7 Cara Meningkatkan Standar Diri

Meningkatkan Standar Diri

Standar diri adalah sebuah pernyataan tentang bagaimana diri kalian menakar perbuatan kalian dalam melakukan sesuatu. Misalnya, dalam hal kedisiplinan dan kerja keras dalam berbagai bidang, dari mulai kesehatan, keuangan, kedisiplinan, pertemanan, hingga aktivitas keagamaan. Orang yang memiliki standar yang lebih tinggi dalam hidupnya, memiliki manajemen waktu yang sangat bagus sehingga keterlambatan dalam menepati waktunya sangat minim.

Orang-orang yang memiliki standar tinggi memiliki imbas menjadi orang yang lebih dihargai daripada orang-orang yang tidak. Di saat orang lain di sekitarnya hanya melakukan pekerjaan yang biasa, orang-orang yang berstandar tinggi memastikan bahwa pekerjaannya benar-benar efisien dan memiliki nilai yang sangat tinggi.

Saya akan membagikan setidaknya 7 tips bagaimana kalian meningkatkan standar hidup kalian.


  • Buat daftar rencana esok hari setiap malam

Agar ketika esok hari kalian bangun dengan semangat, kalian perlu untuk menyusun apa saja yang kira-kira kalian akan lakukan dan selesaikan pada esok hari. Daftar rencana ini tidak begitu sama dengan daftar tugas, ini hanyalah daftar yang memuat target-target yang kalian akan lakukan sebanyak mungkin pada esok hari.

Semakin banyak rencana yang diwujudkan pada esok hari, maka semakin dapat membantu tidur nyenyak pada malam harinya.

  • Nilailah diri kalian sendiri

Berapa nilai kebaikan yang saya dapatkan hari ini? Dapatkah itu diperbaiki lagi? Selalu introspeksi dan memberikan penilaian terhadap diri sendiri akan membantu menaikkan standar diri kalian. Contohnya, jika hari ini kalian menunjukkan jalan kepada seseorang hanya dengan jari kalian, mungkin lain kali kalian dapat menunjukkan jalan kepada orang lain dengan mengantarnya langsung.

Inilah yang dilakukan di negara-negara maju. Tidak hanya kecerdasan, etika atau akhlak mereka pun terus disempurnakan meski sudah terlihat begitu baik.

Jadi, berapa kualitas hidup kalian hari ini? Dapatkah kalian menilainya dengan angka-angka? Akankah kalian tertantang untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi pada esok hari?

  • Bandingkan dengan para profesional

Ingin menjadi lebih baik tentunya harus mau dibandingkan dengan orang yang jauh lebih baik. Kalian mungkin benar-benar penasaran bagaimana proses para profesional tersebut sehingga dapat menjadi seseorang yang banyak dilirik oleh orang-orang. Bagaimana keseharian orang-orang tersebut, bagaimana cara mereka menghadapi masalah, memanajemen waktu mereka, dan sebagainya.

Selalu ada yang menarik dari mereka untuk kalian tiru, tentunya kegiatan positif mereka yang dapat mendongkrak standar hidup kalian.

  • Jangan mempush diri kalian terlalu keras

Seseorang yang ingin memiliki tubuh ideal perlu berolahraga dengan maksimal. Namun beberapa orang ingin mendapatkan itu dengan instan sehingga mereka berolahraga terlalu keras yang pada akhirnya berdampak buruk kepada diri mereka sendiri.

Para atlet yang sudah ahli memiliki waktu untuk beristirahat, mereka pun terkadang memakan fast food sesekali, mereka bertravel, dan melakukan sesuatu tanpa ada tekanan yang terlalu berat untuk mereka sendiri.

Jangan membunuh diri kalian dengan melakukan aktivitas yang terlalu berat, karena proses yang normal adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Cukup catat kemajuan kalian dari waktu ke waktu agar kalian dapat menakar hasilnya.

  • Cari teman yang mendukung

Kalian memerlukan teman-teman yang mau diajak untuk berproses dengan kalian. Karena bagaimanapun, bersama lebih baik daripada sendiri. Setidaknya, teman kalian bersedia memberikan berbagai motivasi dan juga memberikan solusi di saat kalian membutuhkannya.

Jadi bukan hanya sekedar teman yang kalian cari untuk tertawa bersama.

  • Belajar hal baru

Semakin banyak pengetahuan yang kalian dapat, maka kalian akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah-masalah hidup kalian. Hal yang seperti ini dapat membuat orang lain kagum dan mulai mencoba untuk belajar dari kalian.

Hari ini pengetahuan sudah dapat diakses dengan mudah, lewat internet contohnya. Namun pastikan hanya cari pengetahuan yang sesuai kebutuhan kalian saja, yang kemungkinan dapat meningkatkan kualitas hidup kalian lewat sumber yang dipercaya.

  • Hindari segala bentuk penundaan

Ini tips pamungkas yang setiap orang tahu. Namun bagaimana caranya mengatasi masalah penundaan yang merupakan alias dari kemalasan?

Rasa malas merupakan hal yang wajar bagi setiap manusia. Namun meminimalisir waktu penundaan adalah hal yang menjadi sorotan. Jika kalian bangun tidur menunggu waktu satu jam untuk beranjak mandi, cobalah untuk menguranginya menjadi 30 menit, 20 menit, atau bahkan hingga menit.

Catatlah prestasi kalian setiap hari, dan rasakan bagaimana dampak positifnya bagi kehidupan kalian.

Ada yang belum jelas? Mengapa tidak berkomentar? :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • Ingin me-request sesuatu untuk saya bahas/saya posting? Saya akan pertimbangkan saran pembaca semuanya. Saya membuka saran kalian di kategori jalan-jalan, atau masalah sosial, atau cerita horor. Pastikan tidak spam, promosi, atau request konten dewasa. Atau bisa juga request fitur blog atau bahkan komplain.

    Isi request kalian di sini:

    Surel Anda (wajib)

    Apa yang ingin Anda request, sebuah deskripsi singkat (wajib)

    Terima kasih. :)