Dampak Kemajuan Teknologi Mempengaruhi Pola Hidup dan Produktivitas

sumber gambar : https://ulasanpena.wordpress.com/2016/06/19/pengertian-sejarah-perkembangan-dan-manfaat-teknologi/

Penulis: Zaydan Ulwan Salim

Perkembangan teknologi telah kita rasakan, terus berkembang dan tidak bisa dijeda. Rasanya sudah tidak ada lagi aspek yang tidak disentuh kemajuan teknologi. Kita bisa membeli kacang tanpa harus keluar rumah, apakah kita sadar bahwa hal itu termasuk dampak dari perkembangan teknologi? Terkadang kita tidak sadar bahwa diam-diam teknologi itu terus berkembang.

Semua aspek terbukti sudah tersentuh kemajuan teknologi. Kominfo (2019) “Kita bicara bagaimana perkembangan teknologi di berbagai aspek seperti pasar, proses pembelajaran, pertanian, keuangan, kendaraan, makanan, kesehatan dan lain-lain, mengubah cara kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam seminar International Conference on Science, Management, and Engineering (ICSME 2018) bertema The Future is Now: How Strategy and Technology Determine the Winners of Tomorrow, di Hotel The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (22/10/2018).

Internet menjadi salah satu media yang sangat berperan dalam perkembangan dunia belajar mengajar, jual beli, sampai dengan sekadar membeli jasa pekerja untuk membersihkan toilet rumah, dan aspek lainnya. Perkembangan teknologi membuat semua menjadi serba praktis. Tidak perlu ke pasar berpanas-panas dan bertemu hiruk pikuk orang-orang berbelanja, sekarang kita bisa membeli apapun melalui internet, banyak pedagang yang lebih memilih untuk membuka toko di toko online karena tentunya lebih menghemat tenaga dan tempat. Bahkan saat ini untuk berkonsultasi ke dokter pun tidak harus datang ke klinik, kita bisa berkonsultasi melalui berbagai platform yang sudah disediakan agar komunikasi menjadi lebih mudah.

Wujud perkembangan teknologi selanjutnya bisa kita lihat pada aspek pendidikan, perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan terjadi cukup signifikan, hal ini bisa kita lihat yang sebelumnya ujian sekolah hanya bisa dilakukan dengan mengisi jawaban pada kertas soal di sekolah menjadi ujian yang bisa dilakukan melalui media online atau aplikasi yang bisa dilaksanakan di sekolah maupun di rumah, tentunya hal ini lebih mempermudah guru dan siswa. Banyak sekali hal yang berbeda dan berubah jika dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya. Dewasa ini, untuk mendapatkan sebuah pengetahuan, informasi, dan berita bisa dengan mudah kita akses melalui berbagai aplikasi dan mesin pencarian.

Melalui internet, para siswa mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan yang baru dengan sangat mudah dan cepat. Pemerataan pendidikan pun sekarang menjadi hal yang tidak mustahil lagi mengingat teknologi komunikasi sekarang dapat dirasakan manfaatnya bahkan di tempat terpencil (Baktikominfo: 2019).

Kominfo (2019) Kehadiran dan kemajuan teknologi, menurut Menteri Rudiantara, tidak dapat dihindari. Justru, ucap Menteri Rudiantara, harus dimanfaatkan untuk mendukung produktivitas.

Kemudian ditunjang dengan regulasi untuk mengembangkan ekosistem budaya digital yang lebih baik, mindset entrepreneurship dan inovasi yang dibutuhkan di masa depan.

Oleh karena itu, agar kemajuan teknologi dapat diserap dan dimanfaatkan merata di seluruh wilayah Indonesia, maka Menteri Rudiantara menyebutkan diperlukan juga dukungan infrastruktur jaringan internet di seluruh Indonesia melalui program satelit Palapa Ring Internet broadband Backbone1

___________________________

[1]Nama Palapa Ring sendiri diambil dari dua istilah, yakni Palapa dan Ring. Palapa di sini merujuk pada Sumpah Palapa dari Gajah Mada yang ingin menyatukan Nusantara, sedangkan Ring maksudnya adalah secara teknis jaringan ini akan berbentuk seperti cincin yang saling terhubung satu sama lain.

 

Daftar Pustaka:

Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. (2019). Manfaatkan Kemajuan Teknologi Untuk Dukung Produktivitas. Dikutip 1 Juni 2020. Diakses dari: https://www.kominfo.go.id/content/detail/15121/manfaatkan-kemajuan-teknologi-untuk-dukung-produktivitas/0/berita_satker

Baktikominfo. (2019). Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi Informasi di Era Digital. Dikutip 1 Juni 2020. Diakses dari: https://www.baktikominfo.id/en/informasi/pengetahuan/dampak_positif_dan_negatif_perkembangan_teknologi_komunikasi_di_era_digital-806.

Baktikominfo. (2019). Mengenal Lebih Jauh Dengan Palapa Ring : ”Tol Langit” Penghubung Internet Indonesia. Dikutip 13 Juni 2020. Diakses dari: https://www.baktikominfo.id/id/informasi/artikel-media/mengenal_lebih_jauh_dengan_palapa_ring_tol_langit_penghubung_internet_indonesia-1001

Isi kotak di bawah untuk berkomentar, atau artikel di atas dapat kalian diskusikan di Forum Terbaru Anandastoon. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • Diskusi dengan Anandastoon


    Anandastoon baru saja buat forum untuk diskusi dengan sesama pembaca. Temanya banyak, mulai dari pengalaman horor, menarik, travelling, curhat, tanya jawab, programming, dan lain sebagainya. Mari kunjungi Forum Anandastoon