Sumber: inet

Sumber: inet

Setelah saya bahas mengenai keajaiban shalat hajat pada postingan ini, saya juga ingin bercerita mengenai pengalaman saya sendiri yang melaksanakan shalat tersebut.

Adalah saya, yang waktu itu kekurangan uang untuk menambal biaya kuliah yang masih sekitar 3 juta lagi. Pada saat itu proyek saya sedang sepi, saya tidak tahu harus berbuat apa karena saya paling -anti- meminjam kepada orang lain kecuali jika benar-benar terdesak.

Akhirnya setelah mendengar penjelasan dosen saya pada postingan saya sebelumnya mengenai keajaiban shalat hajat yang konon dapat melunasi hutang berjuta-juta hingga berM-M dengan ‘instan’, maka saya tertarik untuk segera melaksanakannya.

Saya melaksanakan berturut-turut selama 8 hari setelah shalat isya sebanyak 6 rakaat. Awalnya berat, percaya dengan saya, awalnya berat karena rasa malas. Namun ternyata keinginan saya untuk melunasi biaya kuliah jauh lebih berat lagi sehingga saya berhasil menjalankan shalat tersebut selama 8 hari berturut-turut.

Pada hari ke-sembilan atau esoknya, saya iseng ke bagian keuangan untuk bertanya berapa lagi sisa uang kuliah saya. Ketika bagian keuangan mengeceknya, ternyata masih tetap 3 juta, belum berkurang sedikit pun. Sejujurnya saya merasa sedikit ‘kecewa’ karena tidak sesuai dengan harapan dan cerita dosen saya itu.

Saya harap kalian tidak berhenti baca postingan saya sampai sini saja.

Namun tahukah kalian, rezeki memang datang tidak pernah disangka-sangka. Well, Allah swt. memiliki cara yang Maha Kreatif untuk memberikan rezeki kepada hamba-hambaNya. Maka dari itu saya yakin akan hal tersebut hingga melanjutkan shalat hajat saja hingga hari yang ke-sebelas sembari menunggu datangnya sebuah keajaiban.

Hingga pada suatu malam, teman saya tiba-tiba menghubungi saya via Whatsapp dan menawarkan sebuah proyek kepada saya. Katanya ada seseorang yang membutuhkan pengerjaan sebuah website amal. Saya pikir mungkin website tersebut hanya menguntungkan saya sekitar 1 juta-an. Namun tidak apa, rezeki tidak boleh ditolak.

Akhirnya saya langsung mengunjungi sang calon klien di rumahnya yang ternyata calon klien tersebut adalah anak dari seorang yang kaya-raya. Bayangkan, rumahnya sangat besar, pintu depannya sangat tinggi, dan akses per lantai tidak menggunakan tangga, tetapi dengan lift! Dan angka diamnya lift tersebut adalah angka 4. Masya Allah.

Calon klien tersebut ternyata masih muda dan masih SMA. Dia butuh sebuah website untuk membuat sebuah proyek demi persyaratan kelulusan sekolahnya. Websitenya adalah website amal untuk anak-anak kanker, yang dapat kalian lihat di sini. Saya hanya berpikir mungkin tidak apa saya hargai 2 juta saja termasuk biaya hosting, dan biaya komisi untuk teman saya tersebut.

Namun ternyata teman saya telah men-deal-kannya di angka 10 juta. Allaahu akbar!

Ya sudah, biaya kuliah saya lunas pada saat itu juga, karena setelah Down Payment atau DP, pada termin kedua sang klien langsung melunaskan semuanya.

Bagaimana? Kalian tertarik untuk melaksanakan shalat hajat? Karena jika selama ini yang kalian dengar hanya sebatas kisah, dan belum pernah mencoba langsung, mengapa tidak segera? Karena saya sudah merasakan keajaiban shalat ini, apakah kalian selanjutnya?

—<(Wallaahu A’lam Bishshawaab)>—

  • Selesai membaca? Jangan pergi dulu! 😉

    Minta waktunya sebentar dong, plis sebentaaarrr doang. Gak sampe 5 menit saya janji. Anandastoon minta saran dan komplain kalian di formulir berikut untuk membuat situs ini menjadi lebih baik. Komplain kalian sangat berarti bagi Anandastoon. Makasih ya sebelumnya.
    Oiyak! Untuk melihat apakah saran kalian didengar Anandastoon atau tidak, bisa cek ke halaman penerapan komplain berikut...


    Diskusi dengan Anandastoon


    Anandastoon baru saja buat forum untuk diskusi dengan sesama pembaca. Temanya banyak, mulai dari pengalaman horor, menarik, travelling, curhat, tanya jawab, programming, dan lain sebagainya. Mari kunjungi Forum Anandastoon

  • 237 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    1. maaf mas, saya mau nanya tatacaranya bagaimana ya, bacaan surah kedua setelah al fatihah dibaca berapa kali? rakaat ketiga dan sampai rakaat terakhir

      • Terima kasih atas kunjungannya mbak Dewi, tidak perlu meminta maaf. 🙂

        Saya belum pernah mendengar jika ada ‘tata cara khusus’ dalam melaksanakan Shalat Hajat seperti harus membaca surat tertentu dan berapa kalinya.

        Saya hanya melaksanakannya dua rakaat, dua rakaat, dengan bacaan Al-Kaafirun pada rakaat pertama, kemudian Al-Ikhlas pada rakaat kedua. Dibacanya cukup sekali persis shalat sunah lainnya.

        Allah Maha Tahu. Terima kasih. 🙂

        • Apakah km bisa melakukannya

          • Hai Riski, bisa diperjelas maksud komentarnya?

            Terima kasih.

            • Mas saya mau nanya , apakah solat hajat hanya dilakukan seminggu berturut turut atau boleh lebih dari seminggu ? Soalnya ada yg kata harus seminggu berturut turut . Dan apakah boleh misal sehabis isya kita solat hajat dan jam 3 pagi nya kita melakukan solat hajat lagi? Mohon pencerahannya mas makasih

        • Assalamualaikum ka admin, maaf sayaa mau nanya. Kan gini ya ka, saya itu baru putus dri mantan saya. Nah saya pengen untuk hijrah lalu saya ingin sholat hajat agar saya bisa menguatkan niat saya untuk berhijrah dan saya ingin cepat2 untuk melupakan mantan saya tetapi didalam diri saya, saya yakin saya dengan mantan saya akan kembali lgi. Pertanyaannya saya bingung ka harus bagaimana. Mohon pencerahannya ka terimaksih

          • Waalaikumussalaam.

            Lina, mengapa kamu tidak langsung shalat hajat dan berdoa supaya kamu, entah bisa move on atau kembali lagi dengan mantan. Kemudian barengi dengan memperbaiki diri sendiri. Jadikan diri kamu selalu lebih baik dari sebelumnya.

            Allah Ta’ala Maha Tahu apa yang terbaik untuk kamu.

            Terima kasih.

          • Halo kak mau nanya nih,kalau saat sepertiga malam kita sholat hajat tapi tidak sholat tahajjud karena belum tidur apa boleh ?

            • Hai Baihaqi. InsyaAllah tidak mengapa dan itu bisa termasuk kategori shalat malam.

              Wallaahu A’lam.
              Terima kasih.

        • Pagi kak mau tanya saat kaka berdoa sesudah melaksanakan sholat hajat apa doa nya hanya 1 keinginan saja atau boleh berdoa beberapa keinginan?
          terimakasih

      • Assalamu’alaukum, saya mau tanya mas. Jika kita melksanakan shalat tahajud,hajat dan witir. Setia slesai shalat kita zikir dan doa atau selesai smua shalatny dlu bru kita berzikir dan berdoa. Mhon pencerahannya mas
        Trmksh

        • Waalaikumussalaam mbak Eci. 🙂

          Kalau saya biasanya zikir setelah selesai masing-masing shalat. Skemanya seperti ini.

          Misalnya saya shalat Tahajjud 4 rakaat, hajat 2 rakaat, dan witir 1 rakaat.

          Maka:
          Saya tahajjud 2 rakaat, istighfar 3x, kemudian bangun lagi tahajjud 2 rakaat, lalu zikir.

          Setelah itu saya lanjut hajat 2 rakaat, kemudian zikir dan berdoa sesuai keinginan saya.

          Terakhir saya bangun untuk shalat witir, ditutup dengan zikir selepas shalat witir.

          Selesai. 🙂

    2. maaf mas biasa sya solat isya jm 8 mlm selesai salat isya
      Saya lanjut kan salah hajad
      Boleh gak ya

      • Hai ibu Mia,

        Perlu diketahui bahwa Shalat Hajat sebenarnya boleh dilakukan kapan saja asal bukan pada waktu shalat yang diharamkan seperti waktu terbit matahari dan terbenamnya, serta sekitar 10-15 menit sebelum zhuhur.

        Saya bahkan sering melakukan shalat hajat setelah selesai Shalat Jumat. Yang penting niatkan bahwa kita sedang punya kebutuhan kepada Allah Ta’ala.
        Wallahu A’lam.

        Terima kasih. 🙂

    3. Asskm…sy membutuhkan pencerahan….kepada siapapun sbg jln ikhtiar keluar dr kesulitan….intinya sdh hampir 5thn kehidupan kami terpuruk…memang ujian ini berat….sampai harta rmh semua hbs tuk biaya istri yg lg diuji dgn cobaan penyakit…tumor …sampai beberapa kali operasi .. penyakit bertambah lg ke a diabet…sampai hrs amputasi kaki….sbg suami kami tak berdaya….selalu bermohon pertolongan Allah….dgn segala cara….kami lelah ya Allah ..anak anak kami butuh biaya kuliah di kota baru jkt …terpaksa kami berhutang dan berhutang …gaji kami hanya cukup sampai Minggu kedua ….ampuni ya Allah terpaksa kami pindah dinas ke Aceh….semata mata tuk mencari ketenangan dan jalan keluarnya ..sampai hr ini…kami pasrah ya Allah… cara

      • Waalaikumussalaam.
        Bapak Pujiyono, saya ikut prihatin dengan masalah yang bapak alami.
        Saya hanya punya beberapa tips untuk bapak jalankan dengan harapan Allah memudahkan bapak dalam mencari jalan keluar.
        1. Sesuai artikel saya di atas, lebih baik bapak mulai melaksanakan Shalat Hajat secara rutin.
        2. Mengenai istri bapak, lebih baik bapak juga kembali kepada ramuan herbal. Untuk diabetes, rebus kayumanis dan minum. Hindari yang manis-manis, turuti apa kata dokter, serta usahakan istri bapak agar terus bergerak/olahraga setiap hari. Semoga istri bapak disembuhkan Allah.
        3. Bapak harus berusaha dengan lebih baik lagi. Terkadang masalah yang sama terjadi karena apa yang kita lakukan masih sama dengan kemarin-kemarin. Cobalah untuk berubah, bekerja lebih giat lagi, tingkatkan kedisiplinan, profesionalitas, dan pelayanan bapak, berusaha 2x lipat dari yang sebelum-sebelumnya. Semoga usaha bapak dinilai Allah.
        4. Jangan meminjam kepada rentenir. Bapak akan masuk jurang 2x. Mengapa tidak mengajukan penggalangan dana ke organisasi nirlaba/sosial?
        5. Berbuatbaiklah kepada orang lain, sering-sering mendoakan orang lain. Kita tidak ingin ujian datang tiba2 karena ada orang yang secara diam-diam tidak ridha dengan kita.
        6. Mohon agar jalankan semua saran saya di atas dengan harapan insyaAllah bapak bisa menemukan jalan keluar.

        Terima kasih. 🙂

    4. saya bRu 2 malam menjalan’kan solat hajad se’habis solat isya krna sy pgn mempunyai anak krna rmh tangga sy dh mask 3 tahn tp yum hamil jg tp baru 2 malam melaksanakn solt hajad bsk nya sya dapt haid rasa ya sya kecewa & sy nangis knp sy belum di percya py anak
      Ap solat hajad sy masih kurang ya mas

      • Assalamualaikum mbk mia… Sebenarnya sholat hajat itu tidak bisa dihitung smpai seberapa wktunya terus lakukan jngn berhenti trkadang Allah menguji qta dahulu.. dengan ujian itu apakag qta terus berjuang atau berhenti ditengah jalan krna sudah merasa kecewa diawal optimis kak jngn berhenti untuk meminta kpda Allah smoga kakak segera diberi momongan amin ya Rabb🤲🏻

    5. assalamualaikum mas,saya mau tanya apakah boleh sholat hajat di laksanakan sementara sholat fardhu saya gk ful 5 waktu dalam sehari di karenakan saya punya anak kecil umur 3 tahun yang lagi masa bandel-bandel nya,selalu ingin main keluar terus.di samping itu kalo liat saya sholat suka nangis dan gak boleh sholat,mohon pencerahan nya ya mas.terima kasih sebelumnya

      • Ibu Ita, shalat 5 waktu adalah wajib dan tidak boleh ditinggalkan, sedangkan mengurus anak bukanlah hal yang membolehkan seseorang untuk meninggalkan shalat.

        Saya mengerti dengan kerewelan sang anak namun biarkanlah dia rewel dan menangis selagi kita melaksanakan kewajiban. Paling hanya 5 menit durasi tangisannya.

