Wisata dengan Bus Malam

urban legend by : anandastoon

bus malam

Waktu itu aku dengan nekatnya pergi travelling dengan menggunakan jasa bus malam yang belum pernah aku gunakan sebelumnya. Aku sudah biasa travelling sendirian jadi seharusnya tidak perlu khawatir.

Namun sepertinya aku harus khawatir malam itu.

Sebuah jasa bus yang melintasi tiga provinsi dari Sulawesi Utara, Gorontalo, hingga Sulawesi Tengah, menjadi pilihanku pada malam itu. Aku langsung membeli tiketnya serta menaiki bus tersebut dengan yakin. Namun aku melihat ekspresi penumpang di kanan-kiriku agak membuatku tidak nyaman ketika aku berjalan mencari kursiku.

Beberapa mereka menatap ke depan dengan tatapan yang membuatku campur aduk. Sisanya hanya memejamkan mata, namun terlihat gelisah.

Semoga ini bukan bus dengan penumpang hantu, pikirku. Aku hanya menilai ini bus normal yang cukup apik dengan pola kursi 2-2.

Aku akhirnya duduk di kursiku, dan menatap keluar jendela, hingga bus mulai diberangkatkan. Selama di perjalanan, aku merasa sedikit aneh dengan keadaan sekitar. Tak lama, aku mendengar supir bus mengklakson tiga kali namun dengan pola panjang-pendek-panjang.

Bus yang aku tumpangi mulai mengebut di tengah pekat malam, dan balik mengklakson setiap beberapa waktu sekali. Aku yang kaget memalingkan wajahku dari jendela untuk bangkit dan melihat sang sopir namun aku justru melihat tulisan di atas stiker tepat di belakang bangku di depanku yang bertuliskan “PERATURAN BUS, WAJIB DIBACA” dengan panah mengarah ke sebuah kertas seperti brosur di kantung kursi belakang tepat di depanku.

Sebelum membaca selembaran, aku melihat beberapa penumpang yang terlihat di sampingku sudah tertidur semuanya. Atau ada yang pura-pura tidur, dengan rona wajah gelisah.

Aku kembali menghadap tulisan tersebut dan mulai membaca,

Selamat datang para pelanggan yang budiman. Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu. Dan berikut ada peraturan-peraturan bagi para pelanggan yang WAJIB untuk dipatuhi SELAMA perjalanan.

