Pasif Produktif

Hal ini terpikirkan oleh saya saat saya sedang pergi ke toilet saat saya sedang bermalas-malasan. Saya memahami bahwa sebagian orang terkadang sudah terlalu lelah dengan pekerjaannya hari itu sehingga setelah ia pulang dari tempat kerja, ia sudah kehilangan seluruh motivasinya hingga ia tertidur.

Berapa orang yang kini sudah tidak lagi aktif berkarya karena aktivitas utama mereka sudah cukup untuk menguras tenaga mereka pada hari itu, sedangkan ketika tiba hari libur kerjanya, ia lebih memilih untuk menghabiskan waktunya khusus untuk beristirahat dan bermalas-malasan di atas kasur empuknya alias rebahan.

Inilah mengapa banyak blogger, musisi, desainer, atau orang yang memiliki kegiatan lain di samping pekerjaan utamanya sudah tidak lagi memperbaharui kembali karya-karyanya. Beberapa penikmat karya mereka seakan merasa kehilangan dan akhirnya menjadi sesuatu yang agak disayangkan.

Mungkin beberapa dari mereka ada yang benar-benar memilih untuk pensiun, namun sebagiannya lagi ada yang masih ingin melanjutkan karyanya di sela kepadatan waktunya.

Saya pribadi, bekerja hampir 10 jam setiap harinya di hari kerja, namun alhamdulillah saya masih memiliki waktu yang cukup untuk menulis artikel di blog ini dan melakukan sesuatu yang lain. Dari sanalah saya terpikir bagaimana cara untuk tetap menjadi produktif, meski saat tidak melakukan apa-apa, atau bahkan saat rebahan.

Hanya 5 tips, mungkin membantu. Mungkin tidak selamanya mengenai rebahan, saat kita sedang berlibur pun kita dapat menjadi produktif meski kita tidak sedang melakukan apa pun.


Memanfaatkan sisi lain internet

Daripada hanya tiduran dan menggulir-gulir sosial media, lebih baik menggunakan gadget dan internet untuk keperluan yang akan bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Contohnya? Bagi saya yang senang menulis artikel misalnya, saya biasanya mencari-cari ilmu baru yang segar dan berhubungan dengan kegiatan menulis saya tersebut. Seperti, bagaimana tips yang jitu untuk memperbaiki gaya penulisan, mempelajari bahasa yang lebih mudah dicerna orang lain, dan tentu saja, cara ampuh untuk mempublikasikan tulisan.

Hari ini paket internet sudah jauh lebih murah dibandingkan beberapa tahun lalu, bahkan orang yang bekerja menjadi staf bawah saja mampu untuk membuka situs video di internet semisal Youtube dan kawan-kawannya. Pertanyaannya, apa yang sering kita tonton? Apakah hanya humor-humor receh dan kita benar-benar hampir putus asa mencari-cari konten hiburan tiap rebahan?

Hari ini banyak ‘orang baik’ menjajakan ilmunya secara gratis dengan syarat yang sangat ringan seperti hanya menonton iklan yang durasinya beberapa detik saja. Mengapa kita tidak mulai mengubah cara rebahan kita menjadi sebuah aktivitas rebahan yang lebih bermanfaat?


Manfaatkan teman sekitar

Melakukan chatting dengan teman saat sedang beristirahat adalah salah satu kegiatan para milenial hari ini yang hampir tidak luput dari agenda yang tidak tercatat setiap harinya. Jika bagian belakang tubuh sudah menempel dengan tempat empuk, sulit rasanya untuk tidak membuka gadget dan menekan ikon aplikasi chatting kita.

Memang apa sih yang biasanya dibicarakan saat chatting? Variatif, dari mulai membicarakan orang lain, memberikan laporan mengenai apa yang seseorang alami pada hari itu ke lawan bicaranya, hingga ‘merusuh’ di dalam sebuah grup chat, atau sekedar menyaksikannya.

Mengapa tidak sekali-kali mencari lawan bicara yang setidaknya dapat memberikan sebuah pencerahan kepada kita? Manusia pada dasarnya senang akan hal baru, apalagi yang dapat bermanfaat bagi hidupnya. Mengapa tidak mulai untuk menyisipkan topik pembicaraan menjadi lebih berbobot dan berfaidah?

Yah, mungkin dapat dimulai dari membahas apa teknologi yang sedang berkembang saat ini dan penasaran bagaimana teknologi itu dapat berpengaruh bagi kehidupannya?