        Lagipula, tidak selamanya anak benar-benar dalam saat kerewelannya, jadi ibu harus cari celah ketika dia sedang ‘anteng’ atau memberikan tayangan favoritnya atau syukur jika dia mau shalat bareng. 🙂

        Saran saya agar Ibu Ita mengganti dahulu seluruh shalat wajib yang ibu tinggalkan selama mengurus anak, perkiraan saja jika memang lupa jumlahnya. Tidak perlu sekaligus pun insyaAllah tidak apa.

        Atau Ibu dapat menyisipkan shalat hajat di sela-sela Ibu membayar hutang shalat Ibu dan berdoa dengan harapan Allah menjadikan si anak menurut dan memberikan ibu kemudahan beribadah sebelum meminta yang lainnya.

        Wallahu A’lam.

        Terima kasih atas komentarnya Ibu Ita. 🙂

        • Mada mas mau bertanya emang shalat Yg kita tinggalkan visa dapat diganti ya mas? Dan adapun bisa bisanya caranya ya?

          • Dari apa yang telah saya pelajari mengenai pelajaran fiqih masalah shalat. Ya, kewajiban yang ditinggalkan masih termasuk hutang yang harus ditunaikan (Qadha’).
            Jadi cukup diniatkan dalam hati kalau kita ingin mengganti shalat yang kita tinggalkan saat takbiratul ihram, tidak perlu pakai “Ushalli…” tidak mengapa.

            Lebih lengkapnya dapat mengunjungi situs berikut.

            Terima kasih Sis Erna. 🙂
            Wallaahu A’lam.

      • Assalamualaikum..
        Mau Tanya apakah sholat hajat harus tidur dulu

        • Waalaikumussalaam bapak Sofyan. Shalat Hajat tidaklah sama dengan shalat Tahajjud. Sehingga setelah shalat isya, bahkan di siang hari pun Bapak dapat melakukannya.
          Terima kasih.
          Wallahu A’lam.

    6. Apa sebelum sholat hajat mas melaksanakan sholat taubat atau tidak?

      • Hai Amelia. Mohon maaf baru balas.

        Saya langsung melaksanakan Shalat Hajat setelah shalat Isya atau shalat sunnah rawatib ba’diyyah Isya tanpa ada shalat sunnah apapun di antaranya.

        Namun jika sis Amelia ada suatu dosa atau khilaf yang menurut sis Amelia perlu untuk ditunaikannya shalat Taubat, lebih baik laksanakan dahulu shalat taubatnya dengan harapan kita meminta sesuatu kepada Allah setelah melaksanakan shalat hajat dalam keadaan yang telah diampuniNya.
        InsyaAllah.

        Terima kasih. 🙂

    7. bolehkah nengerjakan sholat hajat levih dari 1x setiap hari?

      • Ibu Suriati,

        Saya belum pernah menemukan pernyataan atau dalil bahwa shalat hajat hanya boleh dilakukan sehari sekali. Yang saya temukan adalah dalil bahwa Allah Ta’ala senang dengan hamba yang terus meminta kepadaNya.

        Jadi silakan saja shalat hajat kapan pun (selama bukan di waktu yang diharamkan seperti saat matahari terbit/terbenam atau 15 menit sebelum Zhuhur) dan berapa pun rakaat nya.

        Pastikan shalat hajatnya tidak mengganggu atau bahkan mengorbankan shalat sunnah yang lain seperti shalat Tahajjud, Rawatib (Qabliyah/Ba’diyah) dan Dhuha ya. 🙂

        Wallahu A’lam.

        Terima kasih.

        • Bolehkah sholat hajat setelah sholat dhuhur?

          • Boleh. 🙂

            Wallaahu A’lam.
            Terima kasih.

            • Mas Q mau nnya Q dah solat hajat hampir dua bulan berturut2 tpi blom ad keajaiban

            • Hai Soim, semoga ini bisa membantu kamu untuk tetap istiqamah shalat hajat, dengan harapan Allah Ta’ala akan mengabulkan hajatmu lebih cepat:
              1. Iringi dengan perbuatan baik. Misalnya, sedekah setiap hari minimal Rp1000 rupiah, mempermudah urusan orang lain, berakhlak baik dan selalu tersenyum, selalu bertasbih dan istighfar, banyak macamnya.
              2. Iringi dengan usaha atau setidaknya tekad bahwa kamu benar-benar ingin hajatmu tercapai, ingat bahwa Allah Ta’ala adalah Maha Menilai.
              3. Detailkan apa yang kamu ingin. Memang kamu ingin keajaiban apa yang datang dari shalat Hajat? Detailkan.
              4. Teruslah istiqamah, kita tidak tahu Allah akan mengabulkan hajatmu di bulan ke berapa.
              5. Yang terpenting niat utama karena Allah, bukan keajaiban. Karena yang dapat memberikan keajaiban tersebut hanyalah Allah Ta’ala.

              Wallaahu A’lam.
              Terima kasih.

    8. Ass……
      Maaf mas mau nnyk shalat hajat kan paling sedikit itu 2 rakaat, kalau misalnya saya inggin melakukan 6 rakaat, apa harus setrlah 2 rakaat salam terus dilanjut dengan niat lagi dari awal atau langsung baca al-fatiha?? Mohon penjelasnya trimakasih Ass….

      • Waalaikumussalaam.

        Hai ibu Widya, shalat hajat memang dua rakaat, dua rakaat. Artinya, salam setiap dua rakaat. Prinsipnya mungkin sama dengan shalat tarawih yang salam setiap dua rakaat, mau berapa pun total rakaatnya.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    9. assalamualaikum mau bertanya, saya sholat hajat nya cuma 2 rakaat sering nya apa gapapa kan? atau hrs 6 rakaat? semoga saya selalu istiqomah menjalankannya agar cpt mendapat panggilan untuk berlerja part time. terimakasih😊😊

      • Waalaikumussalaam Sis Sherly. 🙂

        Ada hadits yang bunyinya sebagai berikut, mungkin Sis Sherly pernah mendengar atau bahkan sudah tahu:
        ”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang istiqamah/rutin walaupun itu sedikit.”

        Jadi silakan laksanakan shalat hajat 2 rakaat atau semampunya, asalkan setiap hari rutin Sis. 🙂
        Jangan lupa, imbangi pula dengan berusaha mendalami ilmu yang dibutuhkan untuk kerjaan part time tersebut dengan harapan Allah menilai usaha Sis dan membuat keinginan Sis lebih cepat dikabul, juga agar Sis Sherly lebih siap dalam mengemban pekerjaan tersebut.
        Insya Allah.

        Wallaahu A’lam Bishshawaab.
        Terima kasih. 🙂

    10. Assalamu’alaikum mas,
      Jika sholat hajat di lakukan sekitar jam 11 mlm atau jam 1 mlm bole?

      • Waalaikumussalaam Ibu Wina,

        Shalat hajat boleh dilaksanakan kapan pun selama bukan waktu-waktu yang dilarang seperti terbit/terbenam matahari atau 15 menit menjelang Zhuhur. Saya terkadang shalat hajat setelah bangun tidur di malam hari bersama dengan shalat tahajjud (Saya laksanakan shalat tahajjud 4 rakaat, hajat 2 rakaat, witir 1 rakaat).

        Terima kasih. 🙂

    11. Assalamualaikum mas, saya mau tanya, bisakah jika kita berdoa di sholat hajat, kita meminta keinginan yang banyak ?
      Terimakasih

      • Waalaikumussalaam, Ibu Savira, mengapa tidak? Selama itu baik, berdoalah. Allah Ta’ala Maha Mengabulkan segala doa.

        Ibu Savira juga harus tawakkal dan mengimbanginya dengan usaha dengan harapan doa-doa Ibu lebih cepat dikabulkan.

        InsyaAllah.
        Terima kasih. 🙂

    12. Assalamualaikum mas, saya mau tanya, bisakah jika kita berdoa di sholat hajat, kita meminta 2 keinginan pertama sy bisa melunasi yg sedang terlilit hutang dan memisahkan suami dengan selingkuhannya
      Terimakasih

      • Waalaikumussalaam, ibu Wulandari, mengapa tidak bisa? 🙂
        Allah swt Maha Mengabulkan, Ibu.
        Mungkin untuk doa yang kedua cukup dengan doa agar suami Ibu diberikan hidayah oleh Allah swt.

        Semoga istiqomah dengan shalat hajatnya Ibu. Jangan lupa barengi dengan akhlak yang baik dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.
        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

        • Klo mlm lakukan solat tahajud, solat hajat
          Tdk pake solat witir gppkn y. Witir tdk dhruskn
          Atau biar afdol atau gmna y surat witir itu ?

          • Hai Kiya, tidak mengapa shalat Hajat tidak memakai Witir, karena shalat Witir adalah shalat sunnah yang juga memiliki keutamaan tersendiri.

            Memang lebih diutamakan menutup shalat sunnah apa pun setiap harinya dengan minimal satu rakaat shalat witir meski kamu tidka melaksanakan shalat hajat sekali pun. 🙂

            Wallaahu A’lam.
            Terima kasih.

    13. Mas saya mau tanya, apa bisa dngn sholat hajat kita menginginkan supaya laki laki yg kita mau bisa suka ke kita balik, dan mendekat kan kepada jodoh kita.
      Terimakasih

      • Ibu Kanata,
        Tidak ada larangan dalam berdoa selama itu baik, karena Tuhan Ibu, Allah Ta’ala adalah Maha Mengabulkan.

        Namun Ibu perlu ingat bahwa Jodoh sudah diatur, insyaAllah jika bukan laki-laki tersebut yang kelak jadi pasangan, laki-laki lain yang jauh lebih tampan, kayaraya, perhatian, dan agamis bisa Allah pertemukan. 🙂

        Dengan catatan, Ibu Katana harus memantaskan diri dengan akhlak dan cara Ibu berkehidupan dan bersosialisasi yang baik. Karena setiap laki-laki yang baik tentu menyukai perempuan yang baik.

        Wallahu A’lam.

        Terima kasih. 🙂

    14. Ass.kak,bolehkah saya sholat isya jam 1 sdh itu lngsung sholat hajat apakah itu boleh ???.krna pada waktu itu sy ketiduran jd lupa sholat isya .

      • Waalaikumussalaam.

        Ibu Erna, tentu saja dibolehkan mengingat waktu Isya sangatlah panjang hingga Shubuh.

        Jangan lupa juga sisipkan shalat Tahajjud dan akhiri dengan shalat Witir untuk menjadi nilai plus ya…

        Terima kasih. 🙂
        Wallaahu A’lam.

    15. Assalamu’alaikum… Mas saya lagi punya hajat… Saya udah solat tahajjud+hajat+witir ditambah lagi meng qodho puasa, insyaalloh 5 hari berturut-turut, niat saya dr hari pertama sampai akhir solat sunat itu, tp tidak meninggalkan sholat 5 waktu, tetapi apa daya saya ketiduran ga sempat sahur hanya minum air putih saja menjelang subuh selama 3 hari berturut-turut (ibu rt punya anak kembar)
      Kalau misalnya solat sunat nya ga berturut-turut dikabulkan ga yah?
      Solat sunatnya+sahurnya di hari pertama dan ke 4 jd sempat solat sunat juga
      Hmmmm
      Wallohuallam…. Saya masih ikhtiar mas, niat saya ingin membetulkan rumah orang tua saya yg bocor biaya sekitar 15-20 jt tp posisi saya lagi ngontrak, hitung2 ga mungkin kalau misalnya pinjam ke Bank.. Pdhl pihak bank sudah menawarkan , karna sempat pinjam… Tp kebutuhan makin banyak hehee..
      Mudah2 han dikabulkan oleh Allah SWT. Minta sarannya Mas, Terima Kasih

      • Waalaikumussalaam ibu Rizki.

        Yang namanya halangan mungkin kadangkala datang terkhusus bagi kaum hawa seperti haid, hamil, hingga menyusui.
        Perlu ibu ketahui, insyaAllah Allah Ta’ala melihat dari seberapa kuat tekad ibu untuk berusaha.
        Bahkan guru saya pernah berkata, jika kita memang rajin mengerjakan sebuah shalat sunah namun suatu hari kita terpaksa tidak shalat karena suatu halangan yang tidak kita ingin, insyaAllah akan tetap dihitung sebagai shalat sunah meski tidak dikerjakan.

        Yang penting ibu tetap istiqamah dan jangan sampai dikalahkan oleh agama karena agama ini pada dasarnya mudah meski tidak boleh digampangkan.

        Saya hanya bantu doa semoga masalah ibu Rizki secepatnya bisa teratasi, jika memungkinkan hindari meminjam dari bank karena bunga bank selain berdosa, lama-kelamaan akan mencekik ibu Rizki jika tidak sanggup membayar. InsyaAllah yang halal selalu memiliki jalan.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

    16. Assalamualaikum
      Boleh kah sholat hajat niat nya ingin memanggil orang yang kita sayang datang?

    17. Mas mau nanya? Bolehkah sholat hajat setelh tidur ya mislkan bngun jam 3 ?

      • Bapak Iwan, lebih boleh lagi jika digabung dengan shalat Tahajjud dan ditutup shalat witir.

        🙂

        Wallahu A’lam.
        Terima kasih.

        • Kak mau tanya bagaimana tata caranya yang benar mengabungkan dalam melakukan shalat tahajud ,hajat, dan witir ?

