Alay Forever: 10 Bahasa SMS Dunia

Bahasa SMSSebenarnya ini hanyalah suatu hal yang bermula dari sebuah fitur yang bernama Short Messaging Service (SMS). Apa maksudnya? Di negeri tercinta ini, dengan salah satu bahasa yang mungkin paling banyak huruf yang digunakan dalam sebuah kata jika dibandingkan dengan bahasa lain, terutama Bahasa Inggris. Bayangkan, kata memperbaharui (13 kata) dengan update (6 kata).

Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang menyingkat bahasa dalam penulisan SMS sehingga menimbulkan gaya penulisan baru yang cukup dikenal dengan bahasa SMS. Namun jangan khawatir, setiap negara memiliki bahasa SMS masing-masing, termasuk bahasa Inggris itu sendiri.

Bahasa SMS itu sendiri terjadi karena 3 hal:

  1. Di jaman ago (kebalikan dari jaman now) untuk mendapatkan sebuah huruf saja harus menekan beberapa kali tombol handphone. 222-2733-3-3344!
  2. Karakter yang tersedia hanyalah 160 karakter. Jadi jika ingin mengirimkan proposal pernikahan sangatlah tidak mungkin. Lagipula bahasa kita adalah bahasa yang boros huruf. (Wait, siapa memangnya yang ingin mengajukan proposal via SMS?)
  3. Yang ini sudah pasti, untuk mempercepat waktu.

Seperti dalam bahasa Inggris, “how are you” sering ditulis “how r u”, yang kemudian disingkat lagi menjadi “hru”, kemudian “What are you doing” disingkat menjadi “Wat r u doin”, yang kemudian disingkat lagi menjadi “wyd”.

Baiklah, ini adalah beberapa bahasa Slang/SMS yang saya temukan dari berbagai belahan dunia:


  • Alay (Indonesia)

Alay, (atau 4l4Y, Anak Layangan, atau Anak Lebay) adalah suatu fenomena yang berasal dari budaya pop Indonesia (mungkin dari lagunya Lolita ya?) yang sering distereotipkan dengan mereka-mereka yang lebay atau kampungan. Namun apa hubungannya dengan Anak Layangan ya? Saya hanya naikkan bahu.

Adapun teks Alay, atau bahasa Alay umumnya bertemakan pertemanan, percintaan, dan dilema hidup (galau). Cara menulisnya biasanya dengan menggabungkan antara angka dan huruf, dan ditambahkan huruf-huruf yang menghancurkan grammar indah bahasa tercinta ini (Ehm, EYD).

Contoh:

c4Yn9 j9N lPa mK4n t14N9 y…

(Semoga kalian tidak sakit mata melihatnya…)


  • Jejemon (Filipina)

Jejemon, mengapa saya agak ngeri ya melihat istilahnya. Jadi Jejemon ini adalah orang-orang yang menumbangkan bahasa Inggris sampai menjadi tidak dapat terpahami (Wait, what?). Jejemon ini menjadi budaya baru bagi orang Filipina dari mulai subkultur, fashion, hingga struktur tulisan.

Saya tidak tahu dari mana mereka mengawali penggunaan istilah ini. Biasanya, dari chat yang tidak formal kemudian muncullah istilah tersebut yang juga diduga merupakan bagian dari judul anime Pokemon.

Adapun mengenai contoh bahasanya… mmm… gambar berikut sudah memberikan kesimpulan yang sudah lebih dari cukup:

JejemonSaya mengerti bagaimana syoknya si peserta…


  • 3arabizi (Arab)

Yes, pada awalnya orang Arab pastinya merasa kesulitan untuk bertexting ria dengan huruf Latin. Lagipula, penulisan harus disetarakan agar tidak salah persepsi mengenai identifikasi masing-masing huruf. Misalnya, shad, sin, dengan syin. Itu semuanya pada dasarnya huruf S, namun perbedaan penulisan kerap membuat orang bingung seperti insyaAllah dengan inshaa Allah.

Karena sebab itulah muncul bahasa SMS yang bernama 3arabizi, yang kalian bingung untuk apa angka 3 pada istilah tersebut.

Mereka membuat kode sendiri dari beberapa huruf seperti huruf ‘ain menjadi angka 3 (‘arab menjadi 3arab) atau huruf qaf menjadi angka 8 atau 9, atau bahkan huruf q.

Contoh:

انا رايح الجامعه الساعه 3 العصر

menjadi:

ana raye7 el gam3a el sa3a 3 el 3asr.


  • Gyaru-Moji (Jepang)

Mungkin dapat disebut dengan bahasa alaynya Jepang, dalam segi yang kreatif. Jika kita menggunakan angka 4 sebagai pengganti huruf A atau menggunakan angka 8 sebagai pengganti huruf B, maka Gyaru-Moji melakukan hal yang hampir serupa.

