Curug Bugbrug

Curug Bugbrug

Sebelumnya dari Curug Aseupan:

“Masih acara ngebandel bareng Uwi yang berpacu di atas Didil Jr. Semuanya terkagum saat area yang dimasuki memiliki seabrek air terjun.”

Sambil duduk di luar, ditemani mentari pagi yang masih seger-segernya, kami coba buat bener-bener nyatu dengan alam.

Dengan sesekali ada suara flying fox yang ternyata posnya ada di depan mata saya.

Pengen sih naik itu tapi, takut keberatan beban dari perut aye yang nggak pernah dilatih buat jalan lagi hehe…

Btw timbangan saya masih 60-an kg lho pas cek di tempat gym deket kantor.

Tapi emang parno aja ngebayangin talinya putus kayak Final Destination wekekek. Nyemplung deh udah kayak kartun Looney Tunes yang karakternya pada demen banget jatoh ke jurang.

Berlebihan dirikuh.

Eniwei, masih pukul 8 sih, tapi kami penasaran juga liat air terjun tetangga yang sempet ditoleh tadi pagi sebelum sampe sini.

Curug Bugbrug ya namanya? Kita liat bakal seheboh apa bunyi air terjunnya kalau diliat dari namanya. Bragbrugubrugubragubrug.

Kesitu ah.

Jadilah Uwi keluar warung duluan diikutin saya yang lagi sibuk ngeraup jajanan anak SD yang cuma serebuan sampe plastiknya nggak bisa saya peluk lagi.

Pas mau sampe parkiran, kami berdua terdiam. Hening, menghentikan langkah.

EBUSE INI JALANAN AWALNYA BENING SEKARANG MOTOR SEMUA ISINYA???


Lima langkah pake Didil

Serame ini ya, pengunjung. Untung aja udah dateng duluan, jadi pengunjung pertama malah.

Sori nggak saya foto suasana bulukusut parkirannya soalnya kami sibuk manggil Didil.

“Deddeeelll! Where are Yowww!”

Oh iya, kan kami dateng paling awal, pasti kami simpen di deket gerbang, yang ternyata pas kita liat udah KELELEP TIGA BARIS PARKIRAN MOTOR!

Saya liat juga gerbang udah pada antri para pengunjung yang mau masuk. Wew seterkenal itu ya air terjunnya. Coba nanti liat tetangganya apakah juga sama padetnya?

Kami berdua cuma bengong liatin tukang parkirnya kesusahan ngeluarin Didil dari pojokan bertarung dengan deretan kendaraan lain.

“Nan, kasih nggak ke abangnya?” Tanya Uwi.

“Nggak usah, saya udah bayar parkir di awal sekaligus tiketnya.”

Bukan apa-apa say, kita khawatir yang udah-udah banyak kasus pengunjung diminta parkir ganda di tempat wisata lain. Kita nggak mau nyuburin yang kayak gitu.

Eh, emang nggak diminta juga sih, jadilah kami cus kesoledat ke rumah tetangga yang gerbangnya terbuka lebar menyambut kami.

Curug Bugbrug, yakni lokasi yang sudah kami incar kek pegawai DC di pinggir jalan sedari pagi wehehe… Akhirnya bisa dimasukin juga.

Langsung aja kita nyelonong masuk dan hinggap kembali di area parkirnya.

Didil bisa lanjutin mimpi indahnya lagi de…

Saya proses bayar HTM alias harga tiket masuknya di… restoran?

Iya, loket utamanya ada di kafe begitu. Jadi pas bayar HTM Rp20K, saya sekalian disodorin menu-menu perkopian sama makanan estetik gitu deh.

Menarik. Tapi sayangnya perut kami masih anteng. Nanti aja ya…

Saya langsung tarik tangan Uwi, sembari berlari untuk menghindari setiap tatapan pegawai kafe yang menginginkan kami untuk mampir ke kedainya.