          • Hai Novi, sebenarnya istilah menggabungkan di sini bukanlah dengan menyatukan shalat jadi satu. Shalatnya tetap dikerjakan satu per satu.

            Namun Novi cukup shalat tahajjud dahulu 2 atau 4 atau bahkan hingga 12 rakaat sesuai dengan kemauan Novi, wirid setelah shalat tahajjud, kemudian bangkit lagi untuk shalat hajat hingga selesai dengan doanya, kemudian bangkit lagi untuk shalat witir.

            Terima kasih.
            Wallaahu A’lam.

    18. Ass mualaikum mas ,mas saya sudah hampir setahun ni melaksanakan solat haja thajud dan solat duha ,ya memang yang 5 waktu masih ada tertinggal kadang,tetapi mas sdh 1 thn lamanya saya selalu berdoa untuk suami saya bisa diluluhkan hatinya ,tap teryata dia malah punya wanita lain dan langsung meninggalkan saya,😩apakah saya belum husu atou itu bukan yg terbsik untuk saya mas ,

      • Waalaikumussalaam Ibu Fitricia.

        Lebih baik ibu selesaikan dahulu hutang yang 5 waktu itu, karena memang hukumnya benar-benar wajib. 🙂
        Mengenai suami ibu, lebih baik agar terus berdoa agar suami ibu diberikan hidayah oleh Allah. Jika memang hati suami ibu sudah keras, insyaAllah selalu ada jalan untuk membuatnya kembali kepada ibu meskipun harus lewat jalan yang cukup keras.

        Yang penting, ibu terus perbaiki diri dengan harapan meraih simpati dari sang suami atau warga sekitar, yang insyaAllah bisa membuat suami ibu kembali sadar.

        Wallaahu A’lam. 🙂
        Terima kasih.

    19. Om Mau Tanya … Apakah Setelah Shalat Isya Apakah Boleh Melakukan Shalat Hajat Setehal Selesai Shalat Isya ??? Dan Mustajab Kah ? Dan Hajat Apa Yang Kita Ingin Kan Langsung Di Kabulkan Allah ? Mohon Tanggapannya Om Langsung … Terimakasih

      • Hai Aldi,

        Apa yang telah saya tulis di atas memang saya lakukan setelah shalat Isya.
        Mengenai mustajab atau tidak sebuah doa sebaiknya jangan diburu-buru karena mungkin Allah Ta’ala tidak akan suka.

        “Doa seorang hamba akan senantiasa dikabulkan, selama dia berdo’a bukan untuk keburukan atau memutus tali silaturahim dan selama dia tidak tergesa-gesa dalam berdo’a. Kemudian seseorang bertanya, ‘Ya Rasulallah, apa yang dimaksud tergesa-gesa dalam berdo’a ?’. Kemudian Rasulullah menjawab, yaitu seseorang yang berkata, ‘Sungguh aku telah berdo’a dan berdo’a, namun tak juga aku melihat do’aku dikabulkan’, lalu dia merasa jenuh dan meninggalkan do’a tersebut”. (HR Muslim)

        Jika memang doamu ingin cepat dikabul, pastikan agar barengi dengan akhlak dan perkataan yang baik dan bermanfaat, serta berusahalah sesuai dengan apa yang kamu cita-citakan tersebut semampumu saja. InsyaAllah doamu akan dikabulkan pada waktu yang tepat.

        Terima kasih. 🙂

    20. Asalamualaikum…
      Ustad saya mau bertanyak, saya punya usaha ps, jadii bisa di katakan udah mulaii bangkrut, jdii saya dan suamii ingin mnjual smuanya, agr dana tsb bisa mlunasi htang2 dan suami saya juga tidak lalai lagii dngan ps nyaa…

      Peetanyaan saya, boleh kah saya salat hajat semoga brng yg kmii jual itu laku dngn cpat, dan suami saya tidak lalai lagii???…

      Atau adaa cara lain ustad???

      • Waalaikumussalaam.

        Ibu Lizaa, mohon maaf saya baru balas. Sebelumnya, mohon agar tidak menyebut saya ustadz karena memang saya bukanlah ustadz.

        Dan perlu Ibu Lizaa ketahui, bahwa tidak ada batasan hamba Allah dalam berdoa kepadaNya. Sebanyak apa pun, sesuka hatinya selama itu positif.
        Silakan jika Ibu berdoa ingin barang Ibu cepat terjual dan memohon hidayah bagi suami, juga meminta memberkahkan rezeki keluarga Ibu dan lain-lainnya. Tidak ada batasan selama itu positif.

        Ibu juga sebaiknya imbangi dengan akhlak yang baik dan sedekah yang cukup dengan harapan Allah Ta’ala meridlai usaha Ibu serta mengabulkan doa Ibu lebih cepat, selama Ibu tidak putus berdoa kepadaNya.

        Wallahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

    21. mufidah isnayni

      Assalamualaikum wr.wb
      Kak aku lg punya hajat UNBK. Dalam salat hajat niat hajat yg ingin dicapai itu dilakukan pas sujud terakhir sebelum salam apa sesudah salam sujud lgi terus memohon agar diberi kemudahan dlm UNBK? Soalnya ada yg mengatakan kalo pada sujud yang terakhir, disertakan dengan niat hajat yang hendak dicapai.
      Terimakasih 🙏

      • Waalaikumussalaam sis Mufidah.

        Sebuah hadits berbunyi, “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Keadaan paling dekat seorang hamba dari rabbnya adalah ketika dia dalam keadaan sujud, maka perbanyak doa (di dalamnya).” HR. Muslim.

        Namun hal ini bukan berarti sis harus memperpanjang sujud sis. Karena Syaikh ‘Abdullah Al-Jibrin rahimahullah berkata, “Aku tidak mengetahui adanya dalil yang menyebutkan untuk memperlama sujud terakhir dalam shalat. Yang disebutkan dalam berbagai hadits, rukun shalat atau keadaan lainnya itu hampir sama lamanya.”

        Cukuplah sis berdoa ketika selesai shalat sepuas yang sis inginkan selama itu menjadi hajat baik sis.

        Wallahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

    22. Assalamu’alaikum wr.wb.?saya mau tanya,apa bisa shalat hajat di lakukan stelah shalat isya,kmudian di spertiga malam melakukan shalat tahajud,dan stelah slesai shalat tahajud di lanjutkan lagi dengan shalat hajat,terima kasih

      • Waalaikumussalaam ibu Arsy, sejauh ini tidak ada larangan melakukan shalat Hajat lebih dari sekali dalam sehari.

        Penegasan shalat malam yang hanya sekali hanya berlaku untuk shalat witir sebagai mana hadits berikut,
        “Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tidak ada dua witir dalam semalam.’” (Al-Hadits)

        Jadi dipersilakan jika Ibu Arsy ingin shalat hajat berapa kali pun semalam suntuk meskipun dijeda oleh kegiatan lain termasuk tidur.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

    23. Assalamualaikum kak

      Apakah sholat hajat bisa menyembuhkan penyakit?
      Dan untuk mengerjakannya lebih baik sholat tahajud terlebih dahulu atau sholat hajat dahulu?

      • Waalaikumussalaam Sis Lyla.

        Kita bisa meminta apa pun setelah Shalat Hajat selama itu positif, termasuk meminta disembuhkan dari penyakit.
        Ingat, Allah Ta’ala, Maha Menyembuhkan dan hanya Dia yang dapat menyembuhkan penyakit. Namun tetap, Allah Ta’ala juga menilai usaha hambaNya dalam berjuang untuk menyembuhkan penyakit tersebut dalam ini mengunjungi dokter apabila mampu serta meminum obat yang sesuai.

        Saya tidak tahu jika ada urutan khusus dalam shalat sunnah, tetapi saya biasanya melaksanakan shalat Hajat setelah Tahajjud jika bangun malam.

        Wallaahu A’lam Bishshawaab.
        Terima kasih. 🙂

    24. اسلام عليكم 🙏
      Saya mau nanya,sebelumnya saya pernah dengar bahwa utk melakukan sholat hajat (khusus pekunas hutang) dilakukan minimal 41hari berturut-turut,namun kita sebagai wanita sudah pasti tidak bisa melakukannya karena tamu bulanan dan siklus hari dari tamu bulanan saat ini ke tamu bulanan berikutnya bahkan terkadang kurang dari 30hari,lalu bagaimana jika sholat hajatnya dilakukan tidak sampai 41hari berturut-turut? Terima kasih untuk penjelasannya.
      وسلام عليكم 🙏

      • Waalaikumussalaam Ibu Yayuk.

        Sejauh ini saya tidak menemukan dalil yang menegaskan bahwa shalat Hajat itu harus fix sekian hari agar mustajab dan seterusnya, dan seterusnya.

        Lebih baik jika Ibu Yayuk memiliki hajat yang penting seperti pelunasan hutang yang menumpuk, Ibu istiqamahkan saja tanpa perlu khawatir harus sekian hari berturut-turut. Kita tidak tahu Allah Ta’ala akan mengabulkan hajat kita di hari yang keberapa.

        Di samping itu, Ibu juga coba mulai istiqamahkan untuk bersedekah setiap harinya minimal seribu rupiah saja. Ini opsional, boleh Ibu jalani atau tidak pun tidak apa, karena siapa tahu Allah akan mempercepat pengabulan doa kita jika kita iringi dengan perbuatan baik.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    25. Afifah Nurul Mufida

      Mau nanya kalo sholat hajat itu apakah harus tidur dulu terus tengah malam bangun ataukah tidur dulu terus bangun

      • Ibu Afifah, shalat hajat itu dapat dilakukan kapan saja selain waktu-waktu yang diharamkan untuk shalat (terbit/terbenam matahari, dan 15 menit sebelum Zhuhur).
        Shalat hajat tidak sama dengan shalat Tahajjud yang sebagian besar ulama menganjurkan untuk tidur terlebih dahulu.
        Artikel saya di atas, dengan sangat jelas saya sebutkan bahwa saya shalat Hajat tepat setelah saya shalat Isya, bahkan pernah saya kerjakan setelah shalat Jum’at.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    26. Assalamualaikum..
      Saya baru melaksanakan sholat hajat 1kali baru malam ini tapi setelah membaca cerita mas nya saya semakin yakin akan keajaiban sholat hajat..
      Hajat saya supaya suami saya cepat dapat kerja karnsa sudah hampir 3bulan nganggur karena habis kontrak saya pun juga sedang hamil 7bulan rasanya sedih tidak ada penghasilan.. semoga hajat saya cepat terkabul, apa tidak apa apa meminta hajat supaya suami cepat dapat pekerjaan?

      • Waalaikumussalaam wr, wb.

        Ibu Tria, hajat itu sendiri bermakna keperluan, apa pun selama itu positif termasuk ingin kuliah di universitas tertentu atau hanya ingin memiliki sepeda pun tidak masalah.
        Yang penting terus imbangi dengan keyakinan dan perbuatan baik, serta istiqamah. InsyaAllah doa ibu akan lebih cepat dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    27. Dian Yen lestary

      Mas saya mau tanya apa boleh saya sholat hajat niat supaya nilai UN anak saya bagus

      • Ibu Dian, tidak ada larangan meminta apa pun kepada Allah selama itu bukanlah hal yang dilarang dan merusak silaturahmi.

        Jadi dipersilakan jika ibu Dian ingin meminta anak ibu dapat nilai bagus dan dapat sekolah atau kuliah yang ibu suka.

        Jika memang itu yang terbaik bagi Ibu dan anak ibu, insyaAllah Allah kabulkan.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    28. Fauzan Muhammad

      Assalamu’alaikum..
      Saya mau melakukan shalat hajat dengan niatan ingin membalikkan hati seorang akhwat, dan berdoa supaya berjodoh dengan akhwat tersebut, apakah tidak apa apa?
      Apakah setelah shalat hajat doa apa saja yang dibaca? Lalu saat memanjatkan doa apakah tidak apa apa pakai bahasa indonesia?
      Saya membaca surah As syura : 19 yang isinya tentang Allah maha membolak balikkan hati.
      Mohon penjelasannya..
      Terima Kasih..

      • Waalaikumussalaam kak Fauzan,

        Diperbolehkan jika berdoa demikian, karena Allah Ta’ala adalah Maha Pembolak-balik hati. Namun perlu diingat, bahwa jodoh pun sudah digariskan. Jadi teruslah berdoa namun jangan sampai memaksakan kehendak Allah Ta’ala dengan kemauan kita karena Dia Maha Tahu yang terbaik. 🙂

        Di samping itu, cobalah agar terus memantaskan diri dengan lebih berbuat baik setiap harinya, dengan harapan Allah rida dengan hubungan dengan akhwat yang kak Fauzan inginkan.

        Saya tidak pernah tahu jika diharuskan ada amalan atau bacaan khusus sebagai wirid shalat Hajat, cukup amalkan baca-bacaan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad saw dengan harapan mendapatkan pahala lebih dan mempercepat hajat kita dikabulkan Allah Ta’ala. Lagi pula Allah Maha Mengerti apa yang kita inginkan, berdoalah dengan bahasa Indonesia jika kak Fauzan tidak mengerti dengan bahasa Arab.

        Wallahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

    29. Solat hajat sebelum atau sesudah solat Jumat

      • Hai Nope,
        Boleh dikerjakan sebelum atau sesudah. Yang tidak boleh adalah di tiga waktu yang diharamkan seperti saat terbit atau terbenam matahari, atau bahkan ketika matahari tepat di atas kepala sekitar 15 menit sebelum waktu Zhuhur.

