Portmanteau, Gabungan Kata yang Menjadi Kata Baru

Gabungan Kata

Setelah saya tuliskan artikel mengenai Tautologi Toponimi atau nama-nama daerah berulang yang mungkin kalian tidak sadari, sekarang adalah Portmanteau (gimana cara bacanya? Pormanto? Dari Bahasa Perancis kah?), sebuah ‘seni’ menggabungkan kata menjadi sebuah kata baru. Tapi jangan khawatir, Portmanteau bukanlah seni menciptakan kata-kata lebay nan alay.

Memang apa saja Portmanteau yang selama ini bersahabat dengan kita sehari-hari namun kita tidak sadari? Saya hanya mengumpulkan 10 saja contoh yang paling terkenal dan paling sering kita ucapkan dan kita dengar, meski sebagian besar kita tidak tahu apa itu Portmanteau.

Portmanteau itu sendiri juga merupakan portmanteau, yaitu gabungan kata dari Porter (pembawa), dan Manteau (jubah). Pembawa jubah?

Oh, dalam bahasa Indonesia, Portmanteau berarti Lakuran. Apa itu Lakuran? Saya sendiri baru dengar, semoga bukan bagian dari Portmanteau juga.

Biasanya banyak nama produk yang memang menggunakan Portmanteau karena memang menghasilkan nama unik. Mungkin saja Indomie merupakan Portmanteau atau gabungan kata dari Indonesian dan Mie, tapi saya tidak tahu.


Contoh Portmanteau:

1. Bollywood (Bombay + Hollywood): Industri film India. Saya pikir selama ini Bollywood hanyalah plesetan dari Hollywood. Ternyata ada maknanya. Ya ampun.

2. Brangelina (Brad Pitt + Angelina): Ini merupakan tradisi baru guys (udah lama sih sebenernya) di mana nama kalian dan nama pasangan kalian digabungkan jadi sebuah nama baru. Kalo Paijo dengan Tukiyem jadinya apa ya? Paiyem? Tukijo?

3. Cineplex (Cinema + Complex): Penggemar film yang suka bawa pacarnya ke Bioskop pasti tahu apa itu produk Cineplex, namun mungkin sedikit yang tahu bahwa Cineplex merupakan Portmanteau. Tapi saya sendiri jarang ke bioskop karena tidak ada yang bisa saya ajak. *hiks, jadinya nonton film bajakan aja via Youtube. (OOPS…!)

4. Cosplay (Costume + Play): Ini salah satu yang membuat saya kaget ternyata maknanya jadi jelas begini. Selama ini saya hanya menyebut “Cosplay” saja tok.
*cari Hatsune Miku di JCC…

5. Emoticon (Emotion + Icon): Yang ini kita mungkin sudah pada paham guys, sebuah seni menulis bak zaman Mesir Kuno.

6. Infotainment (Information + Entertainment): Udah sebut aja tayangan gosip. Ini tayangan yang paling disukai oleh emak-emak, biasanya sehabis memasak atau mencuci.

7. Internet (International + Network): Apa? Saya pikir internet ya internet. Ternyata ada kepanjangannya.

8. Malware (Malicious + Software): Sebuah ancaman jika kalian salah klik tombol download di internet. Ada yang tahu perbedaan Malware dan Virus?

9. Motel (Motor + Hotel): Adalah hotel (biasanya harganya ramah dompet) yang memang digunakan untuk orang-orang yang bepergian memakai kendaraan bermotor.

10. Workaholic (Work + Alcoholic): Bahasa gampangnya “Mabok Kerja”. Sebutan untuk orang-orang yang seneng banget kerja sampai kurang tidur, kurang makan, dan kurang piknik. *cek lingkaran hitam mata di cermin toilet

Dan yang terakhir, ini Portmanteau yang super bersahabat dengan kita:

Sinetron (Sinema + Elektronik): Appaaaa??? *kamera juum plus efek suara jeng-jeng…

Ada yang belum jelas? Mengapa tidak berkomentar? :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • Ingin me-request sesuatu untuk saya bahas/saya posting? Saya akan pertimbangkan saran pembaca semuanya. Saya membuka saran kalian di kategori jalan-jalan, atau masalah sosial, atau cerita horor. Pastikan tidak spam, promosi, atau request konten dewasa. Atau bisa juga request fitur blog atau bahkan komplain.

    Isi request kalian di sini:

    Surel Anda (wajib)

    Apa yang ingin Anda request, sebuah deskripsi singkat (wajib)

    Terima kasih. :)