10 Bangunan Terinspirasi dari Gunung Berapi

Bangunan Terinspirasi dari Gunung BerapiSemenjak karantina COVID-19, saya memiliki waktu tidur yang semakin malam. Kebanyakan aktivitas kelelawar saya lakukan hehe… Ditambah, kuota malam MiFi saya berlimpah. Jadilah saya terlena dengan asiknya internetan hingga hampir menyentuh waktu shubuh.

Sempat suatu malam saya menonton video Mario Bros yang levelnya dimodif memiliki tema gunung berapi. Entah kenapa saya suka permainan-permainan yang settingnya itu di Gunung Berapi (yang keliatan gunungnya lho ya), apalagi kalau gunungnya meledak di latar belakang dan mengirimkan bebatuan untuk membuat levelnya lebih susah.

Dari sanalah saya kemudian terbetik ide untuk membuat ini. Ternyata banyak juga arsitek yang terinspirasi dari tema serupa. Soalnya kalau di film-film fantasi atau game, bentuk gunung berapi tuh unik-unik. Silakan dinikmati. ~


1. Kroasia, Blue Volcano Concept

Bangunan Terinspirasi dari Gunung Berapi

Bertempat di sebuah bukit buatan yang terbuat dari karet dan cat disemprotkan pada lembaran aluminium bergelombang, bangunan ini dijuluki “Blue Volcano”. Dirancang untuk kota Zagreb di Kroasia, pada fitur desain bangunan ini terdapat awan tenaga surya yang mengambang di atasnya, menampilkan nilai dari permainan dan informasi lainnya. Titik awan juga melindungi dari hujan dan salju, sehingga tidak diperlukan kubah untuk menutupi bangunan tersebut.

Saya lihat masih berupa konsep ya, kalau sudah jadi keren pastinya. Barangkali ada kembang api biru keluar dari lobang ‘kawah’nya?


2. Taiwan, Taichung Convention Center

Bangunan Terinspirasi dari Gunung Berapi

Arsitek MAD ingin memberikan kepada kota Taichung di Taiwan sebuah landskap arsitektur untuk menghormati pemandangan alam kelas dunia di wilayah tersebut dan bangunan Taichung Convention Center yang seperti kawah gunung tersebut menawarkan sebuah keeksentrikan yang tak terduga.

Yang ini masih konsep juga kah? Cepetan jadiin dong! Keren taw.


3. California, Ultra Modern Volcanic House

Bangunan Terinspirasi dari Gunung Berapi

Dengan landskap pemandangan gurun di sekitarnya, rumah ini terlihat hampir seperti sebuah pesawat ruang angkasa, bertengger di atas gunung berapi. Dibangun pada tahun 1968 di Newberry Springs, California, dua jam di sebelah timur Los Angeles, rumah gunung berapi telah disebut sebagai “karya modernis” dan, menurut Los Angeles Times, “dimaksudkan untuk menyerupai pusat informasi di lokasi konstruksi dari generasi nuklir di San Onofre. Harga bangunan seluas 60 acre ini di pasaran adalah $ 750.000.

Oke, yang ini setidaknya bukan cuma sekedar konsep. Rumah-rumah yang lain mau menyusul punya desain unik?


4. Mexico, Estadio Chivas Stadium

Bangunan Terinspirasi dari Gunung Berapi

Dari kejauhan, tampak seperti letusan gunung berapi sedang berlangsung: suatu awan putih raksasa mengambang di mulut gunung berapi. Tapi mendekatlah dan akan menjadi jelas bahwa ini bukan gunung berapi biasa. Estadio Chivas di Guadalajara, Meksiko memiliki dinding hijau yang terbuat dari taman yang miring dan dapat menampung 45.000 penonton. Memakan waktu dua tahun untuk agar tanaman pada dinding dapat tumbuh hijau sehingga efeknya seperti gunung betulan.

Stadion lagi, tapi emang paling mendekati bentuk gunung berapi sih.


5. Armenia, Earthquake-Proof Solar-Powered Volcano Towers

Bangunan Terinspirasi dari Gunung Berapi

OFIS Architectures All-Seasons Tent Tower menyediakan konsep struktur bangunan yang terdiri dari 2 bentuk silindris yang ditutupi oleh bentuk yang menyerupai jaring untuk mendukung reboisasi pada musim panas. Sesuai namanya, sistem inti kolom beton dan komposit di menara untuk membuat mereka tahan gempa, suatu pertimbangan penting di Armenia yang merupakan daerah yang rentan terhadap gempa bumi.

Bikin fitur simulasi lahar keluar juga dong hehe… Kreatif, saya suka!