Misalnya:

Huruf hiragana た (ta), mereka ubah menjadi ナ= (huruf Katakana na dengan simbol sama dengan). Berikut konversi-konversinya :Bahasa SMS


  • Greeklish (Yunani)

Tidak ada yang spesial dengan hal ini, yang cuma mengubah hurufnya menjadi huruf latin, dan sebaliknya, kemudian menyingkatnya.

Contoh:

  1. τα λέμε, ditulis Ta leme (kita akan bicara lagi), yang kemudian disingkat menjadi “tlm”.
  2. κανένα, ditulis Kanena (tidak satupun), yang kemudian disingkat menjadi “kn1”.

  • Denglisch (Belanda)

Merupakan singkatan dari Dutch-English, bahasa campuran Belanda dan Inggris. Udah, itu aja.

Contoh:

Fotoshooting = Photo Shooting


  • Leet (1337) – (Dunia)

Berasal dari elite yang mungkin kaum alay di sana dianggap sebagai kaum elit (nokomenn). Kali ini adalah dengan mengganti hampir semua huruf menjadi angka dan simbol, jauh lebih ekstrem dari alay biasa. Mungkin saya aman jika mengatakan ini adalah alay tingkat dewa, yang berlaku di seluruh dunia.

Yup, 1337 itu sendiri sudah berbicara sebagaimana mestinya. 1337, adalah representasi dari leet, yang aslinya berasal dari elite (kaum elit).

Contoh:

@$$ : ass

$#!+ : Sh*t

n00B : newbie

z0MG : Oh my god! (Tambahan “z” di sini adalah karena tombol Z ikut tertekan ketika menekan tombol SHIFT kiri)

Btw, ada yang ingin membuat bahasa 1337 ini menjadi password? InsyaAllah data login kalian aman…man…man…


  • Miguxês (Brazil & Portugis)

Saya tidak tahu mengapa dinamai itu, namun Brazil dan Portugal/Portugis semuanya memakai bahasa yang sama, yakni bahasa Portugis, jadi ya cocok. Bahkan kebanyakan bahasa yang digunakan para remaja dalam berSMS dan berinternet ria ini lebih banyak di Brazil dibandingkan di Portugis itu sendiri.

Bahasa ini lebih dapat dikatakan kekanak-kanakan daripada dibilang lebay.

Contoh:

  • Tiopês : Tiop (jamak), yang artinya adalah Typo atau salah ketik.
  • Amiog : Amigo, yang artinya adalah teman.

Atau berikut contoh lengkapnya, jangan suruh saya artikan:

Tiopês: amiogs, eo tiop a~mo a dercycolpëdya, rsrsrs1!!11! o artigo deels sorb noës indys eh tuod mas asi~m meninës nein toads os saitys de parödjas soa lezgaus tiop augums pormoven ~polëmicas~ conmo precomseiots e eu noa asho iso valiod un boa~m eggzenpel ~master no ingreis AEAEAEAE~ seriä a tau da emceeclopëdia dramatchyca q aepzar do noem noa shorem leëtros pro sel fin11!11!

Yup, dari cara menulisnya saja dapat dinilai bahasa tersebut adalah campuran antara lebay dengan kekanak-kanakan.


  • Translit / Volapuk (Balkan & Rusia)

Apa ini? Sama seperti entri sebelum-sebelumnya yang huruf mereka hanya diterjemahkan ke dalam huruf latin dan menyingkatnya.

Contoh:

“четыре” menjadi chetyre, disingkat bahkan cukup dengan “ch”. Untuk huruf “ч” (ch) itu sendiri sering ditulis dengan angka 4. Kemudian huruf “ж” menjadi “>|<“.


  • LOLspeak (Internet)

What? Internet jadi negara sendiri? Memang bahasa ini dimunculkan orang-orang yang senang membuat meme, memplesetkan bahasa. Jadi saya yakin kalian sudah mengerti dan tidak perlu dijelaskan lebih lanjut. LOL itu sendiri adalah singkatan dari Laugh Out Loud (tertawa terbahak-bahak).

Contoh:

  • My naem iz … (my name is)
  • Ur bootiful (you are beautiful)
  • I are monstahhh (I am monster, ada plesetan grammar di sini, yang disebut grammar nazi)
  • O noez! Stahp! (Oh no! stop!)
  • Nah! (No)

Yup, begitulah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • YAY POLL BARU! Fitur apakah yang kalian inginkan di situs ini?

    Terima kasih banyak atas partisipasinya. Anandastoon akan terus berusaha memenuhi keinginan para pembaca yang tercinta... *asik :)
    Pembaca dapat memilih hingga 2 jawaban.
    Anandastoon juga berterima kasih atas partisipasi kalian akan poll yang kemarin, itu akan dijadikan acuan untuk menentukan topik yang prioritas berikutnya.
    Oh, poll ini akan ditutup akhir bulan. Terima kasih sekali lagi. :)