Pengalaman Saya Melaksanakan Shalat Hajat

Sumber: inet

Sumber: inet

Setelah saya bahas mengenai keajaiban shalat hajat pada postingan ini, saya juga ingin bercerita mengenai pengalaman saya sendiri yang melaksanakan shalat tersebut.

Adalah saya, yang waktu itu kekurangan uang untuk menambal biaya kuliah yang masih sekitar 3 juta lagi. Pada saat itu proyek saya sedang sepi, saya tidak tahu harus berbuat apa karena saya paling -anti- meminjam kepada orang lain kecuali jika benar-benar terdesak.

Akhirnya setelah mendengar penjelasan dosen saya pada postingan saya sebelumnya mengenai keajaiban shalat hajat yang konon dapat melunasi hutang berjuta-juta hingga berM-M dengan ‘instan’, maka saya tertarik untuk segera melaksanakannya.

Saya melaksanakan berturut-turut selama 8 hari setelah shalat isya sebanyak 6 rakaat. Awalnya berat, percaya dengan saya, awalnya berat karena rasa malas. Namun ternyata keinginan saya untuk melunasi biaya kuliah jauh lebih berat lagi sehingga saya berhasil menjalankan shalat tersebut selama 8 hari berturut-turut.

Pada hari ke-sembilan atau esoknya, saya iseng ke bagian keuangan untuk bertanya berapa lagi sisa uang kuliah saya. Ketika bagian keuangan mengeceknya,Β ternyata masih tetap 3 juta, belum berkurang sedikit pun. Sejujurnya saya merasa sedikit ‘kecewa’ karena tidak sesuai dengan harapan dan cerita dosen saya itu.

Saya harap kalian tidak berhenti baca postingan saya sampai sini saja.

Namun tahukah kalian, rezeki memang datang tidak pernah disangka-sangka. Well, Allah swt. memiliki cara yang Maha Kreatif untuk memberikan rezeki kepada hamba-hambaNya. Maka dari itu saya yakin akan hal tersebut hingga melanjutkan shalat hajat saja hingga hari yang ke-sebelas sembari menunggu datangnya sebuah keajaiban.

Hingga pada suatu malam, teman saya tiba-tiba menghubungi saya via Whatsapp dan menawarkan sebuah proyek kepada saya. Katanya ada seseorang yang membutuhkan pengerjaan sebuah website amal. Saya pikir mungkin website tersebut hanya menguntungkan saya sekitar 1 juta-an. Namun tidak apa, rezeki tidak boleh ditolak.

Akhirnya saya langsung mengunjungi sang calon klien di rumahnya yang ternyata calon klien tersebut adalah anak dari seorang yang kaya-raya. Bayangkan, rumahnya sangat besar, pintu depannya sangat tinggi, dan akses per lantai tidak menggunakan tangga, tetapi dengan lift! Dan angka diamnya lift tersebut adalah angka 4. Masya Allah.

Calon klien tersebut ternyata masih muda dan masih SMA. Dia butuh sebuah website untuk membuat sebuah proyek demi persyaratan kelulusan sekolahnya. Websitenya adalah website amal untuk anak-anak kanker, yang dapat kalian lihat di sini. Saya hanya berpikir mungkin tidak apa saya hargai 2 juta saja termasuk biaya hosting, dan biaya komisi untuk teman saya tersebut.

Namun ternyata teman saya telah men-deal-kannya di angka 10 juta. Allaahu akbar!

Ya sudah, biaya kuliah saya lunas pada saat itu juga, karena setelah Down Payment atau DP, pada termin kedua sang klien langsung melunaskan semuanya.

Bagaimana? Kalian tertarik untuk melaksanakan shalat hajat? Karena jika selama ini yang kalian dengar hanya sebatas kisah, dan belum pernah mencoba langsung, mengapa tidak segera? Karena saya sudah merasakan keajaiban shalat ini, apakah kalian selanjutnya?