        Pastikan shalat hajatnya tidak mengganggu shalat sunnah lainnya seperti Dhuha atau Ba’diyyah Jumat ya… 🙂

        Terima kasih.

    30. Sembrono Sembrono

      Assalamu’apaikum, menurut Kakak lebih baik 12 raka’at setiap hari atau 2 raka’at setiap hari? Dan boleh tidak, jadi ‘kan setelah shalat zuhur saya shalat hajat 12 raka’at, terus nanti malam shalat tahajjud, dan shalat hajat lagi + witir boleh tidak Kak?
      Terimakasih.

      • Waalaikumussalaam.

        Tentunya semakin banyak rakaat semakin baik. Namun cobalah untuk istiqamah, meskipun hanya mampu dua rakaat pada waktu itu.

        Shalat hajat dapat dilaksanakan berulang tanpa ada batasan waktu di luar waktu-waktu yang diharamkan seperti saat terbit atau terbenam matahari, atau bahkan ketika matahari tepat di atas kepala sekitar 15 menit sebelum waktu Zhuhur.

        Jadi silakan jika kakak ingin shalat hajat hingga 10 kali di waktu-waktu yang berbeda selama tidak mengganggu shalat sunnah muakkad lainnya.

        Wallaahu A’lam.

        Terima kasih. 🙂

    31. Mas kalau sholat hajat dilaksanakan setelah sholat subuh apakah bisa?

      • Abang Randy, sebaiknya tidak dilakukan shalat setelah Shubuh atau Ashar dikarenakan itu bukan waktu-waktu yang dianjurkan untuk shalat.
        Dikhawatirkan, waktu tersebut bersinggungan dengan waktu yang diharamkannya shalat sunnah yaitu terbit atau terbenam matahari.

        Wallahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

    32. Apakah sholat Hajat di Wajibkan Tidur Dulu Layaknya Sholat Tahajjud …?? ,, Mohon di Jwab Mind..

      Makasih…🙂

      • Hai Jagat, terima kasih atas komentarnya.

        Shalat Hajat adalah shalat yang bebas dilakukan kapan saja, baik di pagi hari, siang hari, sebelum tidur, atau pun sesudah. Kecuali di waktu-waktu yang diharamkan shalat sunnah seperti terbit/terbenam matahari dan 15 menit sebelum zhuhur. 🙂

    33. Sy banyak hutang puasa..bgt jg shalat 5 waktu walpn tdk banyak..mungkin hajat sy terkabul seblm hutang2 sy itu lunas?atau bisa kah sementara sy ganti dg shalat taubat duilu?

      • Ibu Yeyona, sudah ibu sebutkan bahwa puasa dan shalat wajib itu adalah hutang yang pastinya harus dibayar.

        Lebih baik ibu cicil hutang wajib Ibu karena saya khawatir meskipun sudah dibarengi dengan shalat Taubat, Allah Ta’ala belum rida dengan ibu karena hutang tersebut.

        Seperti halnya kita berhutang dengan teman kita, tidak mungkin kita bayar hanya dengan maaf saja. Apalagi ini urusannya langsung dengan Tuhan.

        Ibu jangan khawatir, cicil saja dahulu hutang-hutang ibadah wajib ibu yang ibu dapat perkirakan, tidak berturut-turut pun insyaAllah tidak mengapa. Di tengah itu bisa sisipkan shalat Taubat agar Ibu tidak mengulangi dosa meninggalkan ibadah wajib Ibu.

        Ibu juga bisa melaksanakan shalat Hajat sekarang juga dengan meminta kebaikan apa pun, misalnya ingin punya kendaraan, atau ingin anak ibu diterima kuliah di universitas favorit ibu walaupun ibu sedang di tengah-tengah melunasi hutang ibadah ibu. InsyaAllah Allah akan tetap mengabulkan doa ibu meski Ibu belum selesai melunasi hutang ibu.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

      • Mohon penjelasan, bagaimana cara bayar hutang puasa dan sholat 5 waktu yg pernah kita tinggalkan? Mengingat sehari2 kita pun sedang melaksanakan sholat 5waktu juga
        Maaf sblmnya…
        Terima kasih penjelasannya

        • Hai kakak Natalee, kita boleh mengira-ngira berapa kali kita meninggalkan shalat tersebut.
          Misalnya, kita pernah meninggalkan shalat subuh 3 kali, maka kita bisa menggantinya ketika kita ada waktu senggang, atau boleh langsung setelah shalat Subuh usai sebelum terbit matahari.
          Niatnya cukup dihati, bahwa kita ingin mengganti shalat yang kita tinggalkan.

          Wallaahu A’lam.
          Terima kasih. 🙂

    34. Assalamualaikum
      Saya mau tanya apakah sholat hajat itu boleh di lakukan sehabis sholat subuh..

      • Waalaikumussalaam.

        Ibu Aini, saya tidak menganjurkan ibu untuk melaksanakan shalat hajat atau shalat sunnah apapun setelah subuh atau ashar karena dikhawatirkan berhimpitan dengan waktu terlarangnya shalat seperti terbit/terbenam matahari.

        “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari dua shalat; melarang dari shalat setelah shalat Shubuh hingga terbit matahari dan setelah Ashar hingga terbenam matahari” (HR. Al-Bukhari)

        Mungkin dapat ibu lakukan setelah terbit matahari berbarengan dengan shalat Dhuha. Jadi setelah shalat Dhuha dipersilakan ibu melaksanakan Shalat hajat.

        Wallahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

      • Assalamualaikum…
        Maaf kalau sy boleh bertanya, intinya sholat hajat itu TIDAK BOLEH sehabis sholat subuh, dan ashar
        BOLEH sehabis dhuhur, maghrib, isya apabila ingun dikerjakam setelah sholat 5 waktu

        • Waalaikumussalaam.
          Ibu Natalee, jika mengacu kepada Hadits pada balasan komentar sebelumnya, maka pernyataan ibu benar. Kita tidak dianjurkan untuk shalat hajat di selepas shalat shubuh dan shalat ashar.

          Wallahu A’lam.

    35. Riska Maulani putri

      Assalamualaikum ka,klo sholat hajat tidak tidur dlu boleh gk ?

      • Waalaikumussalaam sis Riska.

        Jangan khawatir, shalat hajat tidak sama dengan shalat Tahajjud yang sebagian besar ulama berpendapat bahwa harus tidur dahulu.

        Artikel saya di atas telah jelas saya menulis bahwa shalat hajat saya lakukan tepat setelah shalat Isya, atau shalat badiyyah Isya, bahkan masih sekitar pukul 8 malam. 🙂

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    36. Evi riyadhotus s

      Assalamulaikum kak
      mohon maaf mau bertanya ketika kakak mengerjakan sholt hajat apakah ditututp dengan sholt witir atau hanya sholt isya trus sholat hajat

    37. Lelaki tersakiti

      Assalamualaikum
      Saya mau bertanya saya sudah meakukan sholat hajat disertai wirid/amalan mahabbah untuk meminta agar istri saya kembali pulang tetapi apakah ada efek dari sholat hajat seperti badan terasa panas dan berat terima kasih karena itu pengalaman saya tetapi memang belun ada hasil dan saya ttap ikhtiar sampe sekarang…

      • Waalaikumussalaam.

        Bapak, mohon maaf baru saya balas.

        Saya tidak pernah tahu jika ada sesuatu yang disebut dengan wirid mahabbah atau apa itu. Mahabbah memiliki arti yang berhubungan dengan cinta (asal kata hubbun). Namun saya belum pernah mendengar ada amalan khusus tertentu seperti mahabbah ini yang diajarkan Rasulullah.
        Saya hanya khawatir itu bid’ah.

        Yang perlu Bapak ketahui, shalat Hajat tidak memiliki ‘efek samping’ yang negatif seperti badan panas atau berat. Jika bapak ingin istri bapak kembali, cukup berdoa biasa dengan bahasa Indonesia jika bapak tidak mengerti bahasa Arab.

        Yang terpenting, pastikan amalan yang bapak lakukan benar-benar diajarkan oleh Rasulullah saw. Karena jika tidak, dikhawatirkan hajat bapak sulit dikabulkan Allah sebab Dia tidak suka atau bahkan justru disukai oleh (maaf) setan yang memang terkutuk.

        Intinya, jangan meyakini bahwa Tuhan adalah ‘robot’ yang hanya dapat mengabulkan sesuatu lewat amalan tertentu. Sebaliknya, Dia Maha Mengetahui apa yang diinginkan makhlukNya, dari dalam dadanya. Perbanyaklah dzikir dan sedekah sebagai ‘pembantu’ shalat hajat bapak, dengan harapan Allah ta’ala menyukai apa yang kita lakukan dan mengabulkan hajat bapak lebih cepat.

        Terima kasih. 🙂
        Wallaahu A’lam.

    38. Kak sy tdk pandai dlm berkata2 bgaimana cara kita berucap/memohon kpd Tuhan supya org yg kita suka memyukai kita?

      • Sis Ayu, apa yang membuat sis khawatir masalah berkata-kata dalam berdoa?
        Cukuplah sis berucap, “Ya Allah, jadikanlah dia layak untuk hamba.”
        Selebihnya sis perlu tawakkal dan berbenah, karena jangan-jangan sis yang belum layak untuk dia. Bagaimana cara untuk menjadi layak? Tingkatkan terus perbuatan baik sis kepada orang lain, mulai peduli kepada orang lain, mulai disiplin, dan mulai ditingkatkan ibadah-ibadah sunnah lainnya. Jika sis adalah seorang karyawan, jadilah lebih baik dan lebih profesional, tepat waktu, dan lebih ramah. Itu insyaAllah bisa membuat sis lebih layak.

        Yang terpenting, jangan lupa untuk memulai doa dengan basmalah dan shalawat kepada Nabi (Allaahumma shalli ‘Ala Muhammad wa ala aali Muhammad). Kita puji dulu Allah baru meminta.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

    39. Kak sy mualaf dan sy baru blajar sholat dzkir dsb hanya dgn menghafal. Wluoun sy blm mngerti artinya. Dan cow yg deket dgn sy pun non muslim..Apa Tuhan mau mendegrkan/mengabulkan doa saya? Wluoun sy blm mgerti ap2.Tp slama ini sy berusaha trs utk sholat tahajud ataupun sholat yg lainnya.sy trs brdoa agak cow trsbut bs care dan syg kpd kita

      • Hai Nanda,

        Sebelumnya alhamdulillah saya ucapkan selamat karena muallafnya Nanda. Selamat bergabung di indahnya agama Islam.
        Perlu diketahui, Rasulullah saw. pernah bersabda,
        “Sesungguhnya Rabb-mu (Allah) Maha Pemalu. Maha Dermawan. Maha Mulia, Dia malu terhadap hamba-Nya (yang berdoa dengan) mengangkat kedua tangannya kepada-Nya kemudian Dia menolaknya dengan hampa.” (HR Abu Daud dan Tirmidzi)

        Jadi jangan khawatir mengenai masalah pengabulan doa. Yang pasti Nanda harus terus berdoa karena kita tidak tahu kapan saat terbaik bagi Allah dalam urusan pengabulan doa.
        Cukup doakan agar calon pasangan mendapatkan hidayah, itu pun sudah lebih dari cukup.

        Jangan lupa agar Nanda terus banyak belajar Agama Islam, insyaAllah Nanda lebih paham bagaimana menyikapi kehidupan terutama permasalahan-permasalahan hidup Nanda, dengan cara yang sebaik-baiknya.

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    40. Kak,sholat hajat bacaan suratnya apa ato boleh yg kita hafal aja?utk melunasi hutang & lancar rejeki lebih mustajab sholat hajat ato tahajud?makasii..

      • Hai Vivi, saya hanya baca surat Al-Kaafirun di rakaat pertama dan Al-Ikhlas di rakaat kedua.
        Jika sis Vivi mau, sis bisa baca surat lainnya yang sis hafal. Hitung-hitung menjaga hafalan surat sis agar tidak lupa.

        Shalat Hajat memang ‘didesain’ oleh Allah khusus bagi hambanya yang memiliki kebutuhan, namun jika memang sis ingin gabung dengan shalat tahajjud atau shalat dhuha, insyaAllah tidak masalah selama sis tidak menyepelekan shalat satu dengan yang lain.

        Jangan lupa untuk berbuat baik kepada sesama dan menjadi lebih bermanfaat, minimal rajin sedekah. Jika Allah sudah menyukai perbuatan baik sis, insyaAllah, Allah Ta’ala akan mengabulkan doa sis di saat-saat yang paling baik.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    41. Kak,saya mau nanya..boleh tidak sewaktu sholat hajat saya berdoa agar kembali lagi dengan mantan suami saya,saya rindu sekali dengan kebahagian kami bisa bersama lagi dengan anak saya yg baru berumur 1 tahun,kebetulan saya pisah dengan mantan suami saya tepat anak saya baru berumur 17 hari,saya ingin anak saya merasakan kasih sayang yang lengkap dari k2 orang tuanya…
      Dan apakah boleh saya melakukan sholat hajat siang dan malam ?

