Hambalang

Sebetulnya saya tuh kepincut sama dataran-dataran tinggi yang ada di sekitar Sentul, yakni Gunung Pancar cs, yang membentang dari depan Sentul, sampe… Puncak! Serius, Puncak yang banyak orang Arab itu hehe…

Aye taunye Puncak yang langganan macet bang kalo wiken…

Sama aje tong! Puncak yang itu-itu jugak.

Saya tuh sebenernya udah gak begitu pengen lagi jalan-jalan ke tempat-tempat wisata mainstream gitu loh, mau bener-bener punya waktu berkualitas sama diri sendiri aja.

Kalo bahasa kerennya, me time lah ya…

Jadi sekarang saya lebih milih ngayap ke tempat yang bener-bener nggak dikelola, tapi seenggaknya bisa dijamah lah. Cuma buat menyerap esensi alam aja, jadi parpum.

Yup, parfum buat otak dan hati. Ciiyeee najez banget bahasa loe bang!


Kemesraan hakiki

Jam 9 lewat saya bangun, rencana mau ngayap jam 10 aja.

Persis dengan ramalan cuaca dari layar HP, TERANG!!! Saya bisa liat mentari uda live manggung di langit. Whuaaa…

Etapi mau kemana? Iya, saya tau ke daerah pegunungan yang di Sentul itu tapi mau dimananya? Yakale ngetok satu-satu itu gunung buat disambangin, uda kayak orang minta sumbangan.

Oh iya, saya inget dulu abis kerja, saya suka iseng ngacak-ngacak mbah Gugel Maps terus nyelup-nyelupin daerah satu-satu buat liat gimana Street Viewnya.

Ketemu! Saya nemu tempat yang omaigad keren beud Subhanallah. Saya liat nama tempatnya Bukit Hambalang. Wah, saya bisa sekalian wisata liat proyek mangkrak deh…

Ups, politik… *abaikan

Jam 10 lewat saya langsung seret si Kidil ke tempat tujuan!

Jalanan juga mulus-mulus aja, sampe mentok di Cibinong, aye lanjut ke Citeureup, arah Cibadak. Terus dikasi tau sama simbah Gugel kalo misalnya uda nyampe Conveyor yang di Citeureup itu, siap-siap belok kanan ke arah Hambalang.

Petunjuk jalannya juga udah kece kok. Ada plang tanda panah nempel di tembok rumah orang nunjuk ke arah Hambalang ~

Jalanannya muat satu setengah mobil tapi OK.

Sampai akhirnya saya nanjak dan terus nanjak, pemandangan indah dan udara sejuk mulai menyapa, menemani dirikuh yang single tapi kinclong ini.

Yup, tiba di tujuan… Jalanannya berubah jadi offroad dikiittt… tapi untung cerah!

Kalo lagi musim ujan bisa mendem ini Kidil njeblos ke dalem tanah kayak di sini.


Sekali menyelam tenggelem

Sebetulnya saya lewatin tempat namanya Taman Fathan, sampe tukang parkirnya ngira saya pengen parkir. Tapi saya milih lurus dikit wakakak.

Yoi, pengen bermesraan dengan alam dongz.

Coba, masa ada Gunung Salak uda melambai-lambai dari jauh dicuekin?

Hambalang

Saya akhirnya nemu lahan sempit di pinggiran lahan buat ngebuang si Kidil sementara dan saya fokus mengekstrak sekeliling.

Kadang suka lewat orang-orang desa, orang-orang yang seneng offroad, terus sama… pejabat? Saya nggak tau tapi emang kadang suka wara-wiri di sebelah saya.

Yaudalah saya cuekin, yang penting saya ingin berbalas pantun sama Gunung Salak!

Terus lagi enak-enak bergaya dengan angin kek di intro-intro anime begitu, saya dicolek-colek si Kidil, katanya dia pengen difoto.

Halah centil kale ini bulukusut. Tapi yaudalah emang saya jarang foto doi sih.

Nih nih:

Hambalang

Tengkyu… Misami.

Ah, alam sudah berada dalam genggaman, ceila… Semoga bisa saya olah nanti pas kerja jadi sesuatu yang bikin pelanggan saya hepi!

No pelanggan no cuan!

