Mengulik Flora : 13 Jenis Jamur Unik

Jenis Jamur Unik

Jamur, adalah sebuah makhluk mungil dari dunia tumbuhan yang tidak memiliki klorofil jadi harus menggunakan inang untuk hidup dan mencari makan. Kebetulan saya tiba-tiba sedang menyenangi jamur karena bentuknya yang unik, maka dari itu saya membuat artikel berikut mengenai 13 jamur-jamur unik yang ‘semoga’ kita dapat menemukannya di alam bebas.


1. Octopus Shape: Octopus Stinkhorn

Jenis Jamur Unik

Spesies ini terlihat aneh. Seperti namanya, jamur ini terlihat seperti gurita. Clathrus Archeri, umumnya dikenal sebagai Octopus Stinkhorn, adalah endemik di Australia dan Tasmania. Jamur muda meletus dari telur dengan membentuk ke empat sampai tujuh lengan ramping memanjang awalnya tegak dan melekat di bagian atas. Ketika dewasa baunya seperti daging busuk.

2. Gem-studded Puffball

Jenis Jamur Unik

Makanlah jamur ini saat masih muda dan hindari memakannya saat sudah tua. Spesies jamur yang berbeda yang disebut puffball bertabur permata atau devil’s snuff-box (Lycoperdon perlatum) adalah jamur puffball berukuran sedang dengan tubuh buah bundar, meruncing ke batang lebar. Gem-studded puffballs dianggap sebagai pilihan jamur yang dapat dimakan ketika muda dan gleba homogen dan putih. Mereka menjadi termakan saat dewasa: gleba menjadi kuning-diwarnai, dan akhirnya berkembang menjadi massa spora bubuk hijau-zaitun.

3. Jack o’ lantern Mushroom

Jenis Jamur Unik

Jenis Jamur UnikBukan warna dari jenis jamur yang membuatnya unik tetapi lebih karena sifat bioluminescentnya, ia bersinar dalam gelap. Jamur Jack o’Lantern (Omphalotus olearius) terlatih tampak mirip dengan beberapa jamur Chanterelles yang dapat dimakan, dan paling penting untuk sifat bioluminsennya. Corongnya jamur ini beracun.

4. The Sea Anemone fungus

Jenis Jamur Unik

Aseroë rubra, umumnya dikenal sebagai Anemone Stinkhorn atau Sea Anemone fungus, adalah jamur Australia yang tersebar luas. Sama seperti Octopus Stinkhorn itu dikenali karena bau busuk bangkainya dan bentuk anemonnya yang unik. Ditemukan di kebun pada daerah berumput, itu menyerupai struktur berbentuk bintang merah tertutup lendir kecoklatan pada tangkai putih. Ia menarik lalat, untuk menyebarkan spora.

5. Fly Amanita (Amanita muscaria)

Jenis Jamur Unik

Juga dikenal sebagai Fly Agaric atau Fly Amanita, Muscaria Amanita adalah jamur Basidiomiseta beracun dan psikoaktif, yang merupakan salah satu dari banyak genus Amanita. Ada beberapa subspesies, dan masing-masing memiliki warna topi yang berbeda. Ini termasuk yellow-range flavivolata guessowii, formosa, persicina merah muda, dan regalis coklat (meskipun sekarang dianggap sebagai spesies terpisah).

Fly Agaric adalah salah satu yang paling dikenal dan banyak ditemui dalam budaya populer. Mereka telah ditampilkan dalam buku anak-anak, film, ornamen taman, kartu ucapan, dan permainan komputer. Toadstool ini dikaitkan dengan film yang terkenal, Alice in Wonderland; jamur di Super Mario Bros, dan banyak lagi. Hal ini juga dikenal sebagai jamur lalat dari karena karya Albertus Magnus di De vegetabilibus di mana ia menyatakan, “Ini disebut jamur lalat, karena itu membunuh lalat”.

6. Bioluminescent fungi (Mycena chlorophos)

Jenis Jamur Unik

Tidak, kalian tidak berhalusinasi; kalian benar-benar melihat jamur hijau yang cerah. Jamur hijau neon ini, atau Mycena chlorophos, untuk menggunakan istilah teknis, muncul selama musim hujan di hutan Jepang dan Brasil, menghamburkan lantai dengan spora bercahaya. Basis batang pohon, dahan jatuh, serasah daun dan tanah yang lembap memberikan tempat berkembang biak yang sempurna untuk jamur. Sebagian besar ditemukan di pulau Mesameyama di Ugui, Jepang dan Taman Negara Turis Ribeira, Brasil, penampakan jamur yang tampak norak ini disebabkan oleh bioluminescence, salah satu reaksi aneh namun indah yang terjadi secara alami di banyak tumbuhan dan hewan.

7. Dog Stinkhorn (Mutinus caninus)

Jenis Jamur Unik

Mutinus caninus, umumnya dikenal sebagai Dog Stinkhorn, adalah jamur hutan kecil berbentuk duri racun kalajengking, dengan ujung berwarna gelap. Sering ditemukan tumbuh dalam kelompok-kelompok kecil di puing-puing kayu, atau dalam daun sampah, selama musim panas dan gugur di Eropa dan Amerika Utara bagian timur. Umumnya tidak dianggap dapat dimakan.

