Berisik

Salah satu yang bikin susah tidur adalah suara gaduh, bising, berisik.

Saya ngebayangin ada balita yang kzl nutupin kupingnya sambil bilang “Icciiikkk! Iiicccciiiikkkk!!!”

Saya pernah mendengar teman saya yang komplain karena jam tidurnya merosot sebab ada panggung dangdutan yang berjarak hanya beberapa inci dari dinding kamarnya.

Segala sumpah serapah yang membuat kita menutup telinga keponakan kita semuanya keluar dari mulutnya karena suara bising tersebut.

Nah, Anandastoon juga pernah mengalami itu. Tapi sebabnya bukan dari panggung dangdutan, orang gila yang merongrong, atau sirine isi amplop (isilop, iya… itu) yang membahana di jalan raya pinggir rumah.

Sebabnya mau tau dari mana sumber kebisingannya wahai sodarah-sodarah yang berdarah-darah???

Sumbernya dari masjid.

Sorry?

Iya, masjid, yang jadi biang kerok sumber berisiknya dari situ. Masjid, tempat ibadah umat Islam, yang bangunannya mirip begini:

berisik

Lho, Anandastoon kan muslim, dan bahkan punya artikel-artikel yang membahas akidah juga? Kok bisa nuduh masjid sebagai sumber kebisingan?

Etttt, jangan salah. Saya itu sudah bersahabat di lingkungan masjid. Tiga kali saya pindah kos, dan tiga-tiganya tetanggaan sama masjid. Bahkan rumah orang tua saya sama masjid itu tatap-tatapan.

Saya bahkan pernah jadi remaja masjid juga lho. ๐Ÿคญ

Cumaaa… khusus masjid yang terakhir ini, yang cuma berjarak hitungan meter dari tembok kamar saya, pengurusnya norak toa. Sebelum ini tempat-tempat tinggal saya yang dekat masjid itu semuanya fine, bahkan saya prefer tinggal yang deket masjid supaya shalat bisa tinggal loncat ~

Tapi masjid yang terakhir ini per ditulisnya artikel ini udah bener-bener kebangetan.

Saya gak masalah sama tahrim sebelum subuh, saya gak masalah sama pengajian ibu-ibu, saya juga gak masalah sama tilawah setengah jam sebelum magrib atau sebelum jumatan.

Tapi gimana kalau masjidnya kadang suka minta-minta sumbangan dari jam tujuh pagi sampe Zhuhur, terus lanjut sampe mau ashar pake speaker luar yang jumlahnya segambreng itu?

Belum lagi ditambah sama nyanyian arab ya habibi… ya habibi… yang berisiknya meroket jauh lebih parah daripada dangdutan, di jam-jam yang sangat tidak layak.

Apalagi pas Ramadhan, pengurus masjid udah grasak-gresek dengan pengeras suara jam dua malem, sekitar hampir satu jam. Duh, aye cuma pengen tidur bang…

Saya pernah bikin artikelnya terpisah di sini.

Pas saya liat di internet, banyak juga ternyata yang terganggu sama suara speaker masjid. Bahkan ada yang sampe pake jasa orang untuk instalasi peredam suara.

Saya pernah ukur sendiri suara toanya dari kamar saya dan hasilnya sampai menyentuh 80 desibel! Setara suara alarm yang diset ke volume maksimum. Nangis kuping aye say.

Apalagi kamar saya sangat tidak kedap suara dan mustahil juga dipasang noise barrier yang harganya sebanyak gaban itu. Dompet Anandastoon bisa say gutbai deh.

Lalu apa yang saya lakukan untuk mengakali ini? Kebetulan sekarang saya mau share untuk kalian yang mungkin mengalami masalah serupa.

Ya gak harus dari masjid juga sumbernya. Bisa aja dari pekerjaan jalan dst… Intinya tips gimana cara meredam suara berisik yang bikin gak bisa tidur.


1. Beli earplug

Saya minta tolong sama karyawan atau tim saya untuk membelikan saya penutup telinga. Jadi saya kirimlah sejumlah uang lewat dompet digital.

Murah kok, gak sampe 20 ribuan, dan banyak banget yang jual. Saya waktu itu dapet dari Sh*pee. Mirip banget sama gambar di bawah ini, cuma punya saya gak ada talinya aja.

berisik

Sengaja gak saya foto yang punya saya karena warnanya udah kecampur sama yang bersemayam di telinga saya. Yes, yang coklat itu…๐Ÿคข๐Ÿคฎ

Tapi apakah penutup telinganya bekerja?

Disebut bekerja sih bekerja, tapi masih jauh dari yang saya harapkan. Masalahnya itu cuma nurunin (katanya) 20 desibel aja.

Berarti dari 80 dB cuma berkurang sampe 60 dB. Atau dari suara bor jalan/alarm dengan volume maksimal jadi turun sedikit ke suara orang ngobrol keras-keras.

