Review Transjakarta : Koridor 3 (03/11/2013)

Transjakarta

Halte Pesakih

            Dimulai dari Kalideres dan berakhir di Pasar Baru, ya, inilah koridor 3 yang cenderung menguasai daerah Jakarta bagian barat. Dengan perpotongan transit hingga halte Indosiar yang bersinggungan dengan koridor 8, selanjutnya tidak ada halte yang dapat dibuat transit kembali. Koridor ini hanya memiliki 16 halte, dan terdapat sebuah flyover yang cukup panjang membuat jarak halte yang semakin jauh menunggu akhir dari flyover tersebut.

            Mengenai kondisi koridor, berdasarkan keluhan para penumpang sepertinya koridor ini memiliki segudang PR untuk dituntaskan.

            Kondisi Rute : 60/100

            Rutenya boleh dibilang cukup pendek, hanya ada sesuatu yang dapat dikatakan “tidak adil” disini. Beberapa mengeluh rute ini hanya melayani hingga ke HCB (Harmoni Central Busway) dan tidak diteruskan ke Pasar Baru. Juga penempatan halte yang sedikit tidak konsisten seperti tidak ditemukan halte diantara HCB dan RS. Sumber Waras juga pemisahan halte yang terjadi karena flyover panjang yang telah disebutkan sebelumnya.

            Headway : 30/100

            Perlu antri berjam-jam di halte HCB dan membuat antrian yang sangat panjang, membuat prihatin setiap orang yang melihatnya. Titik kemacetan pun boleh dikatakan sangat parah terjadi dari HCB hingga Grogol (dihimbau agar jangan memasuki daerah ini ketika maghrib atau anda mungkin akan terlewat shalat Maghrib), ditambah lagi dengan banyaknya kendaraan yang menerobos busway hingga segudang kendaraan roda dua yang nekat untuk melakukan contra flow alias melawan arus bus. Sangat buruknya sterilisasi membuat jarak bus yang satu ke bus yang berikutnya dapat dibilang merontokkan rambut karena frustasi.

            Kondisi Bus : 25/100

            Dengan identitas lambung TB atas operator PT. Trans Batavia ini, bus single yang dioperasikan memiliki sangat banyak trouble. Dimulai dari AC banyak bocor, bus sering mogok, LED sudah banyak yang mati, bus tak terawat, petugas onboard bus sangat tidak ramah, hingga bus yang sering terbakar. Bffhh… Saya rasa cukup sampai disini.

            Kesimpulan

            Tidak ada yang istimewa disini, koridor 3 hanya membuat orang sulit beralih dari kendaraan pribadi ke moda transportasi yang istimewa ini… saya harap kedepannya bisa jauh lebih baik. Lagipula usia TB sudah lebih dari 7 tahun.

            Nilai Keseluruhan : 37 / 100

            Nilai Mencoba Kembali : Sangat Rendah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Apa tema yang kalian inginkan untuk postingan baru saya selanjutnya?

    Terima kasih atas pilihannya, Anandastoon akan terus berusaha memenuhi keinginan para pembaca yang tercinta. :)