15+ Stasiun Kereta Unik Di Seluruh Dunia

Stasiun Kereta Unik

Setelah terinspirasi dari bentuk Stasiun Bawah Tanah Bendemeer sewaktu saya ke Singapura tahun lalu. Saya tiba-tiba terbetik ingin menambahkan postingan yang memuat mengenai stasiun-stasiun unik dari seluruh dunia sebagai penghibur dan pencetus ide.

Saya mengambil gambar-gambar stasiun dari berbagai situs dan mengumpulkannya di sini yang menurut saya paling unik dan tidak hanya sekedar bagus atau tidak biasa. Jadi gambar-gambar berikut mungkin temanya campuran, dari mulai arsitekturnya bagus, futuristis, hingga aneh, dan tidak biasa.

Silakan dinikmati ~

Dan semoga suatu saat kita memiliki beberapa desain fasilitas publik yang menarik perhatian dan berkesan.

Lagi, selamat menikmati ~


1. Spanyol, Stasiun Atocha

Stasiun Kereta Unik

Dibangun pada tahun 1851, Stasiun Atocha merupakan stasiun pertama di kota Madrid. Yang unik di stasiun ini adalah, taman-taman hijau tropis seperti hutan mini yang membuat nyaman mata selagi menunggu kereta. Benar-benar stasiun Go Green.

2. Thailand, Stasiun Hua Hin

Stasiun Kereta Unik

Stasiun mini yang cantik ini didirikan oleh Pangeran Thailand Purachatra Jayakara tahun 1926, meskipun sebenarnya stasiun tersebut sudah ada dari tahun 1910. Jadi mungkin sang Pangeran hanya memugar saja. Tapi bentuk pugarannya unik, seperti rumah elit di tahunnya yang hingga sekarang menjadi pusat perhatian bagi turis-turis.

Tapi sebentar, stasiunnya masih aktif nggak ya?

3. Perancis, Gare de Strasbourg

Stasiun Kereta Unik

Dibangun 1883, dan ditambahkan casing kaca futuristis tahun 2007. Di sinilah stasiun yang menyatukan konsep masa lalu dengan masa depan. Stasiun ini menghubungkan Paris, Berlin, dan Vienna. Pecinta arsitektur saya yakin betah jika setiap hari disuruh menunggu kereta di sana.

4. Selandia Baru, Stasiun Dunedin

Stasiun Kereta Unik

Stasiun mewah antik di Selandia Baru yang dibangun 1906 ini mirip rumah kue yang ada di dongeng-dongeng itu. Saya tidak tahu apakah stasiun besar ini hanya dipakai sekedar untuk menunggu kereta atau memang sekaligus pabrik pencetak kue-kue lezat yang membuat dongeng rumah kue itu jadi nyata?

5. Jepang, Stasiun Kanazawa

Stasiun Kereta Unik

Desainnya Jepang banget… apalagi jika kalian senang menonton anime-anime Jepang yang ada kuil merahnya itu.

6. Malaysia, Stasiun Kuala Lumpur

Stasiun Kereta Unik

What? Negara tetangga punya stasiun antik begini? Saya pikir tadinya ini tuh kuil atau masjid gitu. Dibangun tahun 1910, nuansa desain islami yang kuat begitu kental di stasiun mewah ini. Oh, setali tiga uang, di dalamnya ada hotel dan restoran juga lho. Cocok memang.

7. Belgia, Stasiun Liege-Guillemins

Stasiun Kereta Unik

Sekarang serius, ini bukan bangunan yang ada di komik-komik superhero itu kan? Jadi stasiun keren yang dibangun 2009 ini cuma buat menunggu kereta doang begitu? Setelah saya baca lebih jauh, oh, stasiun kereta cepat. Kalau begitu ya, worth it sangat lah.

8. India, Stasiun Chhatrapati Shivaji Maharaj

Stasiun Kereta Unik

Saya merasa ribet untuk menyebutkan nama stasiunnya. Tapi kok orang niat ya bangun bangunan besar nan mewah hanya, untuk, menunggu, kereta, tok. Tapi, UNESCO sudah memasukkan bangunan stasiun ini ke dalam World Heritage Site, tahun 1997. Good, jadi bangunan antik begini nggak sia-sia.

9. Australia, Stasiun Spencer Street

Stasiun Kereta Unik

Atap bergelombang inilah yang membuat stasiun Spencer Street di Aussie ini menjadi dikenal banyak orang. Dibangun tahun 2002 dan selesai tahun 2006, stasiun ini sukses menjadi landmark kota tersebut.

10. Jerman, Stasiun Quirin Platz

Stasiun Kereta Unik

Ini arsiteknya pinter, jadi bagaimana caranya biar stasiun kereta bawah tanah yang gelap dan menyeramkan dapat menghemat biaya listrik untuk penerangannya. Maka jadilah Stasiun Quirin Platz ini, yang langsung mendapatkan sinar mentari sebagai sumber pencahayaan di siang hari.

