Coco

Disney/Pixar: Coco, adalah sebuah film dari Pixar yang menceritakan seorang anak yang bercita-cita menjadi pemusik namun dilarang oleh keluarganya yang anti musik disebabkan oleh sejarah keluarga mereka yang menceritakan bahwa buyut mereka meninggalkan keluarganya untuk menjadi seorang musisi namun tidak pernah kembali. Film ini berlatar di Meksiko.

Film Coco sewaktu tayang benar-benar diganggu oleh film ‘pendek’ Frozen yang membuat para penonton bingung dan bahkan ribut-ribut dengan petugas bioskop bertanya apakah benar mereka tidak salah ruangan. Beberapa pun hengkang bahkan sebelum Coco dimulai. Resek ya Disney…

Ini adalah kali kedua saya mereview film Disney sejak kemarin saya ulas film Ralph: Breaks The Internet tepat setelah saya tonton filmnya di bioskop. Semenjak itu saya menjadi senang melihat film-film animasi Disney & Pixar. Yang saya tonton full pertama film sekuel Ralph tersebut adalah Moana, yang mungkin dalam waktu dekat saya akan tulis reviewnya di sini.

Ironisnya, Coco adalah film terakhir yang saya tonton sebelum saya menulis ini karena saya pikir awalnya Coco hanyalah film anak kecil yang bertemakan musik dan berkawan dengan orang-orang mati. Jadi saya tidak tertarik. Namun setelah saya paksakan nonton filmnya ketika makan di Sol*ria saya berubah pikiran 195 derajat mengenai Coco.

Selesai film saya tonton, saya sadar jam sudah menunjukkan hampir pukul 10 malam dan restoran sudah mulai sepi. Padahal di meja saya cuma ada es teh tawar doang… hahah.


Keseruan: 8/10

Tidak ada yang tahu bahwa budaya hari peringatan orang-orang yang telah meninggal akan menjadi sensasi unik bagi cerita yang disuguhkan.

Miguel (tokoh utama) masuk ke dunia orang meninggal karena mencuri gitar dan membuat roh-roh kaget bukan kepalang. Di sini tantangannya adalah mendapat restu dari para buyut yang juga menentang musik untuk kembali ke dunia nyata.

Coco

Saya begitu kaget ternyata konflik dan klimaks film ini justru berada di atas panggung hiburan. Tentu saja sangat jauh berbeda dengan film-film lain yang memiliki adegan bertarung di ruang terbuka dan tempat-tempat klise. Bahkan, klimaksnya dibuat dengan sangat kreatif hingga para penonton konser tidak tahu jika para tokoh sedang dalam suasana konflik.

Alasan bintang hanya 8 dari 10 alias kurang 2, sebab di adegan awal terlalu fokus kepada pengenalan karakter sehingga agak sedikit boring. Kemudian beberapa adegan kemudian di dunia orang-orang mati memang terkesan ‘flat’.


Humor: 7/10

Karakter orang-orang mati digambarkan oleh Pixar dengan rangka manusia berjalan, yang pasti berhubungan dengan tulang-tulang. Di sini Pixar sepertinya sangat cerdas menguasai hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan tulang sehingga gerakan karakter dan pengisi-pengisi waktunya sehingga humor ‘receh’ Pixar dengan tulang-tulang tersebut cukup didapatkan.

Alasan bintangnya kurang 3, Coco merupakan film yang lebih mendrama sehingga komedinya agak kurang.


Musik: 7/10

Ini adalah kali pertama Pixar ‘memaksa’ karakter-karakternya untuk bernyanyi. Bahkan film Brave di mana Merida sudah digolongkan menjadi incess Disney, tetap tidak ada satu pun nyanyian yang terucap langsung dari bibir Merida. Sedangkan Coco, karakternya memiliki banyak jumlah musikal yang dihasilkan.

Dan you know, klimaks film ini adalah di atas panggung konser yang ditonton ribuan mayat (kalo asli sih horor) dan karakternya sedang dalam aksi bernyanyi.

coco

Btw, lagu favorit saya adalah ‘Remember Me’. Coba cari deh versi instrumen biolanya di Youtube. Itu lagunya bener-bener cweet ~

Alasan bintangnya kurang 3, meski musiknya tergolong nyaman di dengar, namun mungkin saya tidak begitu berselera untuk mengingatnya. Mungkin karena bahasanya banyak kata ‘termos’ kali ya hahah. Estรก en Espaรฑa, mi amigo. Yo no lo se este idioma. Gracias…


Cerita: 9/10

Mata saya benar-benar berhasil dibuat melotot oleh film ini. Ya ‘now? Baru sempat nafas saja sudah ada plot twist! Ceritanya benar-benar cepat sehingga saya sedikit bingung karena ‘roketnya sudah tiba di bulan’ padahal masih setengah jalan. Bahkan di tengah jalan pun, plot twist lain bermunculan.