      • Hai Aini, boleh dijelaskan lebih lanjut bagaimana keadaan mantan suami sis saat ini?
        Jika memang mantan suami sudah menjadi milik orang lain, tentu saja tidak boleh. Namun jika belum, insyaAllah tidak masalah jika berdoa akan keinginan tersebut.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    42. Mas sy mau tanya bolehkah mlksanakan sholat hajat tanpa melaksanakan sunah rawatib

      • Hai kak Fauziah, jika maksud kakak adalah shalat sunnah badiyah Isya karena kakak ingin langsung shalat hajat setelah shalat Isya, itu dibolehkan dan tidak masalah.

        Namun cukup disayangkan karena kakak mungkin kehilangan pahala shalat sunnah tersebut yang bisa jadi, akan membantu mempercepat dikabulnya hajat kakak oleh Allah, karena Allah pun menilai setiap usaha hambaNya. 🙂

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

        • Assalamualaikum
          Mas saya mau tanya tentang shalat hajat
          Saya ingin melaksanakan shalat hajat di sepertiga
          Malam:
          Saya ingin menggabungkan dengan shalat Tahajud dan witir
          Boleh kah. Tolong urutan shalat nya , dari awal samapai witir . atau lebih baik seperti apa yg hrs saya melaksanakan nya.
          Wa’alaikum salam
          Rudi

          • Waalaikumussalaam Bapak Rudianto.

            Saya tidak tahu jika memang ada urutan khusus dalam melaksanakan shalat sunnah tersebut, karena memang dalilnya saya belum pernah dengar.
            Saya pribadi jika ingin menggabungkan ketiga shalat sunnah tersebut di akhir malam, maka saya mulai dengan tahajjud, kemudian hajat, lalu ditutup dengan witir.

            Wallaahu A’lam.
            Terima kasih.

            • Baik pak terimakasih. Atas jawaban nya, sebaik nya berapa rakaat shalat tahajud dan berapa rakaat shalat hajat
              Terimakasih

          • Bapak Rudianto, rakaat shalat Tahajjud dan Hajat boleh berapapun yang bapak suka. Entah bapak ingin masing-masing 2, 4, 6, 8, hingga 12 rakaat baik Tahajjud maupun Hajat. Lebih banyak lebih baik, saya biasanya 6 rakaat.

            Witir pun demikian, bisa mulai dari hanya 1 rakaat hingga 11.
            Yang penting, tatacaranya adalah 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.

            Terima kasih.

            • Baik Pak terimakasih , Mudah2qn Allah Mangabulkan Hajat Saya Aamin Aamin Aamin Allah Humma Aamin Wassalam

            • Assalamualaikum Pak, Hajad saya belum di kaburkan,
              Rezqi saya. 1 Thn kerja di Japan, Soal nya Saya niat shalat Hajad supaya Tes Saya Lulus, dan kalau lulus 3thn kerja nya, soal nya waktu tes soal nya ga mengerti bahasa nya bahasa japan. Tapi sampai saat ni saya masih melaksanakan dhalat Hajad Pak, Mohon pencerahan nya Pak
              Wa,alaikum salam

          • Waalaikumussalaam Bapak Rudianto.

            Mungkin Bapak bisa buat komentar baru tanpa harus membalas kembali komentar yang sudah ada karena batas maksimum untuk membalas komentar ini hanyalah 5 kali.

            Mengenai komentar Bapak yang paling bawah, mungkin agar diteruskan shalat hajatnya hingga benar-benar Bapak mendapatkan apa yang Bapak inginkan, dan kalaupun tidak, mendapatkan yang setara dengan itu.

            Jangan lupa dibarengi dengan belajar Bahasa Jepang, meskipun tidak perlu harus menguasainya. Atau dapat cari alternatif lain yang intinya Bapak harus terus bergerak. Karena Allah Ta’ala juga menilai usaha hambaNya. InsyaAllah hajat Bapak dikabulkan dengan jalan yang mungkin Bapak sendiri tidak menyangka.

            Terima kasih.
            Wallaahu A’lam.

    43. Kak,mau tanya kalau shalat hajat setelah shalat Dhuha apakah bisa?

    44. Ka maaf mau nanya klo mau nglaksanain shalat tahajud .hajat tpi tdr terlebh dahulu . Apakah pas bangun di wajibkan harus mandi terlbh dahulu atau boleh langsung berwudhu dan mlksankan nya.

      • Hai Endang, apa yang membuat kamu perlu mandi terlebih dahulu?
        Yang membuat mandi menjadi wajib adalah ketika kamu keluar air mani/berhubungan suami istri. Di luar itu tidak pernah ada kewajiban untuk mandi setelah tidur.

        Langsung saja berwudlu dan tunaikanlah shalat. 🙂

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    45. Assalamualaikum
      Kak apa Benar klaw sholat hajat untuk bacaan surahnya itu Harus 3 kali. Misalnya pda rakaat pertama kita baca surat al-kafirun 3kali bgtu juga pda rakaat kedua Kta baca surat al-ikhlas 3kali? Mohon pencerahannya.

      • Waalaikumussalaam.

        Saya belum pernah dengar dalilnya mengenai tata cara yang mewajibkan pembacaan surat shalat hajat sampai 3 kali. Saya hanya membaca sekali saja dan itu pun sebenarnya suratnya bebas, tidak terpatok kepada surat Al-Kaafirun dan Al-Ikhlash ‘tok’. 🙂

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    46. kak mau tanya, saya punya masalah dan saya punya hajat, apakah kalau hajat kita diketahui oleh seseorang jd tidak terkabulkan? saya cerita pada teman saya tentang masalah dan keinginan saya, kata org kalau ada yg tahu keinginan kita maka hajat itu ga terkabul gitu apakah benar?

      • Hai Nisaleya, mohon maaf saya baru balas.

        Yang saya pernah dengar adalah, konon katanya jika memang kita punya hajat, tidak perlu diberitahu orang lain karena kemungkinannya hajat tersebut tidak akan terwujud. Masya Allah, saya tidak tahu darimana asumsi tersebut berasal. Saya sejauh ini tidak menemukan dalilnya.

        Yang justru saya tahu adalah, dosen kakak ipar saya pernah bercita-cita menjadi orang hebat dan dia beritakan hajatnya itu kepada orang-orang. Dan hari ini, dosen tersebut benar-benar sudah menjadi orang hebat betulan. 🙂

        Jadi tidak apa kita mengutarakan keinginan kita kepada orang lain selama kita tidak takabbur, atau angkuh, atau bangga. Karena dulu sahabat Rasul pun banyak yang mengutarakan cita-citanya.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    47. Ka mau nanya apakah doa Kita akan terkabul kalau Kita melaksanakan sholat hajar setiap Hari setelah sholat fadhu?

      • Hai Rini, masalah akan terkabul atau tidak itu urusan Allah. Kamu cukup istiqomah saja dalam melakukan shalat hajatnya dan jangan lupa imbangi dengan kebaikan sosial di masyarakat juga.
        Jika Allah Ta’ala sudah ridla dengan amalanmu, insyaAllah doa kamu bisa dikabulkan lebih cepat.

        Terima kasih.
        Wallahu a’lam.

    48. Assalamualaikum…
      Maaf kak mhn pencerahanya,sy pny mslh bsr yg rumit skli.dan sy memohn ampunan dn pertolongan pd Allah.bolehkah sy menjalankan sholat hajat lbh dr 2X dlm sehari.misal sy sholat hajat stiap slesai sholat fardhu kcuali subuh dn ashar.dn slesai sholat duha dn tahajud.dn jg slalu baca surat yasin setiap slesai shalat fardhu ato sunah.krn setahu sy bacaan yasin bs menengkan hati dn terwujud hajat kita.

      • Waalaikumussalaam wr. wb.

        Bunda Mey, tidak ada yang melarang melaksanakan shalat hajat lebih dari sekali dalam sehari. Masalah baca AlQur’an, Bunda bisa bebas baca surat apa pun entah itu Yasin, Al-Waqii’ah, maupun Ar-Rahman, Al-Mulk, ataupun Juz ‘Amma, karena patokan terwujudnya hajat itu bukan dari Surat, melainkan dari Allah Ta’ala itu sendiri.
        Jangan lupa iringi dengan perbuatan baik semisal sadaqah ataupun memberikan manfaat kepada orang lain dengan harapan Allah Ta’ala menyenangi apa yang Bunda lakukan dan dapat mengabulkan hajat Bunda lebih cepat.

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    49. Assalamualaikum
      Saya ingin bertanya gimana cara mengamalkan shalat agar pacar Kita bsa secepat mungkin lupa dengan Masa lalu nya

      • Waalaikumussalaam Fia,
        Boleh saya tahu maksud mengamalkan shalat bagaimana? 🙂

        Sebenarnya sis Fia cukup berdoa secara rutin setiap sehabis shalat agar diberikan hidayah untuk sis dan pacar sis. Cukup itu saja. Boleh ditambah dengan shalat hajat lalu sis ‘ngobrol’ dengan Allah Ta’ala mengenai keinginan sis.

        Tidak ada shalat khusus di luar yang telah diajarkan Rasulullah s.a.w. 🙂

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    50. Assalamualaikum
      Saya ingin bertanya, bolehkah sholat hajat dilakukan setelah sholat dhuha, saya setiap hari melakukan sholat dhuha itupun saya kerjakan pukul 9 atau 10 pagi. saya berkeinginan untuk punya keturunan,. Kalaupun malam kalau terbngun saya juga kadang melaksanakan tahajud. Ketika sering baca ada yg mengatakan kalau punya keinginan lakukanlah sholat hajat

      • Waalaikumussalaam.

        Sejauh ini tidak ada larangan untuk melaksanakan Shalat Hajat setelah shalat Dhuha. Namun pastikan sebelum 15 menit menjelang zhuhur karena ada waktu-waktu yang dilarang shalat seperti yang sudah saya jelaskan di komentar-komentar sebelumnya.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    51. Selamat malam, Assalamualaikum wrwb.
      Saya mau nanya untuk pembuatan website.

    52. Mas sy bingung,gebetan sy malah punya cew baru..tp ortu ny,kakakny ga ad yg stuju krn cew itu bkn cew baik2.Nah yg sy mau tanyakn,gmn cara agr Tuhan membolak balikan hatiny supya gebetan sy bisa kembali ke saya dan kekeluarganya..apkah ad doa2 khusus?

      • Hai Yuni, saya tidak pernah tahu jika ada doa-doa khusus.
        Mengapa Yuni tidak bersegera untuk shalat dan berdoa dengan adab yang sudah diajarkan tanpa harus khawatir dengan amalan-amalan tertentu yang saya tidak tahu sumbernya dari mana. Berdoalah dengan bahasa Indonesia jika memang kamu tidak mengerti bahasa Arab, yang penting sebelum berdoa jangan lupa basmalah, shalawat, dan pujilah Allah Ta’ala.

        Terima kasih.

        • Tp dia non muslim kak,sy pun mualaf tata cara nya sholat mungkin.msh salah,krn sy bljar dari internet..apakah brdoa utk nonmuslim dijabah kak?? Apalgi cow itu skrg ud tinggal 1 kostan brg cew nya..dia lbh.milih tinggalin keluarganya..sy mau dia sadar dan melepaskan cew itu.trima.kasig

          • Hai Yuni, sebelumnya saya ucapkan selamat atas status mualaf Yuni.
            Yang perlu Yuni tahu, Allah Ta’ala menilai usaha Yuni untuk belajar agama selama konsisten atau istiqomah.

            Doa untuk non-muslim sebaiknya Yuni cukup meminta hidayah untuk yang bersangkutan karena mungkin dibalik kata “hidayah” itu kita tidak tahu bagaimana yang terbaik menurut Allah Ta’ala. Jadi Yuni tidak perlu khawatir.

            Wallaahu A’lam.
            Terima kasih.

            • Aku ngerti,mgkin mksd kakak..dibalik.kata “hidayah”itu kita ga tau gimana cara tuhan bekerja utk sadarkan dia…jadi smua serahin ke Tuhan ya kak…

            • Betul Yuni, pada dasarnya rencana hidup manusia itu semuanya indah karena Tuhan kita Maha Indah. Namun kebanyakan manusia terlalu mengatur Allah dan tidak sabar makanya banyak yang menderita. Tugas Yuni cukup berdoa dan berusaha. InsyaAllah Allah Ta’ala menilai kerja keras Yuni.

              Wallaahu A’lam.
              Terima kasih.

    53. Assalamualaikum, ini kisah saya pribadi, dan nyata, saya sholat tahajud selama 3 hari berturut – turut, posisi saya habis resign dari tempat saya bekerja.
      Pas hari ke empat nya, subhanallah, bpak nya temen saya mengajak saya kerja sekalian liburan di bali, makan di tanggung, ongkos pp di tanggung , tempat tinggal di tanggung, belum lagi pulang di kasih gajinya, 3 minggu di sana. Abis pulang dari bali, gak nyampe seminggu, di tawarin kerja sama istrinya di pt tempat dia bekerja, ya walaupun cuma borongam, tp alhamdulilah.

      Itu pun saya belum melakukan sholat hajat, baru sholat tahajud doang,

      Benar benar rencana allah maha dasyat, saya sendiri benar benar takjub.

