Tips Blogging

Ingin membuat blog namun bingung ingin bagaimana agar blog kalian dilirik oleh banyak pengunjung? Atau kalian tidak nyaman ketika blog yang telah kalian hias berhari-hari justru hampir tidak ada yang melirik? Ini mungkin akan sangat penting bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan utama dalam menulis artikel atau bahkan untuk seorang digital marketer sekali pun.

Pengunjung merupakan customer bagi pembuat konten dan artikel blog. Customer adalah raja, begitu pun dengan pengunjung. Meskipun para pengunjung blog kalian tidak menghasilkan uang secara langsung untuk kalian, setidaknya dari sana kalian mungkin akan mendapat jaringan, kolaborasi, dan kesempatan bersosial kalian lainnya. Di sinilah kalian perlu mengerti bagaimana kebutuhan para pengunjung dan bagaimana cara kalian melayani pengunjung kalian dalam blog kalian.

8 tips blogging berikut diharapkan dapat membuat kalian lebih bersemangat dalam mengelola blog kalian sehingga semakin hari kalian menjadi semakin optimis dalam mendapatkan trafik atau kunjungan ke blog kalian, terkhusus yang memang membuat blog sebagai mata pencaharian, baik utama mau pun sampingan.


  • Fokus pada judul dan subjudul

Perlu diingat bahwa yang dicari oleh para pengunjung adalah artikel-artikel yang sesuai dengan apa yang mereka ingin baca. Jika mereka ingin mengetahui bagaimana cara pelangi terbentuk, mereka akan mencari dengan kata kunci tersebut. Hal yang pertama kali dilihat oleh para pengunjung saat mendapatkan hasil dari Google adalah judul artikel tersebut.

Di sinilah pentingnya kalian membentuk judul blog yang unik namun dapat menarik perhatian pembaca. Kalian harus memastikan bahwa dengan judul tersebut pengunjung dapat mau melirik blog kalian. Kalian dapat mengambil judul blog dari kesimpulan akan keseluruhan blog kalian.

Khususkan judul blog kalian, pastikan paragraf pertama dan subjudul berisi tujuan dari apa yang kalian tulis karena itulah yang menarik perhatian calon pengunjung dalam memilih artikel mana yang akan diklik dari Google. Jika kalian membahas tentang travelling, travelling yang bagaimana? Tujuan ke mana? Berupa tips atau pengalaman? Rangkumlah itu semua di paragraf pertama kalian, dan buat itu semua jadi sebuah kalimat yang nantinya itu menjadi judul blog kalian.


  • Mudahkan para pembaca

Kalian pastinya ingin para pembaca betah berlama-lama dalam blog kalian. Bagaimana caranya? Mudahkanlah mereka. Bagaimana cara memudahkannya? Gunakan font yang mudah dibaca, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Jangan gunakan latar belakang yang hampir menyatu dengan teks sehingga sulit dibaca.

Kemudian kalian dapat melayani pengunjung blog kalian dengan tawaran-tawaran artikel lainnya seperti apa saja artikel terkait dari artikel yang sedang dibaca setelah pengunjung selesai membaca artikel kalian, kemudian buat kategori dan menu yang terlihat oleh pembaca, kalian dapat menggunakan fitur tag blog agar pembaca dapat dengan mudah berpindah dari artikel kalian yang satu ke artikel lainnya yang saling berhubungan. Hal ini dinamakan bouncing.

Merupakan nilai plus jika menyertakan mode malam dalam blog kalian, khusus untuk para pembaca yang tidak ingin melihat warna-warna terang misalnya di malam hari ketika lampu kamar sudah semuanya dimatikan.


  • Jangan sampai artikel terlihat main-main

Kadang mungkin kalian tidak menyadari bahwa banyak dari artikel-artikel blog kalian yang dapat membuat malas pengunjung untuk membacanya. Wah, bagaimana bisa begitu?

Bisa jadi masih banyak dari kalian yang menulis artikel masih berantakan struktur kata dan kalimatnya, begitu banyak tipo yang dibiarkan (tipo sedikit tidak masalah), dan penulisan artikel yang begitu pendek, menulisnya dengan kata-kata yang disingkat-singkat, dan/atau kurang dari 300 kata.

Bukannya tidak boleh artikel yang kurang dari 300 kata, hanya saja, pengunjung terkadang mengharapkan suatu yang lebih detail dari pembahasan yang kompleks. Jadi jika memang bukan ditujukan untuk artikel-artikel yang memang sekedar humor singkat atau sejenisnya, usahakan untuk menulis bahkan hingga 500 kata lebih. Search engine pun akan lebih mempercayai situs web dengan panjang artikel yang optimal.


  • Perhatikan tren

Tidak ada salahnya meskipun blog kalian membahas masalah kesehatan atau belajar program, kalian sesekali menyisipkan konten yang berkategori di luar itu, tanpa harus keluar dari tema blog kalian. Misalnya sesekali menambah konten tentang humor, cerita horor, atau tips-tips yang membantu. Orang-orang biasanya suka artikel yang didahului dengan angka.