  1. Harap untuk tidak berisik dan mengeluarkan suara-suara mengganggu.
  2. Dilarang untuk bangkit dan berjalan di kabin bus.
  3. Dilarang membuka jendela bus.
  4. Tidak diperkenankan mengganggu sang supir selama menyetir.
  5. Sang supir mungkin akan terlihat ugal-ugalan dalam menyetir, dengan klakson di sana-sini. Jangan khawatir, kami sudah men-training seluruh supir kami yang sangat berpengalaman, dengan maksimal. Hal itu dilakukan supir untuk menjaga Anda tetap selamat.
  6. Bagi yang membawa balita, harap untuk ditidurkan dengan segera. Kami memiliki obat penenang khusus balita Anda di kantung kursi di depan Anda.
  7. Sebaiknya tidak melihat keluar jendela. Jika Anda melihat sesuatu, harap segera palingkan wajah Anda.
  8. Ada saat di mana lampu bus akan padam tiba-tiba. Jangan khawatir, itu normal. Anda sebaiknya juga segera mematikan penerangan apapun semisal dari cahaya telepon seluler Anda jika terjadi hal demikian.
  9. Jangan memberikan tiket Anda kepada kondektur. Tiket Anda telah di-scan otomatis oleh sistem kami ketika Anda beli. Kami tidak memiliki kondektur.
  10. Mungkin akan ada yang meraba atau memegang kaki Anda. Tetap tenang dan jangan berusaha untuk menggeser kaki dengan cepat. Itu tidak akan bertahan lama namun kemungkinan hal itu akan terjadi lagi selang beberapa menit.
  11. Bisa jadi akan terdengar suara yang Anda kenal dari balik jendela. Sesuatu yang tidak jelas akan terlihat seperti ingin berbicara dengan Anda dari sana namun acuhkan saja sesuai peraturan nomor 7. Bus ini melaju dengan sangat kencang.
  12. Bagi penumpang yang duduk sendirian, tidak perlu khawatir jika Anda merasa duduk dengan seseorang. Itu normal. Jangan melakukan interaksi apapun padanya meskipun bertatap muka.
  13. Dilarang berfoto di dalam bus. Karena kami mendapat laporan bahwa kamera yang digunakan untuk berfoto dalam bus selalu rusak dan baik yang difoto dan memfoto selalu meninggal, atau setidaknya, menjadi tidak waras.
  14. Kami menghimbau bagi penumpang yang sering mabuk perjalanan, agar meminum obat yang telah kami sediakan di kantung kursi di depan Anda. Kami tidak menjamin keselamatan Anda jika sampai muntah di dalam bus karena sama saja Anda akan menarik ‘mereka’ bersama Anda.
  15. Akan ada suara-suara aneh dari langit-langit bus. Apapun kondisinya, jangan melihat ke atas. Anda akan benar-benar dibuat penasaran dengannya.
  16. Untuk menghindari suara-suara aneh yang sangat mengganggu, kami sarankan Anda untuk mendengarkan musik dari headphone Anda. Namun jangan terlalu keras karena bisa saja ‘mereka’ dapat mendengarnya dan akan menghampiri Anda.
  17. Bus ini memiliki AC di setiap bagian atas kursi penumpang. Namun kami memastikan AC tersebut dalam kondisi yang sangat baik. Jika ada tetesan air jatuh yang menurut Anda berasal dari lubang AC, mohon abaikan. Terlebih jika air tersebut berwarna merah.
  18. Bagi penumpang wanita yang sedang haid, jangan khawatir, jok kami dapat meredam bau darah Anda. Cukup merapatkan kaki Anda dan jangan terlalu banyak bergerak. ‘Mereka’ menyukai bau amis darah.
  19. Dilarang makan dan minum selama di dalam bus. Karena kami khawatir apa yang Anda makan bukanlah sama dengan makanan yang Anda lihat.
  20. Jangan bangkit dari tempat Anda duduk karena mungkin yang Anda lihat di depan atau di belakang Anda bukanlah hal yang menyenangkan untuk dilihat.
  21. Bagasi Anda akan aman di simpan di bagian atas bus, namun pastikan tidak membawa sejata tajam kecuali dengan dibungkus rapi seperti membungkus paket. Sering ada laporan bahwa setiap benda tajam selalu hilang dan pernah ditemukan di lantai bus dengan sedikit noda darah. Jika terlupa, kami sudah menyediakan bubble wrap di kantung kursi di depan Anda dan Anda harus bertindak secepat mungkin sebelum ketahuan oleh ‘mereka’.
  22. Bisukan telepon seluler Anda. Dilarang menerima telepon dari nomor yang Anda tidak kenal, kemungkinan suara yang akan Anda dengar akan sangat tidak menyenangkan dan terus menghantui Anda.
  23. Cara paling aman untuk membuat Anda tenang adalah tertidur. Tetapi pastikan Anda tidak mengigau. Jika Anda sulit tertidur, paling tidak dimohon agar mematuhi seluruh peraturan di atas.

Harap patuhi peraturan ini setidaknya hingga jam 4 pagi. Kami sangat menginginkan Anda selamat sampai tujuan.

Terima kasih telah menggunakan jasa angkutan kami.

Aku kini mengerti, suara-suara itu mulai muncul. Dan kakiku diremas-remas oleh sesuatu yang bertekstur keras, sedikit berduri, dan dingin. Aku berusaha tenang meskipun gemetar dan melihat sedikit jam tanganku, yang baru menunjukkan pukul 11 malam.

Suara mesin bus entah kenapa terdengar berubah menjadi suara ringkikan kuda yang setelah aku dengar baik-baik ternyata adalah suara banyak tawa dengan intonasi tinggi dan cepat.

Tak lama, tiba-tiba lampu bus mati total.

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
  • Selesai membaca? Jangan pergi dulu! 😉

    Minta waktunya sebentar dong, plis sebentaaarrr doang. Gak sampe 5 menit saya janji. Anandastoon minta saran dan komplain kalian di formulir berikut untuk membuat situs ini menjadi lebih baik. Komplain kalian sangat berarti bagi Anandastoon. Makasih ya sebelumnya.
    Oiyak! Untuk melihat apakah saran kalian didengar Anandastoon atau tidak, bisa cek ke halaman penerapan komplain berikut...


    Diskusi dengan Anandastoon


    Anandastoon baru saja buat forum untuk diskusi dengan sesama pembaca. Temanya banyak, mulai dari pengalaman horor, menarik, travelling, curhat, tanya jawab, programming, dan lain sebagainya. Mari kunjungi Forum Anandastoon

  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Kembali
    Ke Atas
    Mode Gelap