Masalahnya menunya terlihat menggiurkan mwekekek…

Eh, kemana kita sekarang? Saya bertanya ala Dora yang mana di belakang saya persis udah ada tangga yang jelas banget keliatan terhampar lebar.

Turun deh.

Tangganya ngelewatin sungai kecil yang entah di mana berlokasi air terjunnya. Kami ikutilah sungai itu.

Ada sesi nyebrang sungainya dikit pake jembatan bambu yang bikin rute trekkingnya turun naik. Kami menyemangati diri masing-masing yang udah mulai tergopoh ini.

Untungnya nggak lama dari sana, mungkin hanya lima menit lebih, ada penanda khusus.

Ada tulisan “Curug” yang mengarah ke dua jalan sekaligus. Jalan naik, dan jalan turun.

Mampus degueh, naik apa turun ya?

Sepi, nggak ada yang bisa ditanya. Kami celingukan kayak nunggu tim SAR buat ngasih permen lolipop untuk menenangkan anak manusia berdua ini.

Ejujur serius, ini harus naik apa turun?!


Instan yang berproses

Saya lihat di jalur turun alias di bagian kiri, itu bentukannya kayak gerbang. Jadi dengan insting alias indera ke-tujuh saya (weleh)Β saya memilih jalan yang itu.

Dan bener aja, selepas memasuki gerbangnya, kami seolah memasuki dunia yang beda.

Debur air terjun yang entah di mana tiba-tiba terdengar jelas, alam mulai terbuka, dan di depan kami mulai terhampar…

Terhampar… tangga-tangga turun zig-zag yang entah gimana nanti kami bisa naik pas pulangnya.

Tapi seenggaknya, sang pesona sudah terlihat begitu membahana dari atas.

Curug Bugbrug

Bener-bener potojenik! Jadi nggak sabar turun ke bawah.

Harapannya bisa langsung wuzzz turun kayak Flash… hanya untuk menyadari kalau usia telah melarang kami untuk melakukan itu.

Jadilah anak tangganya dititi satu demi satu kayak anak kecil yang baru belajar turun tangga.

Cuma seenggaknya ada pegangannya dan kelihatannya nggak separah Curug Pelangi Cimahi yang ada di bawah jalan tadi.

Btw, hati-hati licin karena anak-anak tangganya banyak yang cuma tanah merah. Jadi bukan batu, tapi tanah merah yang punya efek samping apalagi kalau ujan.

Ternyata semakin ke bawah semakin banyak manusianya. Wah, rame juga ya.

Area air terjunnya nggak semeriah Curug Aseupan barusan, bahkan ternyata cukup kecil. Mungkin bisa dibilang kembarannya Curug Cimahi.

Meski begitu, fasilitasnya lengkap. Ada warung, toilet, musala, tempat berenang, jembatan sungai, gazebo, semuanya ada. Nais!

Eh, bisa lho dari terminal angkot yang ada di sebelah Curug Cimahi itu lanjut naik ojeg atau bahkan jalan kaki! Jaraknya cuma 1ka-em aja!

Keren! Cuma treknya dari bawah alias dari terminal angkot itu ke sininya cukup nanjak sih. Tapi nggak apa-apa kalau ada yang mau coba buat jaga otot sama tulang hehe…

Balik lagi ke haribaan air terjun.

Makin kami turun, makin besar pula air terjunnya. Tinggi lho!

Anginnya juga berembus cukup kenceng jadilah embun air terjunnya menyerang kemana-mana.

Saya sama Uwi langsung mengungsi ke warung terdekat, yang ternyata juga rame. Untungnya masih kebagian satu meja jadi pas saya sama Uwi bisa klaim wilayah di meja kosong itu hehe…

Muka kami diterpa asap panas dari sebelah. Weh, ada pemandian air panas juga kah?

Kami menoleh ke arah asap.

Oh, ada orang makan seblak ternyata. Ta’ kira asap apaan.

