orb

Orb atau bola energi (ada yang bilang “bola arwah” juga), sering dikait-kaitkan dengan keberadaan makhluk halus.

Sebetulnya nggak salah sih, karena memang orb “yang beneran” itu memang merupakan bukti dari eksistensi makhluk astral itu sendiri.

Tapi masalahnya, banyak yang nggak tahu mana orb yang asli dan yang cuma terkaan.

Saya pribadi jujur belum pernah menyaksikan orb secara langsung dengan mata kepala saya sendiri. Tapi saya merasa saat saya melihat foto-foto orb di grup-grup paranormal di internet, itu bukan orb yang saya ingin lihat.

Memang bagi saya bagaimana membedakan orb mistis yang asli dan yang bukan?

Saya bukan pakar, hanya penggila horor hehe, jadi analisanya ya analisa amatiran ~


Orb yang ‘palsu’

Saya pernah pakai kamera di tempat gelap, di jalanan yang lampu jalannya pada mati. Waktu itu mau coba jepret malam pake lampu flash kamera. Saya jepret aja deh.

Pas saya liat, hasilnya fotonya tetep gelap, cahaya kilatnya gak terserap sama tembok-tembok bangunan. Yang keliatan cuma warna langit yang coklat (mendung, banyak awan) sama lingkaran-lingkaran rupa-rupa bentuknya.

Saya langsung menyangka itu orb. Jadi saya langsung menghapus fotonya dan menyimpan kamera saya.

Sampai akhirnya beberapa tahun kemudian, saya berpikir kalau itu memang cuma partikel debu aja yang kebetulan dekat dengan lensa kamera.

Atau hanya lensa kamera saya saja yang memang harus di-lap.

orb

Banyak faktor orb-orb ‘palsu’ itu terlihat seperti bulatan energi, salah satunya karena mereka berjarak terlalu dekat dengan lensa.

Jadi saat fokus kamera mengarah ke sesuatu yang jauh, yang dekat jadi ngeblur. Ini bisa bikin partikel debu radiusnya jadi segede gaban. Efek ini biasa kita sebut dengan “bokeh”.

Kemudian bisa jadi ada orang yang memoto malam-malam saat sedang gerimis, jadi partikel-partikel air yang turun seakan menjadi orb.

Apalagi jika memoto partikel air hujannya memakai lampu kilat. Kecepatan shutter kamera jadi lebih tinggi saat memakai flash daripada saat tidak. Itu membuat partikel hujan menjadi lebih bulat (yang biasanya lonjong panjang) sebab kecepatan shutter yang tinggi.

orb

Belum lagi, penjepretan dilakukan saat malam-malam di luar rumah yang kebetulan sedang sangat gelap. Bisa jadi di antara kumpulan orb-orb palsu tersebut ada orb yang asli hehe.


Orb yang asli

Dulu saya suka banget nonton acara uji nyali. Meskipun memang katanya suara-suara ‘mistis’ yang terdengar pada saat uji nyali itu hanya keisengan kru saja.

Tapi saya akui ada beberapa kegiatan mistis yang memang benar-benar menangkap kejadian betulan. Para kru juga mungkin sangat kecil kemungkinannya untuk memiliki keisengan seperti itu.

Di antaranya saya pernah melihat orb yang asli di salah satu tayangannya.

Sebuah bola terang seukuran cahaya kunang-kunang terbang kesana kemari. Namun cara terbangnya aneh.

Saya bilang aneh karena seakan bola energi tersebut mengecek si peserta uji nyali beberapa kali, kemudian ‘kabur’.

Kemudian teman saya waktu mendapatkan proyek di pertambangan tengah hutan di Kalimantan pun pernah melihat orb juga.

Jadi waktu itu teman saya bercerita kalau hantu-hantu di sana masih ‘primitif’. Masih berwujud geometris seperti lingkaran, trapesium, atau bangun datar lain, melayang sebentar kemudian hilang.

Terakhir ada rekan saya sewaktu inspeksi pabrik malam-malam, sebuah orb yang tiba-tiba keluar dari sebuah lubang mesin, melayang tidak karuan, kemudian terbang entah kemana.

Kebetulan dia waktu itu sedang melakukan story di Instagram, mode Boomerang, jadi orbnya terlihat bolak-balik masuk dan keluar lubang mesinnya. Tertangkap story.

Beberapa teman-temannya juga mengonfirmasi bahwa itu memang orb.

Jadi kesimpulannya, orb mungkin dapat lebih meyakinkan jika kita saksikan lewat video.

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
๐Ÿค— Selesai! ๐Ÿค—
Punya cerita seram? Yuk di-share ke Anandastoon.
Klik di sini untuk panduannya. ๐Ÿ‘

Nilai Keterbacaan

Polling

Sugesti

Permainan

  • Sebelumnya
    Cerita Horor Quora 7: Penghuni Rumah Baru

    Berikutnya
    5 Musik Menyeramkan dari Game Jadul



  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. ๐Ÿ˜‰

    Kembali
    Ke Atas

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. ๐Ÿ˜Š


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. ๐Ÿ˜‰

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. ๐Ÿค—

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. ๐Ÿค—

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll ๐Ÿ‘‡

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. ๐Ÿ”ฎ

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? ๐Ÿ˜ฑ Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.