ada di atas terowongan penyebrangan orang (TPO).
  4. Stasiun Juanda (Koridor 2, Harmoni – Pulogadung, Sangat Dekat)

    • Turun di halte Juanda, langsung ambil arah stasiunnya (belok kanan).
  5. Stasiun Kebayoran (Koridor 8, Harmoni – Lebak Bulus, Lumayan)

    • Turun di halte Pasar Kebayoran Lama, belok kanan menuju pasarnya hingga menemukan rel kereta kemudian belok kanan lagi menuju pintu masuk stasiun.
  6. Stasiun Klender (Koridor 11, Kampung Melayu – Walikota Jaktim, Lumayan)

    • Turun di halte Stasiun Klender. Kemudian kalian harus menyebrangi rel di sebelah utara menuju jalan Raya Bekasi kemudian belok kanan dengan jarak yang tidak main-main. Yang seperti ini dinamakan integrasi ya?
  7. Stasiun Buaran (Koridor 11, Kampung Melayu – Walikota Jaktim, Lumayan)

    • Yang pasti jangan turun di halte Buaran, turunnya di halte Perumnas Klender kemudian jalan ke arah Flyover Raden Inten sekitar 400 meter.
  8. Stasiun Jatinegara (Koridor 11, Kampung Melayu – Walikota Jaktim, Dekat)

    • Koridor 11 memang menjadi banyak terintegrasi dengan stasiun mengingat bersinggungan langsung dengan KRL rute Bekasi. Turunnya di halte Stasiun Jatinegara 2 ambil arah stasiunnya di arah timur, bukan yang pasar.
  9. Stasiun Taman Kota (Koridor 3, Kalideres – Harmoni, Lumayan)

    • Turun di halte Taman Kota, ambil arah selatan mengikuti gang rumah penduduk.
  10. Stasiun Grogol (Koridor 9, Pluit – Pinang Ranti, Dekat)

    • Turun di halte Stasiun Grogol Latumenten, cari tangga keluar JPO yang lekuknya hingga 2 kali. Jalan sedikit ke arah selatan, iya di sana.
  11. Stasiun Rajawali (Koridor 5, Ancol – Kampung Melayu, Lumayan)

    • Turun di halte Jembatan Merah, masuk jalan Industri 3, mentok, kemudian belok kanan. Satu lagi, jangan lupa hidungnya ditutup.
  12. Stasiun Kemayoran (Koridor 5, Ancol – Kampung Melayu, Lumayan)

    • Turun di halte Pasar Baru Timur. Keluar halte ambil arah Golden Truly. Kemudian ambil arah halte Budi Utomo hingga perempatan belok kiri. Jaraknya dari halte ke stasiunnya 550 meter.
  13. Stasiun Pasar Senen (Koridor 5, Ancol – Kampung Melayu & Koridor 2, Pulogadung – Harmoni, Lumayan)

    • Turun di halte Senen atau Senen Sentral, jalan ke timur melewati pasar Senen kemudian belok kiri.
  14. Stasiun Pondok Jati (Koridor 5, Ancol – Kampung Melayu, Lumayan)

    • Turun di halte Slamet Riyadi, masuk ke jalan di samping gereja sekitar 500 meter.
  15. Stasiun Kramat (Koridor 4, Dukuh Atas 2 – Pulogadung, Lumayan)

    • Turun di halte Pasar Genjing, masuk ke jalan RSIA Evasari lurus hingga terlihat stasiunnya. Idem, jaraknya 500 meter.
  16. Stasiun Tanjung Priok (Koridor 10, PGC – Tanjung Priok, Dekat)

    • Turun di halte akhir Tanjung Priok, cari bangunan antik di sekitar terminal, itu dia stasiunnya.
  17. Stasiun Gambir (Koridor 2, Pulogadung – Harmoni, Sangat Dekat)

    • Bisa turun di halte Gambir 1 atau Gambir 2.
  18. Stasiun Manggarai (Koridor 4, Dukuh Atas 2 – Pulogadung, Lumayan)

    • Turun di halte Manggarai jalan ke arah terowongan, kemudian belok kanan. Jujur, saya paling tidak suka hubungan halte Manggarai dengan stasiunnya. Seperti Klender yang jarak stasiun dan haltenya sebenarnya bisa dibuat dekat.

Sisanya seperti Stasiun Pesing, Kalideres, Rawa Buaya, dan lain sebagainya tidak saya sebutkan karena aksesnya memang sangat jauh dari halte busway terdekat.


Bonus : Pusat Perbelanjaan Modern dan Tempat Tongkrongan

 