    54. Apabila pada siang hari telah melaksanakan sholat hajat apakah boleh pada malam hari melakukan sholat hajat lagi??? Mohon pencerahannya

      • Hai Aris, saya belum pernah mendengar ada larangan untuk shalat hajat lebih dari sekali sehari, kecuali pada waktu-waktu yang diharamkan seperti terbit/terbenam matahari atau 15 menit sebelum zhuhur. Namun pastikan shalat hajatnya tidak mengganggu shalat sunnah yang lain ya, misalnya karena shalat hajat kita jadi tidak shalat rawatib/shalat dhuha. 🙂

        Terima kasih.

    55. pada waktu posisi apa kita utarakan hajat kita,apa setelah selesai sholatnya

      • Hai Siti, adakalanya setelah selesai shalat kita bertasbih dahulu, wirid selayaknya wirid setelah selesai shalat wajib, kita puji Allah Ta’ala, shalawat kepada Rasulillah saw. baru setelah itu kita bisa utarakan apa yang kita inginkan selama itu positif.

        Terima kasih.

    56. Pak apa sholat hajat bisa menghilangkan rasa trauma, rasa gelisah, dan takut.. Apa bisa meminta itu saja? Atau adakah sholat untuk menghilangkan ketakutan, dan rasa gelisah?

      • Hai Wiwi, maaf baru balas.

        Benar, Wiwi berdoalah kepada Allah Ta’ala agar dimudahkan dalam menghadapi rasa trauma Wiwi bahkan dalam setiap kesempatan. Entah setiap selesai shalat Wajib, shalat Hajat, atau kapan pun.

        Tidak ada shalat khusus di sini untuk menghilangkan rasa takut dan trauma karena Rasulullah SAW. tidak pernah mengajarkan hal itu.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

    57. Asalamualaikum
      Apakah boleh kita meminta ketampanan

      • Waalaikumussalaam,

        Mas Abi, sepertinya saya paham ‘penderitaan’ mas, hehe.
        Boleh, insyaAllah kita dibolehkan untuk meminta ketampanan selama tidak mengubah ciptaan Allah seperti operasi plastik. Allah Ta’ala tidak akan mengubah bentuk kita, namun mungkin persepsi kita yang akan diubah, atau dengan cara ditunjukkan bagaimana berpenampilan untuk terlihat lebih tampan. 🙂

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    58. Assalamualaikum kaa
      Mau tanya..
      Urutan shalat hajat kan shalat biasa setelah itu dzikir khusus shalat hajat… lalu doa khusus shalat hajat..
      Tapi kalo saya lupa dzikir nyaa dan langsung ke doa khusus.. apa tidak sah..
      Kebetulan saya ingin di beri rezeki “kerurunan”

      • Waalaikumussalaam wr. wb.

        Jika dzikir yang dimaksud kakak adalah wirid setelah selesai shalat, sebenarnya memang dianjurkan karena dzikir ini kurang lebih sama dengan dzikir yang kakak biasa lakukan setelah selesai shalat apa pun.

        Pastinya Allah Ta’ala akan senang dipuji dahulu sebelum kakak minta apapun dariNya.

        Doanya cukup kakak awali dengan basmalah, puji-pujian, dan shalawat. Diakhirinya pun juga sama.

        Wallahu A’lam.
        Terima kasih.

    59. Assalamualaikum kak, sy ingin bertnya. Apa yg dluan kita lksanakan Sholat tahajjud dulu ataukah sholat hajat trlebih dahulu. Kemudian sbntr lagi sy akan mengikuti tes cpns boleh kah di dlm 2 sholat tersebut doa sy sm agar diloloskan dlm tes? Kemudian bs kah doa kt di tambah dgn doa yg lain Yaitu ingin Minta jodoh? Lalu kak, apa ada doa/amalan tertentu agar doa2 tsb segera dikabulkan? Trimakasih

      • Waalaikumussalaam Ayu, saya biasanya melaksanakan tahajjud dahulu. Namun saya belum pernah dengar ada urutan khusus dalam melaksanakan shalat sunnah jadi sis Ayu sebenarnya bebas untuk memulai shalat apa dahulu.

        Perlu sis Ayu ketahui, bahwa kita bebas meminta apa pun selama itu positif dan masih di dalam lingkup syariat karena Allah Ta’ala adalah Maha Mengabulkan. Silakan sis Ayu berdoa sepuas sis. Jangan lupa mungkin tambah kegiatan positif lain seperti berbuat baik kepada sesama dan rutin bersedekah berapa pun nominalnya. Semoga doa sis dapat dikabulkan segera karena Allah Ta’ala Maha Menilai.

        Adapun amalan khusus untuk lolos tes CPNS adalah terus berlatih dan mempelajari soal-soal tesnya, tentu saja, jangan lupa barengi dengan bismillah ya. 🙂

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    60. Assalamualaikum kaka sy ingin brtnyaa apakah bisa didlm sholat tahajud dan hajat doanya selalu sama yaitu ingin cpt dpt jodoh dan bs lolos tes cpns? Dan adakah doa atau amalan tertentu agar doa2 tsb cpt dikabulkan? Trimakasih

    61. Assalamualaikum Min..
      saya mau tanya..saya baru mengalami hutang piutang yg begitu banyak..apalagi diPinjol..saya trs melaksanakan sholat Taubat sesudah isya 2 rakaat..jam 2 saya melakukan sholat Tahajud dan saya lanjut sholat Hajat 6 rakaat..smga Allah melunasi semua hutang saya..Amiin..tapi baru laksanakan hari ini Min..minta doanya ya Min..trs saya minta tolong amalan apa saja yg saya kerjakan agar hidup saya tenang…
      mksh

      • Waalaikumussalaam warahmatullah wabarakatuh.

        Ibu Sri, insyaAllah didoakan. Ibu insyaAllah sudah benar shalat taubat karena meminjam di kebanyakan PinjOl atau Fintech yang menggunakan sistem riba hukumnya sudah jelas haramnya.

        Ibu bisa ‘membuang’ riba tersebut dengan memberikan hak-hak mereka yang membutuhkan, atau setidaknya beramal di kotak amal masjid (bisa lewat suami), minimal seribu atau dua ribu setiap hari, niatnya karena Allah, kemudian niatkan untuk membersihkan diri dari dosa riba. InsyaAllah kehidupan ibu akan Allah Ta’ala permudah setelah ini.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    62. Asalamualaikum. Sy seorang yg melaksanakan sholat 5 waktu dan baca alquran. Namun saya merasa susah sekali utk khusuk, adakah solusi? Utk skrg sy mencoba utk tes cpns, saya jdi lebih sering tahajud + dhuha. Yg sy tanyakan, burukkah sy di mata Alloh, krn sy jdi lebih aktif ibadah krn ada maunya/hajat saja? Sy sering berpikir seperti, saya harus bagaimana? Sy merasa buruk sekali

      • Waalaikumussalaam.

        Saya sejujurnya tidak terlalu paham bagaimana khusyuk yang kamu inginkan. Kamu cukup bayangkan bagaimana kamu harus memperhatikan dan fokus ketika bos kamu berbicara kepada kamu di kantor atau sebaliknya. Nah, ini dengan Allah Ta’ala seharusnya kita memang memfokuskan lebih, jangan sampai pikiran kita mengganggu fokus kita saat shalat. Namun bukan berarti kita harus tidak peka sekitar, Rasulullah saw. sebagai manusia yang paling khusyu dalam shalat Beliau, rupanya masih mempercepat shalat berjamaahnya ketika Beliau mendengar ada bayi menangis.

        Jika memang dengan tes CPNS itu membuat kamu dekat kepada Allah Ta’ala, pertahankan. Karena jangankan Tuhan, kita sendiri pun benci dengan teman yang hanya datang kepada kita saat butuh saja. Semoga dengan adanya hajat untuk lolos tes CPNS ini membuat kamu lebih dekat kepada Allah Ta’ala dan terus mempertahankan kualitas amalan kamu.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

        • Saya sering nangis setiap hari. Sy merasa jdi hamba yg buruk krn lebih rajin ibadah krn ada maunya saja. Tapi kemana lagi tmpt saya mengadu dan meminta kalau bukan sama Alloh? Saya tak tau lagi, hanya alloh yg saya miliki saat ini. Haruskah saya beribadah seperti biasanya? Apa saja doa agar hajat/rezeki lancar? Bolehkah saya berdoa dg bhs.indo jika tak hafal doa”nya?

          • Justru ketika dengan mendapat hajat itu kamu menjadi rajin ibadah, bisa jadi itu adalah hidayah. Jadi jika keimanan kamu sedang turun, kamu dapat ingat-ingat masa di mana kamu rajin ibadah karena hajat tersebut.

            Ibadah saja seperti biasanya, mungkin dengan menambah ibadah sunnah sedikit demi sedikit seperti shalat witir 1 rakaat sebelum tidur atau setelah isya, atau dengan memperbanyak bersedekah meskipun seribu setiap hari, apa pun. InsyaAllah Allah Ta’ala menilai usaha kamu dan semoga hidupmu menjadi dimudahkan Allah Ta’ala.

            Allah Ta’ala Maha Mengetahui, berdoalah dengan bahasa Indonesia jika tidak hafal bahasa Arabnya, atau ayat Al-Qur’annya. Misalnya kamu ingin dapat rezeki yang banyak, ingin kendaraan, ingin rumah, ingin pasangan yang taat beribadah dan menyenangkan hati. Allah Ta’ala senang dengan doa-doa selama masih dalam kebaikan.

            Wallaahu A’lam.
            Terima kasih.

            • Assalamu alaikum.. Kak saya mau nanya, apakah bisa melaksanakan shalat isya dlu, trus melaksanakan shalat hajatnya jam 12 tanpa harus tdur, stelah shalat hajat apakah bisa ditutup dgn shalat witir, sy mau melaksanakan shalat hajat lalu tahajjud dan witir, tp kebanyakan yg bilang klau melaksanakan shalat tahajjud harus tdur dlu, sdangkan sy mau melaksanakan stelah shalat hajat..

            • Waalaikumussalaam Isri, tanpa kamu melaksanakan shalat Hajat pun kamu sudah bisa melaksanakan shalat Witir bahkan dari setelah Shalat Isya.
              Shalat Witir adalah shalat yang independen, tidak memiliki keterkaitan dengan shalat apa pun, namun usahakan agar menjadikan shalat ini menjadi penutup shalat malam.

              Wallaahu A’lam.
              Terima kasih.

    63. Assalamualaikum, selamat malam.
      Saya ada 2 pertanyaan:
      1.Saya pernah baca artikel ketika melaksanakan sholat hajad itu membaca surah alkafirun di rakaat pertama sebanyak tiga kali yang kedua membaca surah al ikhlas sebanyak 3 kali juga,
      Apakah bapak juga membaca surah tersebut sebanyak 3kali atau hanya 1 kali saja setelah surah al fatihah?
      2.Apakah boleh kita sholat hajad saja tetapi tidak sholat tahajud padahal kita sudah tidur malam dan terbangun di sepertiga malam untuk melaksanakan sholat hajad .
      Wassalam.terima kasih

      • Waalaikumussalaam warahmatullah.

        Hai sis Angelica, untuk pertanyaannya,
        1. Saya hanya cukup sekali saja dalam membaca surat-suratnya. Lagipula, sis dapat menggunakan surat lain di luar Al-Kaafirun dan Al-Ikhlas hitung-hitung sekaligus memperkuat hafalan surat sis Angelica.

        2. Boleh, shalat Hajat dan Tahajjud adalah bagian dari shalat malam. Hanya mengerjakan hajat saja tidak mengapa, namun yang disayangkan pahala shalat Tahajjud mungkin tidak dapat diraih. Syukur sis Angelica bisa menambah shalat Witir meski satu rakaat sebagai penutup shalat malam. 🙂
        Namun sekali lagi, jika sis hanya mengerjakan shalat hajat saja meski sudah tidur malam tanpa shalat tahajjud maka itu tidak mengapa.

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    64. Assalamuallaikum min…
      Saya mau tanya…saya terlilit hutang piutang di pinjol yang sangat banyak…saya baru mencoba melakukan shalat hajat setiap selesai shalat wajib…saya tidak pandai untuk merangkai kata2 untuk meminta kepada ALLAH agar saya bisa melunasi hutang pinjol saya…
      Amalan Apa yang harus saya lakukan agar doa2 saya cepaat di kabulkan ..
      Apakah shalat taubat boleh di lakukan setelah shalat wajib …
      Mohon pencerahanya min.

      • Waalaikumussalaam warahmatullah wabarakatuh.

        Abang Hendra, lebih baik abang melaksanakan shalat taubat karena meminjam di kebanyakan PinjOl atau Fintech yang menggunakan sistem riba hukumnya sudah jelas haramnya.

        Abang Hendra bisa ‘membuang’ riba tersebut dengan memberikan hak-hak mereka yang membutuhkan, atau setidaknya beramal di kotak amal masjid, minimal seribu atau dua ribu setiap hari, niatnya karena Allah, kemudian niatkan untuk membersihkan diri dari dosa riba. InsyaAllah kehidupan abang akan Allah Ta’ala permudah setelah ini.