Cerita ini kaya plot twist, dan cerdas! Logika kalian mungkin akan dicabik-cabik jika menonton Coco dalam keadaan ‘kosong’, sebab jalan ceritanya seperti anak pramuka yang mahir bermain tali-temali.

Jalan cerita tokoh antagonisnya pun kreatif, bahkan matinya pun lebih membuat puas karena karmanya benar-benar membuat DejaVu yang jadi kenyataan.

Bahkan, belum puas Pixar membombandir perasaan penontonnya dengan gunungan plot twist yang terjadi di cerita, Pixar juga super iseng menyisipkan plot twist di judul filmnya. Benar, Coco adalah sebuah plot twist, jika kalian belum tahu bahwa Coco dialamatkan kepada apa/siapa.

Alasan saya kasih nilai 9 di sini, jalan ceritanya agak kurang greget. Tapi serius, persetan dengan jalan cerita greget. Mengapa masih senang yang greget-greget jika memang plot twistnya ternyata lebih greget daripada hanya yang sekedar greget-greget hingga kalian lebih gregetan dari greget yang telah kalian gregetkan? Gregetnya greget yang lebih greget dari greget yang cuma greget. Apa greget kini masih terdengar seperti sebuah kata?


Animasi: 9/10

Visualisasi dunia orang mati benar-benar surreal. Jika kalian melihat film Disney kebanyakan digambarkan sebagai film fantasi dengan istana-istana dan air terjun, Pixar mencoba mode yang lebih greget (greget lagi aja) dengan menggambarkan fantasi alam gaib. Eh, ada transportasi publiknya juga lho yang memudahkan travelling di dunia lain tersebut.coco

Pencahayaannya, materialnya, pemilihan warna efeknya, benar-benar terbawa ke dalam suasana para mayat (hiiii) yang justru ini adalah nilai plus. Animasi dan gerakan-gerakannya pun sangat terlihat natural dan ‘tidak biasa’. Berjalan a la tengkorak? Film ini menggambarkan semuanya.

Alasan saya tidak menyempurnakan nilai animasinya, yes ini memang bukan film fantasi yang -terlalu- fantasi. Hanya dunia mayat (hiii pt. 2)… So, what d’ya expect?


ย Nilai keseluruhan: 9/10

Kesimpulannya, film animasi Disney/Pixar Coco merupakan film yang terlihat remeh namun ternyata itu semua hanya sangkaan awal. Wajar soalnya yang pertama kali dilihat di poster adalah tengkorak dan mayat (hiii lagi). Tetapi ternyata setelah dinikmati, film Coco ternyata memiliki jalur cerita yang lumayan parah dan penuh dengan plot twist.

Akhir film ini cukup klise, tapi setidaknya jalan cerita dan serangkaian plot twist yang cukup gila sudah sangat menyelamatkan ending yang mudah ditebak ini. Lagipula, mengapa masih mempermasalahkan ending jika kita sudah memiliki jalur cerita dan plot twist yang greget dan lebih greget dari setiap greget yang membuat kalian greg… (Stop that already!).

Direkomendasikan. Serius.

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
๐Ÿค— Selesai! ๐Ÿค—
Anandastoon punya kumpulan game dan beragam interaktif asik lho.
Kalau mau meluncur, klik di sini. ๐ŸŽฎ๐Ÿ’ 

Nilai

Polling

Sugesti

Permainan


  • Sebelumnya
    Mengapa Saya Sering Merasa Tidak Berguna?

    Berikutnya
    Akhirnya Pin Adsense Datang Juga


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. ๐Ÿ˜‰

    Kembali
    Ke Atas
    Pakai tema nostalgia

    Sebentar ya... Anandastoon ganti kulit dulu hehe... ๐Ÿคญ
    Menerapkan tema

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. ๐Ÿ˜Š


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. ๐Ÿ˜‰

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. ๐Ÿค—

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. ๐Ÿค—

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll ๐Ÿ‘‡

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. ๐Ÿ”ฎ

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? ๐Ÿ˜ฑ Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.