  1. Plaza Semanggi (Halte Bendungan Hilir Koridor 1 & Halte Semanggi Koridor 9)
  2. Pluit Village (Halte Pluit Koridor 9)
  3. Central Park (Halte S Parman Podomoro City Koridor 9)
  4. Pejaten Village (Halte Pejaten Koridor 6)
  5. Gadjah Mada Plaza (Halte Sawah Besar Koridor 1)
  6. LTC Glodok (Halte Glodok Koridor 1)
  7. ITC Mangga Dua (Halte Mangga Dua koridor 12)
  8. Mangga Dua Square (Halte Gunung Sahari Mangga Dua Koridor 5 & 12)
  9. WTC Mangga Dua (Halte Pademangan Koridor 5)
  10. Daan Mogot Mall, Daan Mogot Baru (Halte Pesakih Koridor 3)
  11. Slipi Jaya (Halte Slipi Kemanggisan Koridor 9)
  12. Senayan City (Halte Bundaran Senayan Koridor 1)
  13. STC (Halte Bundaran Senayan Koridor 1)
  14. Plaza Senayan (Halte Bundaran Senayan Koridor 1)
  15. Ratu Plaza (Halte Bundaran Senayan Koridor 1)
  16. fX Sudirman (Halte Gelora Bung Karno Koridor 1)
  17. Sarinah (Halte Sarinah Koridor 1)
  18. Harmoni Plaza (Halte Harmoni Central Busway Koridor 1, 2, 3, & 8)
  19. Pondok Indah Mall (Halte Pondok Indah 2 Koridor 8)
  20. Poin Square (Halte Lebak Bulus Koridor 8)
  21. Carrefour Lebak Bulus (Halte Lebak Bulus Koridor 8)
  22. Citra Mall Klender (Halte Flyover Klender Koridor 11)
  23. Arion Plaza (Halte Pemuda Rawamangun & Velodrome Koridor 4)
  24. Sunter Mall (Halte Sunter Karya Koridor 12)
  25. Mall of Indonesia (Halte Sunter Boulevard Koridor 12)
  26. Mall Artha Gading (Halte Sunter Kelapa Gading Koridor 10 & 12)
  27. ITC Permata Hijau (Halte Permata Hijau Koridor 8)
  28. Grand Indonesia (Halte Tosari ICBC Koridor 1)
  29. Pusat Grosir Cililitan (Halte PGC 1 Koridor 7 & Halte PGC 2 Koridor 10)
  30. Carrefour MT Haryono (Halte Cawang Ciliwung Koridor 9)
  31. Gelael (Halte Pancoran Tugu Koridor 9)
  32. Season City (Halte Jembatan Besi Koridor 9)
  33. Emporium Pluit (Halte Penjaringan Koridor 9)
  34. Pluit Junction (Halte Penjaringan Koridor 9)
  35. ITC Cempaka Mas (Halte Cempaka Timur Koridor 2 & Halte Cempaka Mas Koridor 10)
  36. Tamini Square (Halte Garuda Taman Mini Koridor 9)
  37. Setiabudi One (Halte Karet Kuningan Koridor 6)
  38. Epicentrum Walk (Halte GOR Soemantri Koridor 6)
  39. Plaza Festival (Halte GOR Soemantri Koridor 6)
  40. Gandaria City (Halte Pasar Kebayoran Lama Koridor 8)
  41. Blok M Square (Halte Blok M Koridor 1)
  42. Plaza Blok M (Halte Blok M Koridor 1)
  43. Pasaraya Blok M (Halte Blok M Koridor 1)
  44. Pasaraya Manggarai (Halte Manggarai Koridor 4)
  45. Mall Ciputra (Halte Grogol 2 Koridor 8 & 9, Halte Jelambar Koridor 3)
  46. Plaza Atrium (Halte Atrium Koridor 2, Halte Senen/Senen Central Koridor 5 & 2)
  47. Pasific Place (Halte Polda Koridor 1)
  48. MT Haryono Square (Halte Cawang Otista Koridor 7)
  49. ITC Roxy Mas (Halte Sumber Waras Koridor 3)
  50. Roxy Square (Halte Sumber Waras Koridor 3)

 

Dekat dengan Sevel, Lawson, atau Family Mart :

UPDATE 01/07/2017 : SEIRING DENGAN TUTUPNYA SELURUH GERAI SEVEL, MAKA DAFTAR DI BAWAH INI HANYA TINGGAL KENANGAN DAN HARAP DIABAIKAN KARENA SUDAH TIDAK BERLAKU, TERIMA KASIH.

  1. Halte Sawah Besar (Koridor 1)
  2. Halte Tosari ICBC (Koridor 1)
  3. Halte Bundaran Senayan (Sevel Ratu Plaza dan Sevel STC) (Koridor 1)
  4. Halte Imigrasi Jakarta Selatan (Koridor 6)
  5. Halte Salemba UI (Koridor 5)
  6. Halte Matraman 1 (Koridor 5)
  7. Halte GOR Soemantri (Koridor 6)
  8. Halte SMK 57 (Koridor 6)
  9. Halte Bidara Cina (Koridor 7)
  10. Halte Blok M (Sevel Melawai dan Blok M Plaza Bulungan) (Koridor 1)
  11. Halte Mangga Besar (Sevel Putaran Mangga Besar NV Olimo) (Koridor 1)
  12. Halte Gambir 2 (Sevel Gambir Selatan) (Koridor 2)
  13. Halte Pesakih (Sevel Tanah Lot) (Koridor 3)
  14. Halte PGC 2 (Koridor 10)
  15. Halte Pancoran Barat (SMESCO) (Koridor 9)
  16. Halte S Parman Central Park (Sevel Gelong Baru) (Koridor 9)
  17. Halte Sunan Giri (Koridor 4)
  18. Halte Kedoya Green Garden (Koridor 8)
  19. Halte SMP 140 (Koridor 12)
  20. Halte Sunter Boulevard (Sevel MOI 1 dan MOI 2) (Koridor 12)
  21. Halte Jati Negara Premier (Sevel Kampung Melayu dan Jati Negara X’tainment)(Koridor 11)

 

Sisanya menyusul, untuk tambahan, komentar dipersilakan.

2 Comments:

  1. Gumilar setya brata

    Aku tambahin, (kolam renang puribeta koridor 13 ciledug-tendean, lumayan) turun di halte puribeta 2 kemudian jalan ke utara. Jaraknya 450 m

    • Terima kasih atas komentarnya, memang saya belum update untuk Koridor 13 (mengingat saya sudah jarang naik TJ), insyaAllah saya akan update segera.

      Namun terima kasih sudah memberikan masukan, noted.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Apa tema yang kalian inginkan untuk postingan baru saya selanjutnya?

    Terima kasih atas pilihannya, Anandastoon akan terus berusaha memenuhi keinginan para pembaca yang tercinta. :)