Herd Immunity

Dua bulan lebih mengurung diri di dalam rumah, tidak keluar kecuali ada kebutuhan mendesak, bahkan sekali pun keluar harus mematuhi peraturan-peraturan sosial yang telah ditetapkan oleh dinas kesehatan selama wabah. Bagi orang-orang luar ruangan seperti saya, tentu mematuhi anjuran untuk di rumah saja bukanlah hal yang mudah. Saya hingga tidak melakukan shalat Id di hari raya Idul Fitri di masjid karena hal ini.

Setelah menjalani aktivitas statis yang begitu menyiksa karena ingin wabah segera mereda, harapan saya justru ingin kurva semakin melandai karenanya. Namun yang terjadi justru sebaliknya, sangat, sangat, sebaliknya. Kurva penyebaran virus begitu melonjak tajam dibarengi dengan aktivitas warga yang membludak di luar ruangan karena bertepatan dengan momen hari raya.

Sia-siakah peraturan untuk berdiam diri di rumah saja berbulan-bulan jika sudah begini?


Herd Immunity, manusia bak hewan ternak

“Manusia bukanlah ternak (herds), dan lagi pula konsep herd immunity biasanya digunakan untuk menghitung berapa banyak orang yang perlu divaksinasi dan populasi untuk menghasilkan efek itu,” ujar Mike Ryan, direktur eksekutif WHO.

Bukan tidak mungkin sistem Herd Immunity ini hanya akan menghasilkan 5% saja dari populasi yang kebal dari penyakit. Jadi istilahnya, biarlah seleksi alam yang menentukan apakah kemudian manusia akan dikalahkan oleh penyakit atau dapat bertahan darinya. Terdengar sangat menyeramkan.

Lalu apakah sistem Herd Immunity ini cocok diterapkan untuk setiap wabah? Tergantung. Dilihat dari wabahnya, apakah begitu mematikan atau tidak, sudah tersedianya vaksin atau belum, hingga menjadi pilihan terakhir yang dapat diambil oleh pemilik wewenang.

Dampaknya begitu mengerikan jika Herd Immunity ini diterapkan selama wabah karena masyarakat harus memilih roda takdirnya sendiri, siap tidak siap. Korban bisa saja tiba-tiba bergelimpangan di jalan-jalan, dan para tenaga kesehatan pun akan begitu kewalahan. Ditambah lagi, rumah sakit akan menjadi begitu kesulitan untuk menerima pasien baru sebab mereka tidak lagi memiliki ruangan yang tersedia sebagai tempat penampungan pasien.


Diterapkan Herd Immunity, kapan?

Tidak semua negara sukses menerapkan lockdown atau pun semi/partial lockdown yang kita kenal dengan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Baik lockdown maupun PSBB itu sendiri sebenarnya sukses dalam menggerus aktivitas perputaran uang dalam suatu negara karena kegiatan ekonomi yang sangat terbatas bahkan nihil.

Fenomena yang terjadi berhubungan dengan ini pun bermacam-macam dari mulai anjloknya omset para pengusaha, hingga kasus kehilangan pekerjaan secara masal.

Tentu saja, masyarakat wajib berkorban demi pemulihan dari wabah seperti sedia kala dan kembali beraktivitas secara normal. Sebenarnya jika virusnya termasuk kategori mudah, yakni dapat disembuhkan dalam waktu kurang dari dua minggu, proses lockdown pun seharusnya cukup dilakukan dalam kurun waktu kurang dari dua bulan saja, dengan syarat peraturan lockdown harus dilakukan secara ketat.

Namun apa yang terjadi jika ternyata proses lockdown tersebut tidak membuahkan hasil karena peraturan lockdown begitu longgar dalam pelaksanaannya?

Jika ternyata pelaksanaan lockdown berbulan-bulan tidak membuat kurva penyebaran virus melandai, sedangkan negara sudah diambang krisis secara brutal, tidak menutup kemungkinan pemerintah akan mengambil jalan terakhir yaitu menerapkan Herd Immunity kepada seluruh lapisan masyarakat.

Ini bukan tanpa perhitungan, namun penerapan Herd Immunity juga memiliki dua sisi mata uang.

