Kehabisan Ide Dalam Menulis

Beberapa blogger seperti saya mungkin menemui saat ketika sudah tidak tahu lagi apa yang ditulis. Kehabisan ide, stuck, bahkan tidak memiliki hasrat lagi untuk melanjutkan kegiatan blogging. Tidak masalah, itu adalah hal yang wajar, bekerja pun ada saat-saat untuk libur dan menyegarkan pikiran.

Begitu pun juga dengan blogging, meskipun hanya sekedar hobi, namun masa-masa stuck mungkin terjadi di hari kesekian. Sekali lagi, itu wajar, namun yang menjadi permasalahan adalah ketika blogger sudah menjadi begitu malas untuk melanjutkan hobi bloggingnya itu.

Berapa blog yang isi artikelnya baru kurang dari 100, atau bahkan kurang dari 50, atau bahkan masih kurang dari 10, namun blog tersebut sudah seperti berada jauh di tempat pengasingan? Wah, sayang sekali, saya tidak mengetahui apa yang menyebabkan sang penulis sudah tidak ingin melanjutkan hobi bermutunya itu.

Lain cerita dengan blog-blog yang isinya hanya satu hingga tiga buah artikel yang memang kontennya seperti terlihat uji coba dan cenderung asal-asalan. Saya tidak mempermasalahkan mereka tidak melanjutkan jika memang blogging tidak dapat menjadi hobi yang tepat untuk mereka. Saya akan lebih fokus membahas para penulis yang memang punya passion namun mereka terhalang menulis karena tidak memiliki waktu, atau bahkan kehabisan ide (stuck).

Saya memiliki setidaknya 5 tips yang mungkin dapat bermanfaat untuk para blogger.


  • Miliki lebih dari satu tema

Saya tidak tahu apakah ini sering dibahas di komunitas para penulis atau tidak, yang pasti usahakan agar kalian setidaknya memiliki minimal dua buah tema untuk blog kalian. Sekali pun blog kalian berbicara seputar travelling atau jalan-jalan, tidak ada salahnya kalian memasukkan tema lain seperti humor atau misteri. Menyadur dari tulisan lain pun tidak mengapa, syukur jika berasal dari beberapa pengalaman pribadi atau orang-orang terdekat.

Karena suatu saat kalian pun akan jenuh atau stuck dengan tema travelling dan tidak akan ada yang dapat ditulis lagi untuk sementara waktu, atau bahkan dalam waktu yang cukup lama. Dengan memiliki tema cadangan setidaknya kalian dapat berputar arah dan menemukan sesuatu yang segar untuk menjadikan blog kalian tetap hidup dan berkesempatan mendapatkan trafik lebih luas.


  • Sebaiknya ada masa ide bertumbuh

Jika kalian mendapatkan ide cemerlang untuk dituliskan ke blog tercinta kalian, dan jika memang belum terbiasa, adakalanya jauh lebih baik untuk menyimpan ide kalian untuk membiarkannya bertumbuh kembang. Namun jangan lupa untuk dicatat dulu ya idenya, khawatir nanti idenya terbang dan hinggap di kepala orang lain.

Alasan untuk tidak semerta-merta membuka blog kalian dan mencoba langsung menuliskan ide tersebut, adalah kemungkinan bahwa ide tersebut masih terlalu mentah untuk dikonsumsi. Dikhawatirkan, tulisan kalian terhenti di tengah-tengah karena kalian bingung bagaimana mengolah ide tersebut. Pada akhirnya tulisan yang mungkin bernilai jutaan dolar tersebut tidak pernah bisa terselesaikan.

Biarkan ide tersebut mengalir sambil kalian pikirkan bagaimana kerangka dan penulisan sistematisnya. Biarkan telinga untuk mendengarkan sesuatu yang lembut dan mata memandang sesuatu yang menyenangkan. Biarkan ide kalian menjadi pohon yang mengeluarkan buah-buahan lezat siap petik.


  • Jangan diburu-buru, jangan pula direnggangkan

Mungkin diantara kalian begitu ingin memiliki ratusan artikel di blog kalian dengan segera sebab iri dengan blogger lain atau ingin cepat-cepat dipasang iklan atau sekedar agar dapat dikenal oleh banyak orang. Tidak heran, banyak blogger yang bahkan membuat artikel pendek dan terpecah-pecah sehingga membuat konten blog menjadi menggantung dan membingungkan para pembaca.

Akibatnya, menulis sudah menjadi tuntutan murni tanpa diiringi dengan passion atau hobi. Pada akhirnya, beberapa blogger menganggap konten mereka terlalu mentah dan tidak memiliki jiwa sama sekali.

Tidak perlu seperti itu, jika kalian memang pada dasarnya hobi menulis dan pada saat itu ide kalian sangat liar, dalam sehari pun kalian dapat membuat hingga lima artikel sekaligus. Namun jika sedang mentok atau stuck, tidak ada salahnya beristirahat sebentar dalam sehari karena itu akan membuat pikiran kalian menjadi segar kembali.