        Mengenai rangkaian kata-kata dalam berdoa, apa yang menyulitkan abang Hendra dari sekedar berbicara, “Ya Allah, lunaskanlah hutang hamba”? Tidak perlu puitis karena yang dilihat adalah inti doanya. Namun jangan lupa awali dengan basmalah, shalawat, dan puji-pujian kepada Allah Ta’ala seperti bacaan tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir serta kembali akhiri dengan shalawat. Berdoalah dengan penuh harap rutin tidak sehabis shalat hajat saja, melainkan juga setelah shalat wajib jikalau memungkinkan.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

        • Apakah boleh shalat taubat dan hajat di lakukan setiap selesai shalat wajib min…

          • Boleh, kecuali Shubuh dan Ashar. Mungkin dikhawatirkan akan bersinggungan dengan waktu matahari terbit/terbenam di mana itu merupakan waktu yang diharamkan shalat (sunnah).
            “Tidak ada shalat setelah shalat shubuh, hingga matahari meninggi. Dan tidak ada shalat setelah shalat ashar hingga matahari tenggelam.” (HR. Bukhari Muslim)

            Wallaahu A’lam.
            Terima kasih.

            • Kak boleh kah numpang tanya
              Jika sholat dhuhur nya di jam’a dgn asyar lalu sholat hajat apakah boleh karena saya sering melakukan sholat dhuhur di jama dgn asyar di waktu sholat dhuhur. Saya kerja di Hong Kong dan saya bisa sholat di saat mreka tidur siang. Trima kasih

            • Hai Dhi, apakah kamu pernah meminta waktu 5 menit kepada majikan agar mendapat kesempatan beribadah? Jika memungkinkan lebih baik dicoba yang itu.

              Untuk shalat hajat setelah ashar insyaAllah tidak mengapa asal 15 menit sebelum matahari benar-benar terbenam jika kamu tidak punya waktu lain lagi untuk shalat sunnah.

              Wallaahu A’lam.
              Terima kasih.

        • Malam kak.. saya kan mau melaksanakan sholat hajat dan mau menutupnya dengan sholat witir tapi saya masih bingung… apakah sholat witir itu dilaksanakan langsung setelah salam sholat hajat atau nanti setelah berdoa solat hajat baru sholat witir

    65. Assalamualaikum min. Min saya mau bertanya memang agak sedikit konyol namun saya sedang putus dengan seseorang yang saya suka. Saya pun selau berdoa di setiap shalat kalau memang dia yang terbaik maka dekatkan,tetapi kalau memang bukan yg terbaik ikhlaskan saya. Pertanyaan saya apakah ketika saya menunaikan shalat hajat Allah akan mengjilangkan kebimbangan saya ini? Saya benar2 patah hati dan mengganggu aktivitas saya mohon pencerahan nya.
      Asslamualaikum.

      • Waalaikumussalaam Deltha,

        Tidak ada yang konyol dengan pertanyaan tersebut justru saya kagum dengan doa kamu. Teruslah istiqomah dalam doanya karena Allah Ta’ala bukan hanya Maha Menghilangkan kesedihan melainkan juga Maha Menghilangkan rasa galau, rasa gundah, mungkin termasuk salah satunya rasa bimbang.

        Terima kasih. 🙂
        Wallaahu A’lam.

    66. Assalamu”alaikum mas
      saya mau nanya mas, sudah hampri sebualan ini saya melakukan sholat Sunah Hajat sesudah isya jam 01.00, apakah boleh sesudah melaksanakan sholat hajat langsung melakasnakan sholat witir tidak terlebih dahulu melakukan sholat tahajud karena saya kerja dari jam 17.00 sampai 00.00 dan tidak tidur terlebih dahulu.
      terima kasih

      • Waalaikumussalaam.

        Bapak Herman, tentu boleh. Saya pun sering demikian. Shalat witir dan tahajud tidak memiliki keterkaitan.

        Namun, jika memang suatu malam Bapak Herman terbangun hendak tahajud padahal sudah shalat witir pun, shalat witirnya tidak perlu diulangi lagi. Rasulullah saw. bersabda,
        “Tidak ada dua witir dalam satu malam.” (Hr. Ahmad: 15704, Abu Daud: 1227, Nasa’i: 1661, dan Tirmidzi: 432; dinilai shahih oeh Ibnu Hibban)

        Wallahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

    67. assalamualaikum , saya ingin bertanya apakah setelah sholat tahajud hajat dan istikharah wajib melaksanakan sholat witir sebagai penutup sholat sunnah?

      • Waalaikumussalaam ibu Maya,
        Hukum shalat Witir menurut mayoritas ulama adalah Sunnah Muakkad, bukan wajib, yang artinya sangat dianjurkan untuk dilaksanakan dan sangat disayangkan jika ditinggalkan, namun tidak sampai berdosa. 🙂

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    68. assalamualaikum kak
      sebelumnya saya mau minta maaf karna saya tidak pandai membuat kalimat yang mudah untuk dipahami…
      saya mau tanya, apakah boleh melaksanakan witir setelah sholat tahajjud sekaligus hajat? contohnya sholat tahajjud+witir kemudian dilanjutkan sholat hajat+witir. Jadi intinya itu witirnya satu² di setiap sholat sunnah itu.
      Mohon percerahannya..

      • Waalaikumussalaam Ricky, tidak perlu minta maaf karena bahasa saya pun masih sering berantakan hehe…

        Rasulullah saw. bersabda,
        “Tidak ada dua witir dalam satu malam.” (Hr. Ahmad: 15704, Abu Daud: 1227, Nasa’i: 1661, dan Tirmidzi: 432; dinilai shahih oeh Ibnu Hibban)

        Artinya, kamu tidak perlu shalat Witir setiap masing-masing shalat, cukup kamu laksanakan satu shalat witir saja (berapa pun rakaatnya) pada akhir shalat sunnah.
        Jadi jika kamu melaksanakan shalat hajat, taubat, tahajjud, tasbih, dan lain sebagainya, cukup witirnya sekali saja setelah semua shalat sunnah tersebut terlaksana karena Rasulullah saw. bersabda, “Jadikanlah akhir shalat malam kalian adalah shalat witir.” (HR Bukhari Muslim)

        Terima kasih. 🙂
        Wallahu A’lam.

    69. Assalamu’alaikum
      Mau tanya, bagaimana caranya agar cepat melunasi hutang??? Sedangkan waktunya cuma tinggal 2hari lagi 😢😢😢

      • Waalaikumussalaam,

        Bapak Mustho, mengapa tidak menggencarkan shalat hajat dan memperbanyak sedekah selama 2 hari ini?

        Lagi pula jika pahitnya, hutang Bapak Mustho tidak terlunaskan saat hari H, bisa jadi Allah Ta’ala tangguhkan tempo hutangnya misal dengan dibuat lupa atau sakit debt colletornya, dst.

        Wallahu A’lam.
        Terima kasih.

    70. Intan Dhea Sevila

      Assalamu’alakum kak
      Mau tanya saya habis putus tapi saya masih belum terbiasa tanpa diaa. Apa boleh saya melakukan sholat tahujud setelah itu sholat hajat agar diaa bisa menjadi jodoh saya. Kalau diaa tidak bisa menjadi jodoh saya, saya berharap bisa ikhlas dan di gantikan yang lebih baik dari dia. Dan Allah akan menghilangkan kegaluaan dan kebimbangan saya ini, sampai saat ini saya belum terbiasa tanpa diaa kak.

      • Waalaikumussalaam Intan, boleh-boleh saja jika kamu melakukan dan berdoa hal itu. Namun tentunya dengan konteks yang tidak memaksa Allah Ta’ala seperti wajib menjadikan doi menjadi jodoh kamu.
        InsyaAllah jika kamu sudah berdoa dan -kemungkinan terburuknya- si doi ternyata bukan jodoh kamu karena Allah Maha Mengerti tentang si doi, Dia akan mencarikan kamu jodoh lain yang jauh lebih baik dari si doi sehingga kamu akan dapat dengan mudah move on dari si doi. Namun jika tidak semoga doi insyaAllah jadi jodoh kamu, terus berusahalah menjadi orang baik dan berguna karena orang baik biasanya akan berjodoh dengan orang baik yang selevel juga, ini berdasarkan ayat Al-Qur’an An-Nuur ayat 26.

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    71. assalamualaikum,doain aku lulus snm tahun 2020 ya kak,terimakasiih

      • Waalaikumussalaam Muliani, semoga kamu diluluskan oleh Allah Ta’ala SNM tahun 2020.

        Aamiin Ya Rabbal ‘Aalamiin. 🙂
        Terima kasih.

        • assalamualaikum kak. saya ingin bertanya kak, saya baru saja ditinggalkan oleh wanita dan wanita itu berusaha agar dia membenci saya dan membuat saya menjauh, dia memaksa saya dan akhirnya sayapun terpaksa melakukannya. Sejak itu pikiran menjadi buntu… setiap sehabis sholat saya selalu berdoa agar dia kembali ke saya… tetapi saya menjadi kebingungan karena amalan apa yang perlu saya lakukan… lalu saya membaca artikel kaka ini tentang sholat hajat. apakah sholat hajat ini perlu bacaan tertentu setelah salam dan bagaimana tata cara sholatnya kak… karena saya sudah buntu kak. mohon maaf terlalu panjang

          • Waalaikumussalaam Deva.

            Menyalin jawaban saya dari komentar sebelumnya, sebaiknya kamu berdoa agar wanita tersebut kembali kepadamu. Namun tentunya dengan konteks yang tidak memaksa Allah Ta’ala seperti wajib menjadikan doi menjadi jodoh kamu.
            InsyaAllah jika kamu sudah berdoa dan -kemungkinan terburuknya- si doi ternyata bukan jodoh kamu karena Allah Maha Mengerti tentang si doi, Dia akan mencarikan kamu jodoh lain yang jauh lebih baik dari si doi sehingga kamu akan dapat dengan mudah move on dari si doi. Namun jika tidak semoga doi insyaAllah jadi jodoh kamu, terus berusahalah menjadi orang baik dan berguna karena orang baik biasanya akan berjodoh dengan orang baik yang selevel juga, ini berdasarkan ayat Al-Qur’an An-Nuur ayat 26.

            Terima kasih.
            Wallaahu A’lam.

            • iya kak, saya udah usaha banyak buat wanita ini… makanya saya gak bisa ninggalin seperti itu aja, tapi kalau semisal tuhan berkehendak lain, maka saya ikuti kehendak tuhan… saya serahkan semua kepada Allah swt kak

    72. Assalamualikum wr,wb…
      Bantu Upkan, sama sama belajar setidaknya bisa memberikan informasi / amalan untuk beberapa kaum yang awam.

      TATA CARA SHOLAT HAJAT DAN NIATNYA :
      *Ushollii Sunnatal Haajati Rok’ataini Lillahi Ta’aalaa
      *Sholat tobat 2 rokat sebanyak 3x

      SETELAH SELESAI SHOLAT next DO’A SHOLAT HAJAT
      1. Bertawassul membaca surat Al-Fatihah dan istighfar
      2. Setelah membaca Al-Fatihah dan istighfar dilanjutkan membaca surat
      *Al-Falaq
      *An-Naas
      *Ayat Kursi
      3. Dilanjutkan dengan membaca doa sholat hajat.
      Laa Ilaha Illallohul Haliimul Kariimu Subhaanallohi Robbil ‘Arsyil ‘Azhiim. Alhamdu Lillaahi Robbil ‘Aalamiin. As `Aluka Muujibaari Rohmatika Wa ‘Azaaima Maghfirotika Wal Ghoniimata Ming Kulli Birri Wassalaamata Ming Kulli Itsmin Laa Tada’ Lii Dzamban Illa Ghofartahu Walaa Hamman Illaa Farojtahu Walaa Haajatan Hiya Laka Ridhon Illa Qodhoitahaa Yaa Arhamar Roohimiin
      4. WIRID
      *AL_IKHLAS 333x
      *ISTIGFHAR 333x

      Semoga bermanfaat.
      Usahakan dan rutinkan agar cepat di ijabah sesuai ekpektasi.

      • Waalaikumussalaam Warahamatullah Wabarakatuh Bapak Ahmad, terima kasih telah berkomentar.

        Sebelumnya boleh saya tahu tata cara tersebut bersumber dari mana Bapak? Shalat hajat adalah shalat yang tidak memiliki keterkaitan dengan shalat yang lain, yang artinya, tidak mengapa jika tidak diiringi dengan shalat taubat. Karena shalat Taubat dikhususkan untuk seseorang yang memang benar-benar ingin bertaubat.

        Mengenai ‘azam niat, tidak dilafalkan tidak mengapa karena niat bertempat di dalam hati, saya pribadi tidak pernah melafalkan niat karena melafalkan niat bertujuan untuk membantu memantapkan.

        Saya hanya berpesan agar pastikan setiap wirid memiliki tuntunan dari Rasulullah saw., atau setidaknya dari ulama yang merupakan warisan Beliau. Wirid insyaAllah dapat ditambahkan bacaan-bacaan thayyibah sesuka hati kita berapa kali pun namun saya belum pernah mendengar dalil harus dibaca sekian ratus kali.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih. 🙂

    73. Mas… Saya mau nanya… Apakah boleh shalat hajat tapi setiap hari nya di lakukan di waktu yg berbeda2…
      Misalkan hari pertama stelah sholat dzhur
      Hari ke 2 setalah isya
      Hari ke 3 malam???? Mohon penjelasan nya

    74. Asslaamualaikum ka admin saya mau nanya, maaf bila pertanyaan saya sedikit tidak menyenangkan. Ka admin saya kemarin putus dengan pacar saya, nah saya ingin hijrah karna saya tau berpacaran itu sangat dilarang, makanya saya mutusin untuk hijrah tetapi ka didalam diri saya, saya yakin akan kembali lagi bersama dia. Itu ka yang bikin saya bingung, harus bagaimana. Saya ingin sholat hajat meminta agar saya bisa menguatkan niat saya untuk hijrah ka, tetapi saya masih ragu ka. Saya masih yakin bakalan kembali sma dia, mohon pencerahannya ka. Maaf kalo agak bingung pertanyaan saya juga bingung.

