Ceria di Hari Raya : 10+ Humor Lebaran

Selamat Idul FitriTaqabalallaahu Minnaa wa Minkum. Selamat kembali menjadi orang-orang yang berbuka…

Momen lebaran dapat menjadi momen yang paling tidak biasa dalam setahun karena adanya campuran antar tradisi. Hari raya yang dipenuhi dengan tradisi membuat ketupat, mudik, hingga tradisi menerima THR (Teman/Tugas Hari Raya).

Kali ini saya akan menghadirkan beberapa humor segar di hari raya, yang beberapa mungkin kalian sudah pernah baca.

Warning : Ada beberapa humor untuk 17+ (tidak terlalu vulgar, namun hanya himbauan).


1. Ingin Berkumpul dengan Anak-Anak

Pak Semar menelepon Bagong, anak bungsunya yang sudah bekerja di Amerika Serikat dan belum pulang selama 5 tahun.

Pak Semar: “Ayah dengan ibu akan berpisah..”

Bagong: (Dengan panik) “Hah? Betul kah? Tunggu dulu, Yah! Ini Bagong akan segera telepon kakak di Jerman, kami akan segera ke Indonesia besok lusa!”

Pak Semar: (Sambil meletakkan gagang telepon dan sambil tersenyum kepada istrinya) “Anak-anak kita akan pulang ke rumah hari Lebaran besok ini..”


2. Hati-Hati dengan Lebaynya Ucapan

Ketika mulut tak mampu berucap,

Ketika telinga tak mampu mendengar,

Ketika tangan tak mampu berjabat erat

dan ketika kaki tak mampu melangkah..

Di hari yang FITRI ini segeralah menuju ke RS terdekat.

Itu mungkin gejala stroke ringan.


3. Laporan Kecelakaan

Kejadiannya pada saat musim mudik lebaran, di daerah pantura terjadi kecelakaan antar bus dan truk. Seorang saksi tunggal yg melihat kejadian tersebut menelepon polisi.

Saksi: “Selamat siang Pak Saya mau melaporkan telah terjadi kecelakaan antara bus dan truk..”

Polisi: “Bagaimana kondisi dan keadaan penumpang, apakah ada korban jiwa?”

Saksi: “Iya Pak, 1 orang mati di tempat, 2 luka parah, 3 luka ringan, 4 sehat, 5 sempurna..”


4. Tips Mudik

1. Silakan mudik kemanapun, asal jangan Kehati mantan.

2. Kalo naik mobil jangan duduk disebelah kanan supir, jangan.

3. Pake bajaj supaya ga ada nyamuk. Karena nyamuk sini cuma takut tiga roda.

4. Bawa kendaraan seperlunya aja, jangan berlebihan.

5. Jika bertemu dengan kemacetan tolong disuruh pulang, bilang dicariin emaknya.

6. Hindari macet, dengan cara mudik 15 hari sesudah lebaran.

7. Agar ban mobil tidak cepat gundul sebelum mudik sering2 di keramas dan creambath.

8. Jangan lupa bawa cemilan! Jadi bisa ngemil di jalan biar puasanya kuat pas mudik.

9. Bawa banyak amplop kosong, “mampir” di kondangan sepanjang pantura saat lapar.

10. Ngaku anak jendral biar mudik pake motor bisa masuk TOL.

11. Jika Terpaksa Harus Membanting Setir, Pastikan Setir Sudah Terlepas dari Mobil.

12. Jika jalur alternatif dirasa terlalu padat bisa coba jalur pop atau dangdut.

13. Hindari mudik pake kereta, kereta bayi misalnya.

14. Agar mesin bertenaga, bahan bakarnya di ganti kuku bima energi.

15. Buat yang pacarnya ditinggal mudik jangan lupa pacarnya dikunci stang

16. jangan titipin pacar di tempat penitipan kendaraan terminal. kendaraan aja banyak yg ilang, apalagi pacar.