Namun masa istirahat tersebut sebaiknya jangan terlalu lama, misalnya hingga dua minggu atau hingga satu bulan karena selain itu akan memperlambat kalian dalam meraih jumlah artikel yang diinginkan, juga akan mengempiskan liarnya ide kalian. Ibaratnya, sama seperti seorang ahli kebugaran yang tidak lagi berolahraga, ototnya akan semakin kendur hingga akhirnya berubah menjadi lemak.

Jangan sampai akhirnya kalian hanya akan menatap artikel-artikel blog yang pernah kalian buat dan meratap, “Kemana semangat yang dulu saya pernah dapatkan untuk menulis semuanya ini?”


  • Miliki dukungan berkualitas

Ingin membuat konten horor namun kehabisan ide? Carilah pencetus inspirasi yang mendukung. Mengapa kalian tidak mengunjungi situs video semisal Youtube dan mencari lagu-lagu permainan jadul yang bertema horor? Atau setidaknya kalian memiliki playlist lagu horor dalam ponsel kalian yang dapat merangsang ide kalian muncul dari dasar lapisan otak kalian.

Misalnya, untuk mengarang sebuah cerita horor, saya mendengarkan lagu ABBA yang berjudul I Let The Music Speak. Dari sana tiba-tiba saya terbayang bagaimana alur cerita yang akan saya tulis.

Begitu pun jika kalian memiliki blog dengan tema travelling namun pada saat itu kalian sedang tidak memiliki waktu untuk berjalan-jalan. Kalian masih tetap dapat mengisi konten di blog kalian dengan mencari inspirasi, contohnya, mencari artikel di Wikipedia mengenai negara-negara Oseania dan/atau Kepulauan Karibia yang negaranya jarang kalian dengar. Dari sana biasanya terdapat gambar-gambar alam yang cukup menakjubkan yang mungkin kalian dapat membuat sebuah artikelย filler setelah kalian melihat gambar tersebut. Misalnya, “10 Negara Di Dunia yang Mirip Seperti Negeri Dongeng.”, “10 Negara di Dunia dengan Panorama Pantai Menakjubkan”, dan lain-lain.

Semakin banyak kalian mengoleksi musik atau gambar yang mendukung imajinasi kalian, semakin banyak pula ide yang mungkin dapat kalian tulis di blog kalian. Namun sebelumnya, pastikan dukungan kalian tepat sasaran dengan tema blog kalian agar tulisan kalian memiliki jiwa yang dapat menarik perhatian pembaca.

Sangat tidak lucu jika kalian sedang menulis konten yang bertema momen-momen kesedihan namun yang kalian dengarkan adalah musik heavy metal atau yang kalian lihat adalah gambar-gambar balon dengan warna yang mencolok.


  • Setiap ada passion, pasti ada waktu

Ketika ada seorang penulis yang berkata bahwa dia tidak pernah memiliki waktu untuk menulis, dapat dipastikan dia bukanlah seorang penulis. Bagaimana seorang atlet akan menjadi profesional jika dia tidak berlatih? Saya sibuk mengurusi perusahaan, permintaan customer, dan karyawan-karyawan saya, dengan deadline yang begitu mencekik. Namun alhamdulillah saya masih memiliki waktu untuk menulis tanpa mengorbankan pekerjaan utama untuk menulis artikel di situs ini hingga artikel dalam blog ini menembus angka di atas 600.

Apa alasan terbesar para penulis tidak memiliki waktu untuk menulis? Tidak memiliki waktu untuk menulis atau memang tidak pernah mengalokasikan waktu untuk menulis? Tidak mengapa bahwa kalian mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk menulis, namun setidaknya, membuat satu artikel dengan mencicil beberapa paragraf dalam sehari seharusnya bukanlah sesuatu yang sulit.

Saya biasanya menyiapkan ide jika saya sedang beristirahat ketika saya sedang bekerja. Menyusun kerangka sistematis dengan poin-poin mengenai apa saja yang akan saya tulis sehingga setelah pekerjaan saya sudah selesai dan saya masih memiliki waktu meski hanya 30 menit, maka setidaknya satu artikel akan lahir di situs saya.


Saya katakan, menulislah, karena itu mungkin sebuah kegiatan paling bermanfaat yang paling mungkin kita lakukan.

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
๐Ÿค— Selesai! ๐Ÿค—
Ada masalah kesehatan mental? Bingung curhat ke mana?
Curhat ke Anandastoon aja! Mari, klik di sini. ๐Ÿ’—

Nilai

Polling

Sugesti

Permainan


  • Sebelumnya
    Virus Corona COVID-19: Tentara Allah yang Menjadi Guru

    Berikutnya
    Opini Pribadi: Indikator Negara Maju


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. ๐Ÿ˜‰

    Kembali
    Ke Atas

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. ๐Ÿ˜Š


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. ๐Ÿ˜‰

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. ๐Ÿค—

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. ๐Ÿค—

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll ๐Ÿ‘‡

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. ๐Ÿ”ฎ

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? ๐Ÿ˜ฑ Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.