Kehabisan Ide dan Butuh Inspirasi? Ada 5 Tips

Butuh Inspirasi

Setiap orang pernah mengalami saat-saat mentok atau kehabisan ide. Terkhusus bagi orang yang sehari-harinya dituntut untuk menjadi kreatif yang pantang stuck. Biasanya hal ini sering dialami oleh para artis seperti desainer atau komposer musik, namun profesi lain semisal komedian, penulis, bahkan hingga programmer pun tetap harus membutuhkan ide-ide segar untuk dapat memaksimalkan hasil pekerjaan mereka.

Masalahnya, tidak setiap saat seseorang mendapatkan ide cemerlang. Bahkan tidak jarang seseorang justru mendapatkan nol inspirasi di tengah tuntutan pekerjaannya. Di mana lampu bohlam yang legendaris itu? Mengapa tidak kunjung menyala di kepala saya sehingga saya bilang “aha”?

Baiklah, mungkin saya akan berikan 5 poin yang setidaknya dapat menjaga kalian tetap mendapatkan inspirasi.


  • Mendengarkan musik inspiratif

Musik inspiratif? Apa itu? Musik inspiratif ya musik yang dapat memberikan kalian inspirasi. Contohnya? Carilah musik yang mendukung lingkup kerja kalian. Membangkitkan semangat kerja bukan berarti harus mendengarkan musik yang bertema semangat, dalam hal ini bertempo cepat. Bahkan seringkali pemilihan musik yang bersemangat yang salah dapat membuat seseorang bukan mendapatkan ide justru membuatnya semakin terdistraksi.

Saya biasanya memilih musik yang kaya emosi di mana meski musik tersebut sebenarnya memiliki lirik yang sedih, namun justru nadanya menyemangati. Ini biasanya sering terdapat pada musik lawas seperti ABBA, The Beatles, atau bahkan musik-musik Disney zaman dulu. Emosi yang telah ‘diacak-acak’ oleh alunan nada yang mendukung biasanya merangsang otak untuk mendapatkan idenya.

Atau cukup oke untuk mencari musik-musik instrumental saja jika khawatir dengan musik berlirik akan membuat kalian sulit untuk fokus.

  • Travel

Bukan suatu yang rahasia lagi jika seseorang yang melakukan perjalanan akan diserang oleh ide-ide brilian karena pemandangan-pemandangan yang menginspirasi. Travelling tidak harus melakukan perjalanan antar negara, cukup datangi tempat-tempat yang sesuai dengan tema yang kalian inginkan saja meskipun itu hanya sebuah kafe antik.

Dengan travelling, kalian bisa mendapatkan ide dari setiap unsur yang kalian lihat, kalian dengar, dan kalian rasakan.

  • Browsing

Banyak konten-konten menginspirasi bertebaran di Internet, kalian dapat memilih sesuai yang kalian butuhkan. Tidak ada salahnya mencari gambar-gambar abstrak di internet, mengunjungi situs-situs stok foto, atau sekedar melihat kata-kata mutiara yang mungkin dapat membantu kalian untuk mendapatkan inspirasi lewat motivasi yang ditularkan.

Bermain video game jadul juga dapat merangsang kalian mendapatkan ide-ide liar mengenai bagaimana kreatifnya para developer merancang levelnya, bossnya, tantangannya, dan lain sebagainya.

  • Mengasingkan diri

Jangan terkubur dalam keramaian, isolasikanlah diri kalian sesekali ke tempat yang lebih tenang. Basahilah dirimu di kamar mandi yang sunyi, pergilah ke taman yang senyap, atau datangilah rumah ibadah. Saya biasanya mendapatkan inspirasi jika tidak di toilet, di perjalanan, atau bahkan di masjid setelah shalat.

Inspirasi lebih mudah datang di tempat tenang. Inilah alasan mengapa orang-orang betah berlama-lama di kamar mandi, bahkan perdebatan yang sudah diselesaikan tiga tahun lalu pun mungkin kalian masih tetap akan mendapatkan argumen yang lebih telak untuk membuat lawan bicara kalian diam.

  • Pelihara ide kalian

Seperti hewan ternak, ide kalian pun perlu dipelihara, diikat, diberi asupan untuk membuatnya terus berkembang. Buatlah catatan mengenai daftar ide yang telah kalian dapatkan, jangan biarkan mereka kabur dan hinggap di kepala orang. Karena bisa jadi ide kalian dapat kalian kembangbiakkan menjadi ide-ide lain yang bahkan tidak terpikirkan oleh orang lain.


Ide kalian mahal, jangan sampai tidak kalian perlakukan secara baik.

Isi kotak di bawah untuk berkomentar, atau artikel di atas dapat kalian diskusikan di Forum Terbaru Anandastoon. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • Diskusi dengan Anandastoon


    Anandastoon baru saja buat forum untuk diskusi dengan sesama pembaca. Temanya banyak, mulai dari pengalaman horor, menarik, travelling, curhat, tanya jawab, programming, dan lain sebagainya. Mari kunjungi Forum Anandastoon