17. Titipkan Pacar Anda di Pegadaian Syariah selama mudik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


5. Pembantu Mudik

Si Nunung pembantu yang mempunyai dedikasi dan komitmen yang tinggi dengan tugasnya, baru saja sampai di kampung halaman untuk lebaran, dia langsung kirim bbm (pesan) pada majikannya.

Nunung: “Bu, Nunung udah nyampe di kampung, mau ngingetin kerjaan rumah selama Nunung gak ada ya bu. Jangan lupa cuciannya selalu dikasih pelembut dan pewangi, khususnya handuk. Kalo jemur pakaian dibalik ya bu. Kalau sore taman depan dan belakang disiram, juga pot-pot kembang. Daun yang layu dicabutin, tapi jangan kebanyakan nyiramnya, ntar akarnya pada busuk. Pot-pot kembang dikasih pupuk secukupnya. Terus makanan kucing Nunung taruh di garasi, tolong dikasih makan jam 10 pagi dan 6 sore. Makananya diaduk pake tangan biar rata ya, jangan pake sendok karena kucing ga suka. Ohh ya bu, besok jangan kemana-mana, Nunung udah minta Ateng tukang sayur buat nganterin ketupat dan sambel goreng buat Ibu sekeluarga, jadi ditunggu aja. Coba liat koran dateng gak hari Selasa, kalo gak dateng nomer agennya ada di meja telpon. Gas keliatannya tinggal buat 3 hari lagi, coba Ibu cek aja. Aqua galon keliatanya udah musti dipesen tapi langganan tukang aqua lagi mudik, jadi beli aja di Carrefour. Makanan burung jangkriknya habis, Ibu beli aja di warung pak Petruk yang deket kantor RW, dia udah saya bbm katanya sehari sebelum lebaran baru mudik. Bye Ibu, selamat lebaran ya.. Salam Nunung. Oh ya, satu lagi Bu, selama Nunung mudik, ibu mandinya pake sabun Nunung aja yah, itu lho Lux yang warna ungu, soalnya Bapak lebih seneng wanginya sabun itu daripada wangi parfum Ibu yang nyegrak katanya..”

Nunung: (10 menit kemudian) “Oh ya Bu, jangan lupa gantiin saya pijitin Bapak ya..? Kasihan Bapak suka pegel-pegel. Biasanya jam 1 siang Bapak pulang sebentar ke rumah. Ibu ga dirumah karena jam segitu Ibu sedang jemput anak-anak di sekolah. Tapi kali ini pijitnya jangan di kamar Nunung ya Bu, soalnya kuncinya Nunung Bawa. daaagghhh Ibu..”


6. Pengumuman Sebelum Shalat Ied

Berikut adalah kisah seorang Imam yang sebelum dilaksanakannya Shalat Idul Fitri memberikan pengumuman kepada masyarakat:

“Aku punya berita baik dan berita buruk. Kabar baiknya adalah, kita punya cukup dana untuk membayar program pembangunan baru. Kabar buruknya adalah, dana itu masih berada di luar sana, yaitu di saku Anda.”


7. Produk Mie yang Dilarang

Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa produk mie yg tidak boleh dikonsumsi selama bulan puasa, di antaranya adalah :

– Mie kirin istri orang lain.

– Mie ting berdua dengan istri atau suami orang lain.

– Mie pisin kepala orang.

– Mie lih2 baju untuk lebaran tapi gak jadi beli.

– Mie ndahin sampah ke rumah Pak RT.

– Mie sahin pasangan suami istri.

– Mie nta kawin lagi.

 


8. Mudik dengan Kendaraan Roda Dua

1. Yang pasti kamu harus punya sepeda motor dulu. Kalo ga punya mendingan mudiknya naik kuda.

2. Cek rem. Pastikan masih berfungsi dengan baik. Kalo diturunan jangan nekat ngerem pake sepatu.

3. Lampu sepeda motor harus dalam kondisi baik. Paling ilfil kalo liat orang mudik naik sepeda motor ninja, tapi penerangnya pake obor bambu.