—<(Wallaahu A’lam Bishshawaab)>—

13 Ekspresi:

  1. maaf mas, saya mau nanya tatacaranya bagaimana ya, bacaan surah kedua setelah al fatihah dibaca berapa kali? rakaat ketiga dan sampai rakaat terakhir

    • Terima kasih atas kunjungannya mbak Dewi, tidak perlu meminta maaf. πŸ™‚

      Saya belum pernah mendengar jika ada ‘tata cara khusus’ dalam melaksanakan Shalat Hajat seperti harus membaca surat tertentu dan berapa kalinya.

      Saya hanya melaksanakannya dua rakaat, dua rakaat, dengan bacaan Al-Kaafirun pada rakaat pertama, kemudian Al-Ikhlas pada rakaat kedua. Dibacanya cukup sekali persis shalat sunah lainnya.

      Allah Maha Tahu. Terima kasih. πŸ™‚

  2. maaf mas biasa sya solat isya jm 8 mlm selesai salat isya
    Saya lanjut kan salah hajad
    Boleh gak ya

    • Hai ibu Mia,

      Perlu diketahui bahwa Shalat Hajat sebenarnya boleh dilakukan kapan saja asal bukan pada waktu shalat yang diharamkan seperti waktu terbit matahari dan terbenamnya, serta sekitar 10-15 menit sebelum zhuhur.

      Saya bahkan sering melakukan shalat hajat setelah selesai Shalat Jumat. Yang penting niatkan bahwa kita sedang punya kebutuhan kepada Allah Ta’ala.
      Wallahu A’lam.

      Terima kasih. πŸ™‚

  3. Asskm…sy membutuhkan pencerahan….kepada siapapun sbg jln ikhtiar keluar dr kesulitan….intinya sdh hampir 5thn kehidupan kami terpuruk…memang ujian ini berat….sampai harta rmh semua hbs tuk biaya istri yg lg diuji dgn cobaan penyakit…tumor …sampai beberapa kali operasi .. penyakit bertambah lg ke a diabet…sampai hrs amputasi kaki….sbg suami kami tak berdaya….selalu bermohon pertolongan Allah….dgn segala cara….kami lelah ya Allah ..anak anak kami butuh biaya kuliah di kota baru jkt …terpaksa kami berhutang dan berhutang …gaji kami hanya cukup sampai Minggu kedua ….ampuni ya Allah terpaksa kami pindah dinas ke Aceh….semata mata tuk mencari ketenangan dan jalan keluarnya ..sampai hr ini…kami pasrah ya Allah… cara

    • Waalaikumussalaam.
      Bapak Pujiyono, saya ikut prihatin dengan masalah yang bapak alami.
      Saya hanya punya beberapa tips untuk bapak jalankan dengan harapan Allah memudahkan bapak dalam mencari jalan keluar.
      1. Sesuai artikel saya di atas, lebih baik bapak mulai melaksanakan Shalat Hajat secara rutin.
      2. Mengenai istri bapak, lebih baik bapak juga kembali kepada ramuan herbal. Untuk diabetes, rebus kayumanis dan minum. Hindari yang manis-manis, turuti apa kata dokter, serta usahakan istri bapak agar terus bergerak/olahraga setiap hari. Semoga istri bapak disembuhkan Allah.
      3. Bapak harus berusaha dengan lebih baik lagi. Terkadang masalah yang sama terjadi karena apa yang kita lakukan masih sama dengan kemarin-kemarin. Cobalah untuk berubah, bekerja lebih giat lagi, tingkatkan kedisiplinan, profesionalitas, dan pelayanan bapak, berusaha 2x lipat dari yang sebelum-sebelumnya. Semoga usaha bapak dinilai Allah.
      4. Jangan meminjam kepada rentenir. Bapak akan masuk jurang 2x. Mengapa tidak mengajukan penggalangan dana ke organisasi nirlaba/sosial?
      5. Berbuatbaiklah kepada orang lain, sering-sering mendoakan orang lain. Kita tidak ingin ujian datang tiba2 karena ada orang yang secara diam-diam tidak ridha dengan kita.
      6. Mohon agar jalankan semua saran saya di atas dengan harapan insyaAllah bapak bisa menemukan jalan keluar.