8. Bearded Tooth mushroom (Hericium erinaceus)

Jenis Jamur Unik

Jamur yang terlihat seperti mie dikenal dengan berbagai nama seperti Jamur Lion’s Mane, Jamur Gigi Berjanggut, Jamur Landak, atau Jamur Gigi Berjanggut. Ini adalah jamur yang dapat dimakan dalam kelompok jamur gigi. Di alam liar, jamur ini biasa terjadi selama akhir musim panas dan jatuh di kayu keras mati, terutama di pohon American Beech.

9. Sky Blue mushroom (Entoloma hochstetteri)

Jenis Jamur Unik

Entoloma Hochstetteri adalah spesies jamur yang ditemukan di Selandia Baru dan India. Jamur kecil adalah warna biru yang khas, sedangkan insang memiliki sedikit warna kemerahan dari spora. Pewarna biru dari tubuh buah adalah karena tiga pigmen azulene. Entoloma hochstetteri tidak dapat dimakan, tetapi apakah beracun itu tidak diketahui. Spesies ini adalah salah satu dari enam jamur asli yang ditampilkan dalam satu set perangko jamur yang diterbitkan di Selandia Baru pada tahun 2002. Hal ini juga terlihat pada sisi sebaliknya dari uang kertas $50, yang dikeluarkan oleh Reserve Bank of New Zealand pada tahun 1990.

10. The Devil’s Cigar (Chorioactis) – world’s rarest fungi

Jenis Jamur Unik

Jamur berbentuk bintang, yang disebut Cerutu Iblis (Chorioactis geaster) adalah salah satu jamur terlangka di dunia. Itu juga dikenal sebagai bintang Texas. Jamur ini hanya terdeteksi di Texas tengah, dua lokasi terpencil di Jepang, dan baru-baru ini di pegunungan Nara. Cerutu Iblis adalah kapsul berbentuk cerutu cokelat gelap yang berubah menjadi bintang berwarna cokelat ketika terbelah terbuka untuk melepaskan spora. Ini juga salah satu dari hanya beberapa jamur yang diketahui yang menghasilkan suara peluit yang berbeda ketika melepaskan spora.

11. The Giant puffball (Calvatia Gigantea)

Jenis Jamur Unik

Puffball raksasa, Calvatia gigantea, mudah dikenali dari ukuran dan bentuknya. Spesimen khas adalah tentang ukuran bola sepak, dan kurang lebih bulat. Namun, itu bisa jauh lebih besar (spesimen 5-kaki, 50-pon tercatat!), Dan bentuknya bisa lebih menggumpal daripada bulat, terutama ketika itu mencapai ukuran yang sangat besar.

12. The Bleeding Tooth fungus (Hydnellum pecki)

Jenis Jamur Unik

Hydnellum Peckii adalah jamur biasa yang tidak dapat dimakan, juga dikenal sebagai jamur gigi yang berdarah, sering ditemukan di bawah tumbuhan runjung. Ini memiliki topi berbentuk corong, dan paling dikenal karena “berdarah” cairan merah. Cairan ini mengandung pigmen jamur yang disebut atromentin, yang memiliki sifat antikoagulan mirip dengan heparin. Diameter tutup normalnya adalah antara 5 dan 15 cm (2-6 inci).

13. The Brain mushroom (Gyromitra esculenta)

Jenis Jamur Unik

Gyromitra esculenta, salah satu dari beberapa spesies jamur yang dikenal sebagai morels palsu, adalah jamur ascomycete dari genus Gyromitra, yang tersebar luas di seluruh Eropa dan Amerika Utara. Biasanya tumbuh di tanah berpasir di bawah pohon konifer pada musim semi dan awal musim panas.

Tubuh buah, atau jamur, adalah topi berbentuk otak yang tidak teratur berwarna coklat gelap yang dapat mencapai tinggi 10 cm dan lebar 15 cm, bertengger pada stupa putih yang kuat hingga tinggi 6 cm (2,4 in). Meskipun berpotensi fatal jika dimakan mentah, Gyromitra esculenta adalah makanan yang populer di Skandinavia, Eropa Timur, dan wilayah Great Lakes di Amerika Utara.

Meskipun populer di beberapa distrik di Pyrenees timur, dilarang dijual ke publik di Spanyol. Mungkin dijual segar di Finlandia, tetapi harus disertai dengan peringatan dan instruksi tentang persiapan yang benar. Dimasak sebagai omelette, sup, atau tumis dalam masakan Finlandia. Meskipun masih umum diparut sebelum persiapan, bukti terbaru menunjukkan bahwa bahkan prosedur ini mungkin tidak membuat fungi sepenuhnya aman, sehingga meningkatkan kekhawatiran risiko bahkan ketika disiapkan dengan benar.


Sumber: oddstuffmagazine

Ada yang belum jelas? Mengapa tidak berkomentar? :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Untuk peningkatan pelayanan Anandastoon kepada para pembaca, apakah website anandastoon.com lambat untuk dimuat? (Pastikan bukan karena faktor koneksi internet yang mungkin sedang lambat)

    Mohon agar setiap saran, komplain, dan keluhan yang dialami oleh para pembaca anandastoon.com agar disampaikan ke anandastoon@gmail.com supaya dapat dijadikan pertimbangan untuk dijadikan sebagai peningkatan pelayanan situs anandastoon.com kepada para pembaca. Terima kasih. :)