MAUUU!!!

Maksudnya, kayak yang udah saya bilang kalau ngunjungin air terjun jauh itu saya emang suka ngidam seblak lho. Entah.

Ternyata Uwi juga pengen. Jadilah saya pesenin.

Saya langsung ke pusat warungnya yang juga lagi dikeroyok massa, dan saya malah sibuk ngeramein.

Jadilah saya menyelinap alias menyempil di antara lautan manusia yang sedang berebut… seblak juga?!

Nggak mau kalah, saya langsung berteriak ke penjaga warung yang pastinya tengah kerepotan,

“Tetehhh!!! Seblaknya boleh?!”


Detoksifikasi utama

Kata teteh penjual warungnya, seblaknya bisa ambil sepuasnya di nampan tepat di bawah muka saya.

Weh, seblaknya all you can eat?! Hebat.

Katanya 10 rebu bisa ambil lima jenis kerupuknya sesuka hati.

Yaudah ta borong 20 rebu masing-masing buat saya sama Uwi. Yummy!

Sambil ngobrol dengan musik background deburan ASMR air terjun plus anak jerit-jerit lari-larian dikejar emaknya, kami mencoba meresap apa yang ada.

Beneran deh, efeknya tuh kayak pengen banget gitu racun-racun stres di kota ini keluar semua.

Pas kami tengah mandang para pengunjung yang wara-wiri sekitar air terjun, entah muncul orang bawa nampan seblak dua porsi ke arah air terjun.

“Nan! Itu seblak kita kali!” Bilang Uwi.

“Weh iya~!” Ta kejar si mamang yang nganterin itu.

Jangan sampe doi delivery sampe ke tengah air terjun. Kelelep itu mah!

“Kang, atas nama Uwi ya?!” Sori ya Uwi, saya catut namanya wekekek.

Si kakang seblak langsung sumringah, “Iya kang!” sambil saya rebut nampan seblaknya ke pangkuan dirikuh.

Seruput de ~

Pedesnya pas… gurihnya pas… panasnya pas… dan teksturnya pun pas… nggak terlalu keras, dan nggak terlalu lembek.

Ya Allah ini perfek banget untuk ukuran seblak. 10/10!

Untuk porsinya… astaga kebanyakan. πŸ˜…

Saya nggak kira-kira ngambilnya, mentang-mentang bebas milih. Jadilah Uwi mulai “ueekkk, ueeekkk”.

Ternyata doi baru habis 3/4-nya. Sayang banget kalau terbuang.

Yaudah sini saya campur ke mangkok saya, nggak apa-apa perut saya jadi semakin estetik begini demi menikmati engkau wahai seblak!

*tepar kekenyangan

Setelah beberapa saat bisa berdiri dengan isi perut yang memenuhi gelambir dari kerupuk-kerupuk seblak yang sedang dicerna oleh asam lambung, saya mencoba bergeser posisi ke jembatan kecil tengah sungai dekat air terjun.

Untung lagi cerah ya, dan sungainya bisa banget buat main air.

Kenapa saya ngeliatnya jadi nostaljik ya? Entah apa yang bikin saya nostaljik pada saat itu.

Saya lihat ada ranting-ranting patah di sebelah jembatan jadi saya main-mainin kayak bocil yang kurang kerjaan.

Reaksi orang tua lain ke anak-anak mereka pas ngeliat bocah tuwir blangkotan yang lagi anteng mainin ranting patah:

“Nak kamu nurut sama mama biar nggak kayak om itu…”

Uwi tiba-tiba nyamperin saya, kita berdua jadi ngobrol di deket jembatan.

Uwi mulai buka suara.

“Nan, itu di air terjun ada titisan. Nggak tau apaan, tapi biasanya kalau ada yang berenang di sana punya risiko kakinya ditarik. Untung ada peringatan jangan berenang di sekitar air terjun.”

Weh, saya nggak nyangka kalau topiknya seekstrem ini.