11. Swedia, Stasiun T-Centralen

Stasiun Kereta Unik

Saya tidak tahu apakah stasiun subway ini memang di desain agar terlihat benar-benar seperti di bawah tanah. Ditambah lagi, mural-mural cantik yang menghiasi sepanjang koridor stasiun ini menjadikan stasiun ini menyabet gelar sebagai tempat galeri seni terpanjang di dunia.

12. Singapura, Stasiun Expo

Stasiun Kereta Unik

Rasanya tidak lengkap jika negara titik merah kecil itu tidak ada dalam daftar ini. Secara, banyak desain bangunan dan arsitektur di Singapura yang benar-benar menarik mata saya bak magnet di kulkas. Tentu saja, stasiun dengan fitur ‘UFO’ ini menjadi salah satunya yang harus menghiasi daftar ini hehe… Karena ‘UFO’ tersebut membuat refleksi kendaraan di bagian bawahnya, dan memantulkan cahaya matahari yang menyengat di bagian atasnya. Wew, keren.

Btw… saya sudah pernah mampir lho ke stasiunnya. Siapa pun yang dari Bandara Changi saya yakin pasti pernah mampir di stasiun ini jika pakai MRT.

13. Portugal, Stasiun Garo do Oriente

Stasiun Kereta Unik

Bohong, ini bukan stasiun! Ini bandara. Yah, mau dibagaimana pun juga, bangunan keren di atas hanyalah sebuah stasiun. Kok ya mewah begitu? Oh, awalnya dibangun untuk acara World Fair tahun 1998.

14. Perancis, Stasiun Bandar Udara Lyon

Stasiun Kereta Unik

Siapa ini? Tokoh Robot Superhero dari Jepang? Tapi menurut atsiteknya, itu gambar burung yang mengepakkan sayapnya. Ada-ada saja orang buat bangunan stasiun, tapi yang pastinya, bangunan stasiun ini benar-benar antik dan sangat dihargai.

15. Inggris, Stasiun Canary Wharf

Stasiun Kereta Unik

Dari luar mungkin biasa-biasa saja, saya tidak tahu. Namun begitu masuk ke dalamnya? Beuh, seperti memasuki dunia sains-fiksi atau dunia alternatif di masa depan yang sering kalian lihat di film-film fantasi yang bertema futuristis.

Mungkin di dalamnya siapa tahu juga ada ruangan khusus eksperimen-eksperimen teknologi untuk masa depan? Hehe…

16. Austria, Jalur Nordpark

Stasiun Kereta Unik

Kanopi unik stasiun dipadukan dengan pemandangan gunung-gunung. Wew, di daerah pedesaan ada kereta bawah tanah seperti ini? Penduduknya pasti bahagia maksimal. Oh, siapa yang mendesain kanopi futuristis begitu? Zaha Hadid, tidak perlu lagi dipertanyakan.

17. Jerman, Stasiun Bockenheimen Warte

Stasiun Kereta Unik

Salah satu stasiun bawah tanah tersibuk di Jerman ternyata memiliki pintu masuk yang sangat bercanda. Maksud saya bercanda di sini adalah benar-benar unik dan kreatif. Kita hanya berpikir bahwa ini adalah kereta zaman dulu yang pernah ambruk longsor ke dalam tanah, namun begitu masuk ternyata itu menuju ke stasiun bawah tanah yang luas.

Nih bagian dalamnya dari pintu masuk yang seperti itu.

Stasiun Kereta Unik

Wew, gilak.

18. Tibet (Cina), Stasiun Gunung Tanggula

Stasiun Kereta Unik

Tidak ada yang spesial dari bangunan stasiun ini. Tanpa atap, tanpa mesin vending, tanpa toilet, tanpa apa pun. Kereta pun jarang berhenti di stasiun itu meski banyak kereta yang masih lalu-lalang di rute tersebut. Yang perlu dicatat adalah, Stasiun Gunung Tanggula adalah stasiun tertinggi di dunia, mungkin berada di atas sebuah gunung. Mau tahu ada ketinggian berapa? Stasiun ini berada di ketinggan lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut! Sebagai perbandingan, gunung tertinggi di Indonesia saja, Puncak Jaya, tingginya hanya 4.884 meter di atas permukaan laut. *gelenggelengkepala

Ada yang belum jelas? Mengapa tidak berkomentar? :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • Ingin me-request sesuatu untuk saya bahas/saya posting? Saya akan pertimbangkan saran pembaca semuanya. Saya membuka saran kalian di kategori jalan-jalan, atau masalah sosial, atau cerita horor. Pastikan tidak spam, promosi, atau request konten dewasa. Atau bisa juga request fitur blog atau bahkan komplain.

    Isi request kalian di sini:

    Surel Anda (wajib)

    Apa yang ingin Anda request, sebuah deskripsi singkat (wajib)

    Terima kasih. :)