      Terima kasih. πŸ™‚

  4. saya bRu 2 malam menjalan’kan solat hajad se’habis solat isya krna sy pgn mempunyai anak krna rmh tangga sy dh mask 3 tahn tp yum hamil jg tp baru 2 malam melaksanakn solt hajad bsk nya sya dapt haid rasa ya sya kecewa & sy nangis knp sy belum di percya py anak
    Ap solat hajad sy masih kurang ya mas

  5. assalamualaikum mas,saya mau tanya apakah boleh sholat hajat di laksanakan sementara sholat fardhu saya gk ful 5 waktu dalam sehari di karenakan saya punya anak kecil umur 3 tahun yang lagi masa bandel-bandel nya,selalu ingin main keluar terus.di samping itu kalo liat saya sholat suka nangis dan gak boleh sholat,mohon pencerahan nya ya mas.terima kasih sebelumnya

    • Ibu Ita, shalat 5 waktu adalah wajib dan tidak boleh ditinggalkan, sedangkan mengurus anak bukanlah hal yang membolehkan seseorang untuk meninggalkan shalat.

      Saya mengerti dengan kerewelan sang anak namun biarkanlah dia rewel dan menangis selagi kita melaksanakan kewajiban. Paling hanya 5 menit durasi tangisannya.

      Lagipula, tidak selamanya anak benar-benar dalam saat kerewelannya, jadi ibu harus cari celah ketika dia sedang ‘anteng’ atau memberikan tayangan favoritnya atau syukur jika dia mau shalat bareng. πŸ™‚

      Saran saya agar Ibu Ita mengganti dahulu seluruh shalat wajib yang ibu tinggalkan selama mengurus anak, perkiraan saja jika memang lupa jumlahnya. Tidak perlu sekaligus pun insyaAllah tidak apa.

      Atau Ibu dapat menyisipkan shalat hajat di sela-sela Ibu membayar hutang shalat Ibu dan berdoa dengan harapan Allah menjadikan si anak menurut dan memberikan ibu kemudahan beribadah sebelum meminta yang lainnya.

      Wallahu A’lam.

      Terima kasih atas komentarnya Ibu Ita. πŸ™‚

  6. Apa sebelum sholat hajat mas melaksanakan sholat taubat atau tidak?

    • Hai Amelia. Mohon maaf baru balas.

      Saya langsung melaksanakan Shalat Hajat setelah shalat Isya atau shalat sunnah rawatib ba’diyyah Isya tanpa ada shalat sunnah apapun di antaranya.

      Namun jika sis Amelia ada suatu dosa atau khilaf yang menurut sis Amelia perlu untuk ditunaikannya shalat Taubat, lebih baik laksanakan dahulu shalat taubatnya dengan harapan kita meminta sesuatu kepada Allah setelah melaksanakan shalat hajat dalam keadaan yang telah diampuniNya.
      InsyaAllah.

      Terima kasih. πŸ™‚

  7. bolehkah nengerjakan sholat hajat levih dari 1x setiap hari?

    • Ibu Suriati,

      Saya belum pernah menemukan pernyataan atau dalil bahwa shalat hajat hanya boleh dilakukan sehari sekali. Yang saya temukan adalah dalil bahwa Allah Ta’ala senang dengan hamba yang terus meminta kepadaNya.

      Jadi silakan saja shalat hajat kapan pun (selama bukan di waktu yang diharamkan seperti saat matahari terbit/terbenam atau 15 menit sebelum Zhuhur) dan berapa pun rakaat nya.

      Pastikan shalat hajatnya tidak mengganggu atau bahkan mengorbankan shalat sunnah yang lain seperti shalat Tahajjud, Rawatib (Qabliyah/Ba’diyah) dan Dhuha ya. πŸ™‚

      Wallahu A’lam.

      Terima kasih.

Ada yang belum jelas? Mengapa tidak berkomentar? :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • Ingin me-request sesuatu untuk saya bahas/saya posting? Saya akan pertimbangkan saran pembaca semuanya. Saya membuka saran kalian di kategori jalan-jalan, atau masalah sosial, atau cerita horor. Pastikan tidak spam, promosi, atau request konten dewasa. Atau bisa juga request fitur blog atau bahkan komplain.

    Isi request kalian di sini:

    Surel Anda (wajib)

    Apa yang ingin Anda request, sebuah deskripsi singkat (wajib)

    Terima kasih. :)