Tinta sebagai pengganti tali

Inspirasi biasanya selalu datang saat kita tenang, saat pikiran kita jernih, dan saat kita sedang berada di dalam atmosfer yang nyaman. Inilah mengapa kita sering mendapatkan inspirasi saat kita beribadah atau di tempat ibadah, di alam terbuka, di kamar mandi, daaann… tentu saja saat kita rebahan.

Sialnya, banyak inspirasi dan keinginan untuk melakukan sesuatu justru terjadi saat kita sedang tidak ingin melakukan apa pun. Dan ketika kita mulai untuk melakukan apa pun… inspirasi-inspirasi tersebut bak burung-burung yang terbang spontan saat kita ingin dekati. Pada akhirnya? Kita kembali rebahan.

Mengapa kita tidak menyediakan buku dan kertas di dekat kita saat kita sedang berada di tempat tidur? Padahal gadget kita sudah dapat menggantikan buku dan kertas tersebut jika kebetulan mereka sedang tidak ada.

Cobalah untuk tuliskan dengan inspirasi tersebut kita ingin melakukan apa, detailnya bagaimana, dan tulislah dengan singkat agar inspirasi lain yang sedang mengantri tidak lekas pergi.


Korek setiap melodi

Rebahan membosankan? Mengapa bantalnya tidak dipadankan headset? Beberapa lagu-lagu instrumental hingga lawas mungkin dapat mengetuk suatu pintu di otak kalian yang kalian bahkan belum pernah menyadari bahwa pintu tersebut ada di otak kalian.

Beberapa musik lawas terkadang membangkitkan inspirasi seperti saya telah bahas di artikel berikut dan artikel berikut. Pemusik zaman dulu membuat komposisi seluruh aspek instrumen dan melodi dengan sepenuh jiwa mereka. Maka jangan heran, banyak karya-karya yang terinspirasi dari musik-musik tersebut.

Saya tidak menyarankan mendengarkan lagu yang hanya ditujukan untuk mendukung mood semata. Seperti jika kalian galau atau sedih, maka kalian mendengarkan musik yang membuat kalian tambah galau dan depresi.

Saya misalnya mendengarkan lagu orkestral yang bernada semangat untuk memacu apa ide yang dapat saya cetuskan untuk membuat saya semakin produktif. Salah satunya adalah lagu berikut.


Meneropong jauh ke pusat

Terakhir, sebelum tidur atau saat rebahan kalian bisa mulai memikirkan apa saja kekurangan kalian selama ini. Introspeksi atau muhasabah, tepatnya.

Contohnya, mengapa semakin hari saya menjadi cepat lelah dan semakin hari saya semakin tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu? Apakah dengan watak saya yang mengalami penurunan seperti itu saya akan meraih cita-cita saya seperti yang saya impikan?

Semoga dari pemikiran seperti itu diri kita menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

Lebih ekstrem lagi, kita dapat memikirkan permasalahan yang terjadi di daerah kita, di negara kita, bahkan di planet kita yang sedang terjadi hari ini. Mengapa negeri ini selalu memiliki tingkat korupsi yang sangat tinggi? Mengapa banyak orang yang pintar namun mereka tidak dihargai? Mengapa banyak saudara sebangsa dan seagama yang sering berperang?

Terkadang, inovasi yang brilian tercetus dari seringnya kita melihat setiap detail yang kurang di segala aspek. Dengan seringnya kita melatih otak kita untuk berpikir seperti ini, diharapkan kita dapat menjadi lebih bijaksana dan lebih terbuka.


Yup, that’s all folks. Semoga lima poin tersebut di atas dapat setidaknya membuat saat-saat rebahan kalian menjadi lebih berkualitas dari sebelumnya. Yuk, rebahan! Wahahah!

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
๐Ÿค— Selesai! ๐Ÿค—
Ada masalah kesehatan mental? Bingung curhat ke mana?
Curhat ke Anandastoon aja! Mari, klik di sini. ๐Ÿ’—

Nilai

Polling

Sugesti

Permainan


  • Sebelumnya
    Reborn dan Remake, Saat Kreativitas Bertemu Batas

    Berikutnya
    7 Kiat Agar Traveling Berpahala dan Bermanfaat, InsyaAllah


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. ๐Ÿ˜‰

    Kembali
    Ke Atas

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. ๐Ÿ˜Š


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. ๐Ÿ˜‰

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. ๐Ÿค—

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. ๐Ÿค—

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll ๐Ÿ‘‡

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. ๐Ÿ”ฎ

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? ๐Ÿ˜ฑ Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.