Eh, laper, uda zhuhur pulak. Saya coba mampir ah ke Taman Fathannya. Saya parkir de ~

Di depan pager tamannya banyak yang jualan, tapi ada plang “dilarang bawa makanan dari luar!”

Yowis moga-moga di dalem juga ada yang jualan. Tiket masuknya Rp5rb betewe.

Etapi ada musalanya, nyaman lagi! Tempat wudunya juga langsung di depannya. Di bawahnya toilet deh. Makasi de yang uda bangun fasilitas murmer begini.

Tamannya juga luas, rapi, cakep, kursinya banyak, ada ayunannya, ada yang beratep sama yang terbuka, dan… stand makanan!

Hambalang

Langsung saya pesen makanannya, ada nasi ayam geprek, tapi saya milih berger sama fishroll hehe. Masing-masing Rp15rb, terus stand minumannya terpisah. Saya beli kopi susu Asia (gak tau kenapa ada embel-embel nama benua di situ), Rp15rb juga.

Horeee… kafe terbuka. Saya sukak! Tapi mines wifi sama colokan… gapapa yang penting saya sukak!

Kapan lagi ngafe tapi plafonnya langsung gunung!

“PESANAN ATAS NAMA KAK MAULANA ~” saya dipanggil pake Toa. Asik berger sama fishroll uda redi!

Saya inget saya punya kuota sisa paket data, sambil nonton Youtube ah di lappy ~

Hambalang

Betewe ternyata satu berger aja uda bikin kenyang, hampir-hampir fishrollnya gak kemakan.

Mana minyaknya agak banyak, duh perut aye uda bakal kek perut babe nih…

Dan betewe, ini panasnya nyengat beud makin hari. Aw aw aw kulit ane tereak-tereak.

Terus laptop juga layarnya uda gak keliatan meski full brightness, kekubur sama cahaya dari matahari yang lagi pada joget TikTok. ๐Ÿ˜ฃ

Yowes, pas batere lappynya abis sejam kemudian, saya kembali bercipika-cipiki sama gunung…

Tapi sebelum itu, saya membereskan seluruh sampah makanan dan minumannya, saya buang ke tempat sampah, daannn… saya jadi perhatian sebagian orang.

Why? Why??? KenaWhy? Cuma buang sampah di tong doang beberapa orang ngeliat saya heran kek baru nemu alien. Pas saya liat ke beberapa meja, banyak banget sisa sampah pengunjung di atas meja yang abis makan terus ditinggal pulang. Oh… tapi yaudalah.

Saatnya kembali ke gunung. Hi gunung…

Hambalang


Full tank

Saat saya udah gak ngehandle lagi keindahan alam yang masuk ke sanubari, dan peoplenya juga makin banyak dan makin keos, saya akhirnya mulai minggir.

Oh, udah ashar, shalat dulu ah. Kapan lagi shalat di tempat yang lovely begini?

Setelah shalat, saya makin melotot karena peoplenya makin padet, ada anak yang tereak-tereak, emak-emak dangdutan, remaja selfie pada ngantri wakakak.

Yaudalah buh-bye dear ~

Bayar parkirnya goceng. Pas ditanya tukang parkir saya dapet tiket apa nggak, saya blak-blakan bilang “nggak”, dan “oh yaudah selamat jalan dan hati-hati ~”

Tengkyu deh siapa pun yang namanya Fathan uda bikin tempat seeksotis begini…


Galeri

Hambalang Hambalang Hambalang

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
๐Ÿค— Selesai! ๐Ÿค—
Anandastoon telah memiliki ikhtisar dan visualisasi tentang kemana saja Anandastoon telah ngebandel selama ini. Klik di sini.

Nilai Keterbacaan

Polling

Sugesti

Permainan

  • Sebelumnya
    Seni Brutalitas: Bogor, Curug Cigamea & Curug Balong Endah

    Berikutnya
    Awal Mula Saya Berani Solo Travelling



  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. ๐Ÿ˜‰

    Kembali
    Ke Atas

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. ๐Ÿ˜Š


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. ๐Ÿ˜‰

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. ๐Ÿค—

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. ๐Ÿค—

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll ๐Ÿ‘‡

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. ๐Ÿ”ฎ

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? ๐Ÿ˜ฑ Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.