Misalnya, kalian membuat blog tentang psikologi, sesekali bolehlah kalian membuat artikel-artikel khusus yang memuat humor psikologi, atau cerita-cerita horor yang berkaitan dengan psikologi. Hal ini membuat blog kalian lebih dinamis dan lebih banyak hal yang dapat pengunjung telusuri di blog kalian.


  • Pilihlah desain sesuai tema yang nyaman

Buatlah blog kalian yang membuat pengunjung seperti berada di ‘rumah kedua’ mereka. Pilihlah warna-warna yang nyaman. Mungkin seperti warna-warna pastel atau gradasi-gradasi warna lembut yang memanjakan mata. Kalian dapat mencari ide-ide tersebut di internet atau memakai template-template yang menurut kalian sejuk di mata.

Jangan lupa, meskipun saya sarankan untuk memilih warna yang lembut di mata, kalian masih harus tetap menjaga tema blog kalian. Sangat tidak lucu jika ada blog tentang kebugaran pria namun warna temanya adalah pink muda, atau blog tentang horor namun warnanya biru cerah.

Bila perlu, tambahkan dekorasi-dekorasi yang mendukung namun diharapkan tidak terlalu banyak agar tidak mengganggu pandangan mata para pembaca, mungkin seperti garis pinggir, atau lingkaran-lingkaran, atau gambar transparan yang berukuran kecil. Namun jika kalian tidak terpikirkan untuk menambah dekorasi yang bagaimana, lebih baik tidak usah dan usahakan desain tetap bersih agar pembaca lebih fokus kepada tulisan kalian.


  • Komunikasi dengan pembaca

Seperti yang telah disampaikan di awal artikel bahwa pembaca adalah customer. Sapalah mereka dengan hangat, balaslah komentar-komentar mereka. Bila perlu sediakanlah formulir yang khusus memuat komplain dari para pembaca. Mungkin tidak semua pembaca bersahabat, tapi apakah kalian akan menyamakan akhlak kalian dengan membalas orang-orang yang kasar tersebut dengan bahasa yang kasar pula? Ingat, pembaca yang lain melihat dan etika kalian akan menentukan pembaca apakah mereka akan mengunjungi website kalian lagi atau tidak.

Kemudian, mengapa tidak untuk menambahkan fitur email subscription? Mungkin dari para pembaca ada yang akan menjadi pengunjung setia yang menanti setiap postingan terbaru kalian. Memberi kabar postingan terbaru kalian lewat email berlangganan lebih jitu menambah trafik daripada yang hanya mengandalkan lewat search engine.


  • Optimisasi

Kalian pastinya tidak ingin mengunjungi blog yang penuh dengan gambar yang berukuran besar dan membuat website menjadi sangat berat di-load. Begitu juga dengan para pembaca. Mereka tidak ingin kuota internet mereka terkuras habis hanya dengan membuka situs web kalian.

Optimisasi, itu kuncinya. Kurangi berbagai desain-desain yang berupa foto-foto yang berukuran besar, dan kurangi animasi-animasi yang tidak perlu. Mereka semua membuat blog kalian menjadi lemot. Untuk blog personal disarankan ukurannya tidak melebihi 1-2MB. Kalian dapat cek website kalian di GTMetrix.


  • Menulis dengan passion

Ini yang paling terakhir, paling umum, dan yang paling penting. Selalu jaga intensitas postingan kalian. Tidak terlalu mem-push diri kalian, namun setidaknya dalam seminggu ada sekitar 3 artikel terbaru dari blog kalian jika kalian memiliki banyak waktu senggang. Para pembaca dan search engine akan sangat senang dengan blog yang adminnya selalu aktif menulis.

Dan yang terpenting, menulislah dengan passion kalian. Jangan sekali-kali menulis karena uang meskipun dengan menulis itu menjadi mata pencaharian kalian. Menulislah dari sanubari kalian karena pembaca senang tulisan yang unik, yang berbeda dari yang lain meski tema tulisan kalian sudah menjamur di internet. Sesekali boleh menyadur postingan dari luar namun tetaplah kalian berada pada identitas unik kalian dalam menulis.


Selamat berposting ria. ๐Ÿ™‚

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
๐Ÿค— Selesai! ๐Ÿค—

Nilai

Polling

Sugesti

Permainan


  • Sebelumnya
    Math Beauty: Alunan Nada Angka-Angka Irasional

    Berikutnya
    Merasa Iri di Sosial Media? Tengok 6 Tips Berikut


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. ๐Ÿ˜‰

    Kembali
    Ke Atas

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. ๐Ÿ˜Š


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. ๐Ÿ˜‰

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. ๐Ÿค—

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. ๐Ÿค—

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll ๐Ÿ‘‡

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. ๐Ÿ”ฎ

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? ๐Ÿ˜ฑ Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.