LANJUTIN PLIS! πŸ˜„πŸ™πŸ»


Jejak akhir

Uwi lanjutin, “Iya, biasanya suka ada di belakang air terjunnya. Kan suka ada gua tuh, nah itu jadi rumahnya ‘mereka’.”

Saya seketika jadi jaim dan membuang lagi rantingnya ke tempat semula.

Entah ini dilakukan Uwi buat jaga marwah doi supaya nggak malu-malu banget punya rekan kek saya ini atau bukan. πŸ˜…

Tapi saya terlarut pada saat itu dengan cerita-cerita horor Uwi seputar air terjun yang nggak saya kira udah setengah sebelas siang.

Saya tawarin buat balik nemuin Didil? Uwi ngangguk.

Tibalah cekrekan terakhir sebagai penutup adegan ngebandel kali ini. Entah kapan lagi ada entri Tamasya saya berikutnya.

Curug Bugbrug

Kami mulai naik dan…

Ngeliat ke atas, motivasi saya sudah hancur duluan. Seluruh tangga-tangga ini harus kami titi lagi dari awal.

Di tengah, kami minggir dulu buat buang nafas. Engap. Kami engap!

Pada saat yang bersamaan, ada anak kecil lari-larian naik tangganya. Kami cuma bisa bengong ngeliatin mereka. Kayaknya saya pernah ada di kondisi stamina selincah itu deh.

Penuh perjuangan dan susah payah, akhirlah kami tiba juga ke tangga terakhir sebelum sampai ke parkiran.

Yang dari sana saya sadar, kalau air terjun yang menggelegar tadi asalnya dari aliran sungai di pinggir tangga masuk yang cuma seucrit ini.

Oalah, Uwi juga kaget ternyata kalau jalurnya dibuat melingkar.

Sampe juga di parkiran dengan duduk di bangku resto (atau kafe)nya. Duh, mana udah kenyang banget gegara seblak di bawah barusan. Nggak kuat kalau mesen lagi.

Moga-moga nggak disamperin pegawai restonya. Habislah riwayat kita kalau harus pesan lagi.

Sebenernya bisa dibungkus atauΒ take away sih, cuma… lagi nggak pengen wekekek.

Masalahnya ini badan udah air terjun semua isinya bebs!

Udah makin panas juga, yaudah pulang deh. Kami geret lagi si Didil dan nggak perlu bayar parkir lagi.

Uniknya, rute pulang kali ini kami nggak balik ngikutin rute pergi. Tapi muterin mengelilingi Gunung Tangkuban Perahunya, termasuk lewat Lembang, dan masuk lagi ke jalan kebon teh yang ada Curug Sadim di pinggirnya.

Pulangnya juga sempet nyenggol gang Curug Cijalu. Ya ampun itu kami kunjungi di awal tahun ya? Cepet banget waktu.

Akhirnya kami pulang memacu Didil dengan kecepatan penuh (salat Zuhur dulu di Masjid Wanayasa), dan lewat sepanjang Kalimalang yang ternyata lebih cepet!

Pukul empat sore sudah sampe kamar saya deh. Lebih cepet daripada lewat pantura ternyata.

Tengkyu Uwi!


Galeri

Cuma tinggal foto ini, sisanya udah saya pajang semua di atas hehe…

Curug Bugbrug

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke X
πŸ€— Selesai! πŸ€—
Punya uneg-uneg atau saran artikel untuk Anandastoon?
Yuk isi formulir berikut. Gak sampe 5 menit kok ~

  • Anandastoon punya rubrik baru spesial untuk para neurodivergent, termasuk ADHD dan autisme, khusus untuk yang telah dewasa berusia 30 tahun lebih.
    Sila klik di sini untuk meluncur ~

    0 Jejak Manis Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Anggap rumah sendiri, utarakan uneg-uneg kalian.
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. πŸ˜‰

    Kembali
    Ke Atas