Pendeklarasian variabel adalah suatu hal yang dasar dan umum dalam dunia bahasa pemrograman lagi sangat mudah serta penting. Variabel itu sendiri sebenarnya telah diajarkan bahkan saat kita masih duduk di bangku taman kanak-kanak. Contoh sederhana dari variabel itu sendiri adalah sebagai berikut :
3 + n = 8
Dengan sangat mudah kita akan menjawab bahwa nilai dari n adalah 5. Variabel sangat dibutuhkan jika kita ingin menggunakan nilai yang terhubung satu sama lain tanpa mesti mengubahnya satu per satu. Pendeklarasiannya pun bukanlah suatu malapetaka, hingga akhirnya variabel yang dibuat sangat kompleks atau begitu banyak.
Dalam bahasa pemrograman, saya ambil C# dalam kasus ini, ada suatu identifier di mana hal itu biasa disematkan sebelum nama atau jenis variabel dalam pendeklarasian.
Jika ingin variabel yang dibuat dapat diakses di kelas lain.
Jika ingin variabel yang dibuat hanya dapat diakses pada ‘anak’ kelas tersebut. Ini diberlakukan jika seseorang meng-extend kelas tersebut.
Jika ingin variabel yang dibuat tidak dapat diakses di manapun tanpa kecuali. Variabel tersebut hanya dapat digunakan di dalam kelas yang mendeklarasinya.
Jika variabel yang dibuat tidak ingin diubah nilainya. Biasanya sering digunakan sebagai pengganti constant pada bahasa pemrograman yang tidak mengenal constant.
Ini juga dapat disematkan pada kelas, di mana kelas tersebut tidak bisa dibuat baru dengan keyword “new”, namun bisa jika ada kelas lain yang menjadi anak kelas tersebut.
// Ini kelas utama abstract public abstract class Test { } // Ini anak yang meng-extend kelas abstract tersebut public class TestExtending : Test { } // Maka kelas abstract tidak bisa begini private Test test = new Test (); // Namun bisa pada anak kelas tersebut private TestExtending test = new TestExtending();
Ini berlaku khusus untuk sub-rutin atau function, di mana fungsi ini telah dibuat dalam suatu engine, namun ingin ditulis ulang dalam nama yang sama pada suatu kelas. Jadinya, kelas tersebut memakai fungsi yang telah di-override di kelas tersebut, dan bukan fungsinya engine bahasa pemrograman tersebut meski namanya sama.
Semoga Bermanfaat
Nilai
Polling
Sugesti
Permainan
Mohon berikan bintang:
Desk Rate
Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. 😊
Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
Pastikan internetmu tetap terhubung. 😉
Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!
Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. 😉
Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
Pastikan internetmu tetap terhubung. 😉
Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. 🤗
Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.
Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?
Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.
Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~
Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. 🔮
Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.
Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? 😱 Kek gimana tuh?
Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.
1. Kamu akan diberikan sebuah kata.
2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.
3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.
4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.
5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.
6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.