4. Rantai juga musti dicek, masih ada atau ga, siapa tau udah lenyap diambil anak STM buat senjata tawuran.

5. Spion jangan lupa spion. Ini penting banget, buat ngaca selama di perjalanan nanti.

6. Jangan lupa SIM. Udah tau belum SIM itu apa? Surat Izin Mengemudi.
Jangan kayak si Asep , pas ditanyain SIM sama pak polisi, sambil bongkar hape dia jawab: “Mau SIM 1 apa SIM 2 Pak? Hape saya dual SIM nih?”

7. Surat-surat juga wajib bawa. Buat jaga-jaga kalau ada razia. Jangan karena kamu jago gombal, lalu kamu godain polisi ganteng: “Maaf Pak, surat sepeda motor saya ketinggalan, sebagai gantinya bagaimana kalo kita bikin surat nikah saja.”

8. Kalo melewati jalan yang banyak polisi tidur-nya, udah cuekin aja ga usah dibangunin.

9. Pakailah helm SNI. Biarpun kamu kerja proyek, jangan pamer pulang mudik pake helm karyawan pabrik. Selain pake helm, dalam mengemudikan sepeda motor juga perlu pake otak.

10. Biar tangan ga kebas dan ga belang kena panas matahari, selama perjalanan pakailah sarung tangan, jangan pakai sarung tinju apalagi sarung bantal.

11. Yang paling penting, sebelum berangkat jangan lupa Berdoa.


9. Kunjungan Lebaran

Suatu hari ada seorang pemuda bertamu ke teman ceweknya, lalu di sana dia bertemu ibu temannya tersebut, kebetulan hari itu masih dalam suasana lebaran, jadi masih banyak kue yang disajikan. Kemudian percakapan antara pemuda dan sang ibu terjadi.

Ibu Pacar: “Sebentar nak saya ambilkan minum..”

Pemuda: “Oh ya, terimakasih bu, maaf merepotkan.”

Ibu Pacar: “Ah enggak kok, cuman air putih aja.”

Pemuda: “Eh, ?!?!”

Ibu Pacar: “Mari nak diminum airnya.” (Sambil membuka tutup toples yang berisi kacang kulit).

Pemuda: “Terimakasih, oh ya bapak ada bu.”

Ibu Pacar: “Bapak lagi keluar tuh, ada acara di luar. Ayo nak, sambil dimakan kacangnya, nanti kulitnya taruh ditutup toples ini ya.”

Pemuda: “Biar nggak kotor meja ya bu, tapi tutup toplesnya kan kecil”.

Ibu Pacar: “Justru itu, biar makan kacangnya sedikit aja, maklum tinggal sedikit”.

Pemuda: “??!!”


10. Kehangatan Lebaran

Ada yg bilang hari ke-2 lebaran adalah hari yg penuh kehangatan.

sayur dihangatkan,
rendang dihangatkan,
opor dihangatkan….


Bonus: Laporan H+3 Lebaran

Info senja hari lebaran ke 3 …

INFO BALIK : H+3, terjadi penumpukan baju kotor di keranjang cucian menuju mesin cuci. begitu pula dari arah jemuran menuju setrikaan padat merayap.

Daerah-daerah yg sepi antara lain : dompet, saku-saku celana, tas-tas pergi. Semua relatif lengang.
Kalo ada suara meriah paling2 datang dari koin sisa uang recehan kembalian tol.

Minggu ini terasa nyaman, penuh nuansa lebaran dan maaf-memaafkan.

Pagi-pagi saya sudah ke ATM, dan ATM pun meminta maaf, “maaf saldo anda tidak mencukupi”.
Saya pun memaafkan.

Saya mencoba menelpon.
Operator pun meminta maaf, “Maaf pulsa anda tdk mencukupi.”
Saya pun ikhlas memaafkan.

Indahnya saling bermaaf-maafan.


—<(Min al-‘aaidin wa al-faaizin)>—

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Apa tema yang kalian inginkan untuk postingan baru saya selanjutnya?

    Terima kasih atas pilihannya, Anandastoon akan terus berusaha memenuhi keinginan para pembaca yang tercinta. :)