Artikel Pendek Masalah Sosial #4 : Generasi Micin

Ini adalah artikel saya seri pembahasan masalah sosial yang saya tidak bahas sepanjang artikel-artikel pandangan sosial saya yang biasanya.

So, I’ll keep this short and sweet.

Generasi MicinMonosodium Glutamat, atau MSG, atau glutamat, atau vetsin, atau micin, sering digunakan oleh setiap orang yang memasak untuk mendapatkan citra masakan yang lebih gurih. Lalu apa hubungannya dengan generasi saat ini yang disebut dengan Generasi Micin?

Negeri ini tidak pernah lepas dari namanya ‘kutukan’ paradigma, yang mudah mencuci otak, menjalar di dalam darah dan daging, dan menghantui kehidupan masyarakat sehari-hari. Maka dari inilah kebanyakan kita sensitif dari apa yang telah dibicarakan banyak orang, yang juga menjadikannya mudah untuk menyebarkan hoax.

Micin, tidak lepas dari hal tersebut. Banyak paradigma-paradigma negatif yang menyebutkan bahwa bangsa ini menjadi rusak karena terlalu banyak mengonsumsi micin, sehingga menimbulkan generasi yang bodoh, dan bersumbu pendek. Apa benar fitnah yang sedemikian keji itu patut disandarkan pada micin?

Tanpa harus dijadikan produk terpisah pun, micin atau glutamat sudah bersahabat dengan makanan kita sehari-hari, Beberapa sumber glutamat alami dalam bahan makanan. Dalam setiap 100 gramnya, terdapat 140 mg glutamat dalam tomat, 137 mg dalam tiram, 140 mg dalam jamur, 23 mg dalam telur, 102 mg dalam kentang, 130 mg dalam jagung, 176 mg dalam brokoli, 200 mg dalam kacang polong, 44 mg dalam daging ayam, 33 gram mg daging sapi, 1.090 mg dalam kecap, 1.200 mg dalam keju, dan 22 mg dalam ASI (tirto.id).

Jadi, tidak perlu sok suci untuk menghindari glutamat karena yang menjadi sebab generasi ini menjadi seperti ini pasti karena banyak faktor di luar micin yang tidak memiliki salah apa-apa. Oh c’mon, jika ada yang berpikir itu semua karena konsumsi micin yang berlebih, hellaw? Apapun yang berlebihan pasti memiliki efek samping.

Makanya saya bingung waktu semerta-merta generasi ini disebut dengan generasi micin. Saya pikir tadinya itu masuk akal karena mungkin artinya adalah generasi MaIn CINta2an.

Wait, yang bilang generasi micin jika makan bakso pasti pakai micin kan?

Ada yang belum jelas? Mengapa tidak berkomentar? :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • Ingin me-request sesuatu untuk saya bahas/saya posting? Saya akan pertimbangkan saran pembaca semuanya. Saya membuka saran kalian di kategori jalan-jalan, atau masalah sosial, atau cerita horor. Pastikan tidak spam, promosi, atau request konten dewasa. Atau bisa juga request fitur blog atau bahkan komplain.

    Isi request kalian di sini:

    Surel Anda (wajib)

    Apa yang ingin Anda request, sebuah deskripsi singkat (wajib)

    Terima kasih. :)