BrosurBelakangSebagai programmer pemula, saya sering membuat struktur kodingan yang boleh dikatakan ‘bar-bar’ sehingga menyulitkan saya sendiri untuk mengedit ulang kode tersebut bahkan kadang harus merombaknya dan menulisnya dari awal.

     Seseorang yang pernah sekolah di luar negeri pernah memberi saya beberapa tips mengenai cara manajemen sebuah bahasa pemrograman yang baik, dalam hal ini saya memakai contoh bahasa C#.

  • Penulisan nama variabel, huruf awal besar untuk public dan kecil untuk private.
// Gunakan huruf awal besar untuk variabel public
public int Test;

// Gunakan huruf awal kecil untuk variabel private
private int test;

 

  • Memakai keyword “this” untuk penggunaan variabel yang di deklarasi dalam kelas, guna membedakan variabel yang di deklarasi dalam fungsi.

     Perhatikan bahwa nilai test yang di deklarasi dalam sebuah kelas disetel oleh nilai test dari dalam fungsi. Manfaatnya adalah untuk mencegah penggunaan variabel yang ambigu ketika ada dua variabel yang bernama sama namun tempat pendeklarasiannya berbeda (yang satu di dalam kelas, yang satu lagi di dalam fungsi).

// Pendeklarasian dalam kelas
public int Test = 0;

// Penggunaan keyword "this"
this.Test = 1;

// Kegunaan sebagai pembeda dengan deklarasi variabel fungsi
private void SetTestValue (int test) {
    this.Test = test;
}

      Singkatnya, kata kunci “this” merujuk kepada variabel yang di deklarasi di kelas dan bukan yang di dalam fungsi.

 

  • Nama Fungsi harus memiliki huruf awal kapital, dan pemberian nama yang jelas

     Nama fungsi harus di awali dengan huruf kapital dan dengan nama yang mudah dimengerti seseorang. Contohnya jika ada fungsi tentang operasi penjumlahan, cukup tulis nama fungsi Jumlahkan(nilaiA, nilaiB) atau jika dalam bahasa Inggris cukup Add(valueA, valueB). Sehingga nama fungsi lebih simpel lebih baik.

// Pemanggilan fungsi
Add(3, 5); // Hasil output adalah 8

// Pendeklarasian fungsi yang memakai huruf awal besar
public int Add (int a, int b) {
     return a + b;
}

// Contoh yang lain, gunakan kata SetXX untuk menyetel nilai.
SetValue();
SetObject();
SetControllable();

// Dan lebih baik agar tidak ditulis seperti ini
AssignValue();
EnterObject();
// karena mungkin dapat 'bentrok' dengan nama fungsi lain
// atau membingungkan orang

 

  • Selalu berikan komentar

     Jadilah programmer yang baik dan tidak menyusahkan, penambahan komentar dapat membantu dirimu sendiri dan orang lain. Umumnya komentar dapat ditambahkan hanya dengan menambah dua buah garis miring (slash) di depan komentar. Hal ini ditujukan agar baris yang dikomentari tidak di-compile dan menimbulkan error.

// Jelaskan baris ini maksudnya apa, seperti
// Setel nilai test
private int test = 0;

// Kemudian tambahkan sebanyak 5
test += 5;

// Setelah ditambahkan, bla... bla... bla...

     Mungkin terlihat begitu sepele, namun kurangnya komentar akan berakibat bencana jika seseorang membuat kode sekitar ribuan baris.

 

  • Jangan menghapus kode yang meragukan

     Sangat dianjurkan untuk tidak menghapus kode yang kemungkinan masih dapat digunakan kembali, gunakan komentar untuk menjadikannya tidak terdeteksi compiler.

// Kode yang terpakai
public int Test = 0;

// Kode yang tidak terpakai,
// namun mungkin masih dapat digunakan
// private int test = 0;

 

  • Jangan gunakan nilai ajaib, gunakanlah constant.

     Biasanya banyak pemula yang memakai nilai ajaib atau magic value, sebenarnya tidak begitu jadi masalah jika konsekuensinya bagus. Namun sangat dianjurkan agar mendeklarasi constant untuk menjadikannya lebih rapi.

// Pendeklarasian variabel normal
public int Test = 0;

// Contoh pendeklarasian constant (c#)
private const int TEST_CONST = 7;

// Tidak dianjurkan untuk seperti ini
this.Test = 7;

// Tetapi pakailah constant
this.Test = TEST_CONST;

     Penulisan constant adalah dengan huruf besar seluruhnya dan jika memakai pemisah, gunakanlah underscore. Pastikan nilai constant selalu tetap bagaimanapun kondisinya, karenanya bisa dibuat variabel statis.

 

  • Gunakanlah switch…case sebagai pengganti if…else

     Pemula biasanya menggunakan if…else jika terdapat kondisi, sebanyak apapun kondisi tersebut. Gunakanlah switch…case dikarenakan lebih intensif dan efisien khusus untuk kondisi yang sangat kompleks.

public int Test = 0;
public string Text = string.empty;

// Kondisi biasa yang tidak dianjurkan
if (this.Test == 0)
    this.Text = "Hello";
else if (this.Text == 1)
    this.Text = "World";
else
    this.Text = "Indonesia";

// Memakai switch case
switch (this.Test) {
    case 0 :
        this.Text = "Hello";
        break;
    case 1 :
        this.Text = "World";
        break;
    case 2 :
        this.Text = "Indonesia";
        break;
}

     Perlu diingat bahwa setiap case harus ditutup dengan break. Ini dimaksudkan agar kode dari case berikutnya tidak tereksekusi. Singkatnya, ini sama saja dengan kurawal tutup dari setiap statement dari if. Untuk case yang memiliki nilai sama, cukup ditulis seperti ini :

// Jika memakai if dan ada kondisi sama
if (this.Test == 0 && this.Test == 1) {
// kode dijalankan di sini.
}

// Jika memakai switch dan ada kondisi sama
switch (this.Test) {
    case 0 :
    case 1 :
        // kode dijalankan disini
        break;
}

 

  • Perhatikan indentasi dan spasi

     Ini akan membuat tampilan kode menjadi lebih rapi dan indah.

// Buatlah indentasi seperti ini
if (this.Test == 0) {
    this.Text = "Hello";
    if (this.Text == "Hello")
        this.autoRun = true;
}

// Dan jangan seperti ini
if (this.Test == 0) {
this.Text = "Hello";
if (this.Text == "Hello")
this.autoRun = true;
}

// Selalu beri spasi antara koma dan operasi
if (this.Test > 0) {
    this.Test = Add(3, 5);
    this.Test += 4;
}

// Dan jangan seperti ini
if (this.Test>0) {
    this.Test=Add(3,5);
    this.Test+=4;
}

Semoga bermanfaat

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
🤗 Selesai! 🤗

Nilai

Polling

Sugesti

Permainan


  • Berikutnya
    Manajemen Variabel (C#)


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. 😉

    Kembali
    Ke Atas

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. 😊


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. 😉

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. 😉

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. 😉

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. 🤗

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. 🤗

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll 👇

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. 🔮

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? 😱 Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.