6. Italia, Volcano Buono Shopping Center

Bangunan Terinspirasi dari Gunung Berapi

Tidak seperti semua gunung berapi itu buruk, yang ketika meletus dan menyebabkan banyak masalah, seperti Gunung Vesuvius, yang hanya beberapa kilometer jauhnya. Tetapi ‘gunung yang baik’ pun ada. Vulcano Buono menyatu dengan lanskap Italia, dan tidak seperti desain-desain yang lain, bangunan ini tidak hanya untuk olahraga dan acara khusus. Dirancang oleh Renzo Piano, Vulcano Buono merupakan rumah pusat perbelanjaan, teater terbuka, restoran dan hotel. Atap hijau yang membentuk dinding struktur vulkanik didukung lebih dari 2500 tanaman.

Serius tadinya ta pikir ini stadion. Eh ternyata Mall. Justru yang meletus itu hasrat belanja emak-emak saya yakin.


7. Moskow, Crystal Island

Bangunan Terinspirasi dari Gunung Berapi

Crystal Island akan menjadi bangunan yang memiliki luas terbesar di dunia jika telah selesai dibangun. Foster & Partners membayangkan Crystal Island sebagai sebuah komunitas tenaga surya dan angin yang dikemas dalam bentuk 900 apartemen, 3.000 kamar hotel, sebuah sekolah internasional untuk 500 siswa, teater, kompleks olahraga. Bangunan yang memiliki ketinggian 450 meter ini memiliki luas 5 kali dari luas Pentagon di US.

Pemabangunan bangunan ini tertunda karena masalah ekonomi yang sedang dihadapi. Yah.


8. Inggris Raya, BEI-Teesside Power Plant

Bangunan Terinspirasi dari Gunung Berapi

Dibangun di atas reklamasi brownfield sepanjang Sungai Tees, BEI-Teessidee pembangkit listrik biomassa oleh Thomas Heatherwick akan bangkit dari lanskap industri menjadi seperti gunung berapi modern buatan manusia. Pembangkit listrik, yang akan menghasilkan bahan bakar dari cangkang kernel kelapa sawit ini, akan ditutupi oleh penghijauan secara vertical untuk memberikan area ini sebuah titik fokus untuk pemakaian bahan organic.

Tebak bangunannya masih dalam angan-angan. Hish.


9. Kepulauan Canary, Jameos Del Agua

Bangunan Terinspirasi dari Gunung Berapi

Di balik dinding terbuat dari batu vulkanik di Kepulauan Canary terbesar keempat Spanyol, ada rahasia yang indah mengejutkan: laguna tersembunyi penuh kepiting albino buta yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia. Jameos del Agua terbentuk ketika langit-langit terowongan vulkanik, dibentuk oleh letusan gunung berapi Corona (wah nama virus dong) 3000-4000 tahun yang lalu, runtuh ke dalam dirinya sendiri. Sekarang objek wisata, Jameos del Agua memiliki kolam renang, aula, taman, restoran dan klub malam.

Ini kayaknya bukan bangunan yang terinspirasi dari gunung berapi deh, tapi memanfaatkan ruang dari kondisi gunung berapi yang sudah mati. Ya sudah saya masukkan saja ke daftar ini biar genap hehe…


10. Arizona, Roden Crater

Bangunan Terinspirasi dari Gunung Berapi

Sejak tahun 1970, James Turrell telah menyusun karya seni yang sangat tidak biasa: sebuah sistem terowongan dan kamar di dalam Kawah Roden, sebuah gunung berapi timur laut Flagstaff, Arizona. Hal ini tidak dijadwalkan untuk terbuka untuk publik sampai 2011, tetapi spekulasi tentang pekerjaan telah mencapai puncaknya di kalangan kritikus seni dan kolektor. Pekerjaan diselimuti kerahasiaan, tetapi beberapa orang yang telah mengunjungi mengatakan bahwa hal itu menyoroti aspek kawah dan lingkungan alamnya, seperti bintang di langit dan suara halus dari padang pasir.

Kalau bangunan yang ini justru terinspirasi dari kawah gunung berapinya. Boleh, boleh. Nice!

Isi kotak di bawah untuk berkomentar, atau artikel di atas dapat kalian diskusikan di Forum Terbaru Anandastoon. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • Diskusi dengan Anandastoon


    Anandastoon baru saja buat forum untuk diskusi dengan sesama pembaca. Temanya banyak, mulai dari pengalaman horor, menarik, travelling, curhat, tanya jawab, programming, dan lain sebagainya. Mari kunjungi Forum Anandastoon