Positifnya:

  1. Masyarakat lebih menyadari bahaya dari wabah jika sudah banyak yang terpapar. Mereka akan lebih menerapkan peraturan bersosial yang telah diterapkan oleh dinas kesehatan.
  2. Roda perekonomian mulai kembali bergerak dengan para pelaku yang menerapkan peraturan dari dinas kesehatan.
  3. Aktivitas masyarakat akan kembali normal bersyarat.

Negatifnya:

  1. Rumah sakit dan petugas kesehatan akan semakin kewalahan dalam menampung pasien. Tetapi memang sebelumnya pun peraturan lockdown yang begitu longgar pun sudah membuat para tenaga medis kewalahan bukan?
  2. Semakin banyak korban jiwa karena membiarkan alam yang menyeleksi siapa yang dapat bertahan dan siapa yang tidak.
  3. Wabah akan menjadi sulit dihilangkan dari suatu negeri. Bisa jadi akan bermunculan babak kedua, babak ketiga, hingga babak belur.

Kesimpulan

Herd Immunity ini dapat diterapkan (sebagai pilihan terakhir) hanya untuk wabah ‘ringan’ yang tidak begitu mematikan. Apalagi jika masyarakat begitu meremehkan wabah dan menganggap hanya berjemur sedikit dan meminum minuman herbal sudah merasa aman dari wabah tersebut.

Belum lagi, adalah hal yang manusiawi jika masyarakat begitu membenci peraturan yang memberatkan mereka, seperti mengarantinakan diri sendiri di rumah sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Beberapa lapisan masyarakat pun tidak setuju dengan peraturan tersebut yang memang telah terbukti dengan adanya demonstrasi besar-besaran di sejumlah negara menuntut pemerintah untuk mencabut peraturan lockdown. Hal ini dapat diperparah jika pemerintah tidak tegas dalam mengeksekusi peraturan tersebut.

Intinya, peningkatan kesadaran dan kewaspadaan akan menjadi suatu keniscayaan bagi beberapa lapisan masyarakat yang sulit diatur.

Ditambah lagi sekelompok agamawan yang merasa diri mereka beriman merasa pemerintah berasal dari golongan sesat karena telah menutup rumah-rumah ibadah mereka dan membuat berjuta-juta pembelaan yang dibuat-buat. Belum lengkap, beberapa pembuat hoaks dan teori-teori konspirasi seperti mendapatkan durian runtuh dari bencana kesehatan ini.

Inilah mengapa terkadang ada sebagian masyarakat yang perlu kasus nyata dari wabah yang sedang berlangsung di negeri mereka. Mungkin lain halnya jika masyarakat sudah melihat dengan mata kepala mereka sendiri dampak mengerikan yang ditimbulkan oleh wabah tersebut, terutama jika menyerang keluarganya, kerabatnya, atau bahkan diri mereka sendiri.

Selama ini bisa jadi mereka anggap orang-orang yang berada di rumah sakit sudah terkena penyakit lain, yang mana peran wabah sangat sedikit dalam membuat para pasien terbaring di rumah sakit di luar penyakit utama.

Jadi jika Herd Immunity ini adalah pilihan terakhir, mau tidak mau siapa saja harus mempersiapkan diri dengan tubuh yang sehat sebisa mungkin agar tidak terpapar virus. Di sini kita sudah benar-benar angkat tangan kepada mereka yang membandel setelah diberikan begitu banyak peringatan. Semoga lapisan masyarakat yang menjalankan peraturan dari pihak yang lebih berwenang diberi keselamatan.

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
๐Ÿค— Selesai! ๐Ÿค—
Ada masalah kesehatan mental? Bingung curhat ke mana?
Curhat ke Anandastoon aja! Mari, klik di sini. ๐Ÿ’—

Nilai

Polling

Sugesti

Permainan


  • Sebelumnya
    Kesenjangan Sosial Buatan di Dunia Modern

    Berikutnya
    7 Kelakuan Pengendara Sepeda Motor yang Saya Benci


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. ๐Ÿ˜‰

    Kembali
    Ke Atas

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. ๐Ÿ˜Š


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. ๐Ÿ˜‰

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. ๐Ÿค—

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. ๐Ÿค—

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll ๐Ÿ‘‡

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. ๐Ÿ”ฎ

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? ๐Ÿ˜ฑ Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.