      • Waalaikumussalaam.

        Lina, mengapa kamu tidak langsung shalat hajat dan berdoa supaya kamu entah bisa move on atau kembali lagi dengan mantan kamu. Kemudian barengi dengan hijrah memperbaiki diri sendiri. Jadikan diri kamu selalu lebih baik dari sebelumnya.

        Allah Ta’ala Maha Tahu apa yang terbaik untuk kamu.

        Terima kasih.

    75. Assalamualaikum ka, saya ingin bertanya lagi. Tadi saya sempat membaca tatacara sholat hajat, saya liat rakaat pertama sebaiknya dibacakan surat al ikhlas dan rakaat kedua dibacakan surah ayat kursi. Kalo tidak hapal ayat kursi nya bagaimana ka?

      • Waalaikumussalaam Lina, saya selama shalat hajat membaca surat Al-Kaafirun di rakaat pertama dan Al-Ikhlas di rakaat kedua. Saya tidak pernah tahu kalau harus surat ini dan ini di setiap rakaat. Baca saja yang paling mudah dari AlQuran.

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    76. Asslamaualukun ka maaf izin bertanya, bagaimana tata cara sholat hajat yang benar beserta bacaannya?

      • Waalaikumussalaam Lina,
        Kalau saya melakukannya dua rakaat salam, dua rakaat salam. Surat yang dibaca bebas, saya memilih al-Kaafirun dan al-Ikhlas. Niatnya cukup dalam hati saja tidak perlu pakai bahasa arab bahwa kamu ingin shalat hajat karena Allah Ta’ala bersamaan dengan takbiratul ihram.

        Setelah shalat, kamu wirid saja seperti wirid shalat fardlu, kemudian istighfar, shalawat, dan dilanjutkan dengan doa yang kamu inginkan. Selesai.
        Shalat hajat ini ringan, tidak perlu dipersulit, namun jangan digampangkan. 🙂

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    77. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
      izin bertanya kak.
      jika misalkan saya sdh shalat hajat hingga hari ke-14, lalu pada hari ke-15 saya tidak melaksanakan shalat hajat sm sekali … nah berarti hari ke-16nya itu terhitung masih tetap hari ke-16 atau hari ke-15 atau terhitung ngulang lagi yaaa dari hari pertama?
      semoga pertanyaan saya terbaca dan dibalas aamiin. terima kasih kak sebelumnya.

      • Waalaikumussalaam warahmatullaah wabarakatuh Nina.

        Sebenarnya jika kamu terlewat 1 hari saja itu hitungannya kembali dari hari pertama. Namun jika kamu benar-benar terlewat karena ada alasan yang kuat, atau tidak disengaja, insyaAllah hitungannya menjadi hari ke-16.

        Namun sekali lagi jangan pusingkan masalah hari ke berapanya, kita tidak tahu kapan Allah Ta’ala akan mengabulkan doa-doa kamu, karena hitungannya tidak sama seperti hukuman puasa dua bulan berturut-turut dan sebagainya.

        Bahkan jika kamu hari ini shalat Hajat dan besok tidak pun tidak mengapa. Hitungan hari shalat hajat bukanlah sebuah prestasi. Namun adakalanya tetap merupakan hal yang baik jika kamu tetap istiqomah dalam mengerjakannya.

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    78. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh kak.
      mohon maaf saya masih ada 1 pertanyaan lagi yang tertinggal.
      Pada shalat hajat disebutkan bahwa surat yang dibaca al-kaafirun dan al-ikhlas. Apakah jika shalatnya sebanyak 3 kali suratnya tetap sama semua kak selalu kedua surat itu? atau hanya pd rakaat pertama saja? terima kasih kak sebelumnya 🙂

      • Waalaikumussalaam warahmatullaah wabarakatuh Nina.

        Selama saya shalat Hajat kebanyakan saya hanya mengulang-ulang surat yang sama. Surat Al-Kaafirun lagi, surat Al-ikhlas lagi hehe… Mungkin karena saya sudah dalam keadaan mengantuk atau entah. Namun sesekali bacaan suratnya saya ganti misalnya potongan ayat surat An-Naml, dst.

        Tapi memang lebih baik lagi membaca bacaan yang bervariasi, terlebih membaca potongan-potongan ayat di luar juz ‘amma. Itu dapat membantu kamu dalam menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an.

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    79. Assalamualaikum min.. maaf saya ingin bertanya apa diperbolehkan sholat taubat dan sholat hajat setelah sholah dhuha / sholat dzuhur / sholat isya? Terimakasih minn..

    80. Assalamualaikum kak mau tanya kalau sholat hajad dilakukan tenggah malam misal jam 1 apa harus mandi besarnya jm 1 juga jak

      • Waalaikumussalaam Indra, kalau boleh saya tahu untuk apa harus mandi besar? Shalat itu salah satu syarat sahnya kan harus dalam keadaan berwudhu, jadi tidak perlu mandi besar, kecuali kamu memang dalam keadaan hadats besar seperti keluar mani atau mimpi basah.

        Wallaahu A’lam, terima kasih.

    81. MUHAMMAD FATKHUR

      Assalamu’alaikum kak mau tanya saya orangnya pendiam dan sulit untuk bergaul. Kalau shalat hajat agar mudah dalam pergaulan bolehkah kak?
      Terima kasih sebelumnya

    82. Assalamualaikum.. saya mau tanya kalo melaksanakan sholat hajat setelah sholat duha berarti urutannya 6 rakaat shokat duha kemudian 2 rakaat sholat hajat? Dan setelah 6 rakaat sholat duha hanya dzikir saja atau doa panjang baru berdiri lagi untuk sholat hajat? Terimakasih

      • Waalaikumussalaam Mayang, insyaAllah Mayang boleh melakukan kedua pilihan yang Mayang mau. Kalau saya pribadi lebih memilih untuk menyelesaikan wirid Dhuhanya terlebih dahulu kemudian bangun untuk melaksanakan shalat hajat.

        Wallahu A’lam.
        Terima kasih.

    83. Assalamualaikum..saya mau tanya..di saat saya solat hajat,saya tiba2 nagis..dan sujud berdoa saya jadi takut dan nagis…saya lakukan solat hajat sebab suami saya ceraikan(di saat mabuk) saya sbab mau kawen lagi…saya cuma minta agar suami kembali rujuk,dan melupakan perempuan itu…jadi soalannya mengapa saya takut dan menagis?

      • Waalaikumussalaam ibu Norafni, sebenarnya yang ingin ditanyakan apakah persoalan mengapa ibu takut dan menangis? Mungkin rasa takut hingga ibu menangis tersebut hanyalah berasal dari kondisi emosional ibu semata, insyaAllah tidak ada yang spesial. Bersyukur jika ibu Norafni merasa telah mendapatkan hidayah untuk meningkatkan selalu kebaikan ibu setiap ada kesempatan.

        Terima kasih.
        Wallahu A’lam.

    84. Assalamulaikum kak…

      Saya mau tanya kak…sekarang saya sedang kesulitan buat bayar hutang saya di pinjaman online kak…
      setiap hari saya dan keluarga saya di ancam di telfon terus sm orang itu kak…
      sungguh jahat nya orang itu sampai menyebarkan data2 saya untuk menjual diri kak…
      masyaallah nya kak orang itu…

      Tolong saya kak… di beri solusi

      • Waalaikumussalaam Icha.

        Poin pertama, ketika seseorang berhutang adalah memiliki kewajiban melunasinya. Mungkin memberi jaminan kecil dapat menenangkan pemberi pinjaman tersebut bahwa kita memiliki tekad untuk membayar.

        Poin kedua adalah, semoga dari sini kamu mendapatkan hikmah mengenai pentingnya sebuah akad dalam melakukan transaksi apa pun, meskipun hanya memberi pinjaman uang, apalagi dengan kreditur online. Pastikan mereka memiliki perjanjian/agreement/terms and condition/disclaimer untuk dibaca dan disetujui oleh kedua belah pihak sebagai akad. Budaya malas membaca dapat menjadi celah bagi penyedia jasa untuk berbuat curang kepada para customernya.

        Poin ketiga adalah, masih memiliki kaitan dengan poin kedua, jika dalam perjanjian tertulis disebutkan bahwa pihak kreditur atau pemberi pinjaman berjanji akan menjaga kerahasiaan data customer/nasabahnya, maka kamu tidak perlu khawatir berlebihan, pastikan di dalam agreement/perjanjian itu disebutkan proses penagihan oleh pihak pemberi pinjaman. Jadi ketika mereka mengancam akan membuka data pelanggannya, kamu cukup menunjukkan mereka agreement yang telah mereka tulis.

        Poin keempat, kamu dapat beribadah dan berdoa kepada Allah Ta’ala lebih rajin lagi dengan adanya kasus ini, insyaAllah jika kamu sering beristighfar dan bertafakur atau introspeksi diri, Allah Ta’ala akan melepaskan kesulitanmu cepat atau lambat karena Dia Maha Menilai usaha hambanya. Yang penting kamu masih memiliki tekad untuk melunasi hutangmu, karena bagaimana pun hutang tetaplah hutang.

        Semoga kedepannya ini menjadi hikmah bagi kita semua agar memahami perjanjian sebelum akad dan tidak sembarangan memilih penyedia jasa.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    85. Assalamualaikum kak, senang betemu blok kakak. Jd menambah ilmu. Saya pribadi msh binggung kak untuk pengerjaan shalat hajat. Saya terkadang sering melakukannya tp tidak tau apa itu sudah benar. Dan yang saya mau tanyakan
      1. Apa boleh shalat hajat di lakukan lebih dari satu kali dalam sehari. Misal setelah shalat isya mungkin kita bisa melaksakan jm 9, kemudian kita bangun jam 3 buat melakukan shalat tahajud apa boleh melaksakan shlt hajat setelah, dan kemudian setelah shalat dhuha.
      2. Untuk tata cara niat shalat hajat, kan kita misal kita melakukan shalat hajat 6 rakaat bacaan niatnya bagaimana ya. Dan setelah salam apa kita perlu membaca niat lagi.
      Mohon dijawab kak trimakasih.

      • Waalaikumussalaam wr. wb.

        Hai Tyan, terima kasih atas kunjungannya. Alhamdulillah jika artikel ini bermanfaat.
        1. Boleh. InsyaAllah boleh. Asal tidak dilakukan dalam waktu yang tidak diperkenankan shalat saja seperti waktu terbit matahari dan terbenamnya, serta 15 menit sebelum zhuhur.
        2. Tata cara shalat hajat yang saya telah pahami adalah dua rakaat, dua rakaat. Artinya, bersamaan dengan takbiratul ihram, berniat saya niat shalat hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala, kemudian salam, bangun kembali. Sama seperti shalat Dhuha, kurang lebih.

        Terima kasih.
        Wallaahu A’lam.

    86. Assalamualaikum wr wb kak,,
      Saya ingin bertanya,apakah sholat hajat tata cara melaksanakannya sama seperti sholat dhuha?

      • Waalaikumussalaam Warahmatullah Wabarakatuh Sfridha.

        Shalat hajat yang saya telah laksanakan hampir sama dengan shalat sunnah pada umumnya yakni 2 rakaat salam kemudian 2 rakaat salam, minimal 2 rakaat. Tidak ada tata cara khusus seperti shalat tasbih, shalat id, atau shalat jenazah. Hanya shalat ‘seperti pada umumnya’.

        Terima kasih.

    87. Assalamualaikum kak
      Mohon ijin bertanya,apakah ada doa atau Wirid khusus nya agar permintaan kita cepat di kabul?
      Makasik kak sebelum nya
      Wassalamualaikum

      • Waalaikumussalaam Marlina Rahayu.

        Sebaiknya kita tidak memaksa Allah Ta’ala agar cepat-cepat mengabulkan doa kita. Berdoalah semampu kita dari apa yang telah diajarkan Rasulullah Saw.
        Mengapa kita tidak memperbaiki diri agar menjadi lebih baik dari hari ke hari? Misalnya seperti, setiap hari kita usahakan untuk bersedekah meski hanya Rp1000 dan/atau menambah amalan sunnah kita yang lain.
        Semoga dengan usaha tersebut Allah dapat mempercepat doamu dikabulkan karena Allah Ta’ala Maha Menilai hambaNya. InsyaAllah.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    88. Assalamu’alaikum kak,
      Mau nanya bolehkah melaksanakan solat ba’diyatal isya’ setalah bangun tidur sebelum melaksanankan solat tahajut?
      Makasih wassalamu’alaikum…

      • Waalaikumussalaam Rohanah.

        InsyaAllah boleh. Saya belum pernah tahu jika ada urutan khusus dalam shalat sunnah. InsyaAllah mau sebelum atau sesudah shalat tahajud sebelum shalat witir tidak masalah.

        Wallaahu A’lam.
        Terima kasih.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Kembali
    Ke Atas
    Mode Gelap