Hampir nggak ada bedanya dong? Iyes.

Agak kecewa sih, padahal saya pake udah lumayan dalem banget masuk ke telinga.

Dan ternyata bener aja suara pengeras suara masjidnya masih nggak ada di orang.

Akhirnya saya tambah pake cara kedua.


2. Tambahan tekstil

Saya mengambil sweater tebal dari lemari, bebas sweater apa asal jangan jaket. Biasanya sweater itu yang ada hoody-nya.

berisik

Saya kemudian mengikatnya melintangi kepala saya. Jadilah seperti sang putri yang habis mandi dengan handuk yang terlilit ke kepala macam sorbannya orang India.

Tapi karena saya entah gak bisa makenya atau terlalu maksain, mata saya hampir ketutupan sweater.

Saya kemudian trial sama suara speaker tahrim subuh.

Penutup telinga + surban sweater, ternyata kebisingannya sudah ada berkurang meskipun tipiiisss banget.

Dan saya alhamdulillah punya guling jadi saya taruh guling saya di telinga dan coba posisi tidur menyamping. Eh lumayan drop meski masih cukup kencang suara speakernya.

Akhirnya setelah shalat subuh saya terpikirkan something…


3. Smartphone

Bisa gak ya pake hape? Saya bertanya-tanya.

Ya masa iya pake hape buat nutup kuping, bukan dong. Ngurangin kebisingannya bukan pake hapenya, tapi pake simbah Gugel.

Saya search, “Noise cancelling app”.

Eh, ternyata hasil pencariannya bikin saya penasaran. Karena ternyata banyak banget yang rekomendasiin beberapa app.

Tapi saya tahu kalau kebanyakan appnya ternyata untuk meredam suara sekeliling pas lagi nelpon atau video. Yaahhh…

Emang agak konyol juga sih, apa iya hape bisa bikin soundproof atau noise barrier alias ngeblock suara-suara ja’at bin bandel?

Cuma… di tengah kefrustasian saya itu, ada suatu app yang bagi saya layak dicoba dari sebuah artikel. Nama appnya “Noise Generator”, untuk Android.

Kebetulan hape saya merknya Sam-pah-sung, artinya pasti itu Android, jadi bisa langsung meluncur deh ke google plei.

Agak ironi sih soalnya appnya tentang Noise Generator yang artinya penghasil kebisingan. Tapi saya mau pake api untuk melawan api hwahahahah.

Saya install terus buka deh appnya. Wah gak ada iklan gak ada cingcong, Nice! Betewe tampilan appnya seperti ini,

berisik

Untung saya udah pernah baca di Wikipedia tentang pink dan white noise yang membantu kita agar gampang tidur.

Jadinya saya atur settingannya ke antara pink dan putih, persis seperti skrinsut di atas.

Pas saya puter, itu mirip suara air terjun.

Dan hebatnya, ada timernya juga mau sampe berapa lama disetelnya.

Nah, abis itu dengan penutup telinga, plus sweater, plus guling, plus saya sisipin hape di atas kuping saya yang diiket sama sweater dan di lapisi guling udah mirip sandwich, saya bersiap menghadapi serangan Toa masjid.

Btw, volume HP saya set maksimal sampe saya rasa itu cukup, jadi suara dari noise generatornya bisa benar-benar mengorbit di kepala saya.

Dan bener, jam setengah 8 pagi, mulai terdengar gresak-gresek keluar dari toa, tanda musuh sudah dalam komando di seberang. Barulah suara dar der dor dari mulut pengurus masjid yang doyan toa itu membahana setelahnya.

Btw itu berlangsung sampe sebelum zhuhur, minta sumbangan, nyuruh warga kerja bakti di masjid. Ckckckck.

Eh, gimana hasilnya? Apa noise generatornya ampuh?

Luar biasa, saya tepuk tangan dalam hati. Benar-benar terpress suara speakernya.

Sebenernya masih mendengar suara pengurus masjid yang berisik itu, tapi sekarang saya udah nggak tau dia ngomong apaan.

Apalagi di kuping saya sekarang ada suara air terjun. Yup suara dari noise generator itu. Tinggal langkah terakhir deh…


4. Sleep hack

Saya menerapkan cara-cara ampuh yang saya temukan di internet agar saya cepat tertidur.

Saya jabarkan di sini langkah-langkahnya:

1. Tanamkan pikiran “jangan mikir”, “jangan mikir”. Atau yang muslim bisa ganti dengan hitungan tasbih, mirip seperti teknik menghitung domba. Dan kita harus fokus dengan hitungan atau ‘mantra’ itu.

2. Kalau tiba-tiba ada pikiran stres datang, misalnya, “Duh bakal bisa tidur nggak ya?” Balik lagi ke mantra. Fokus, fokus, fokus, jangan jawab pertanyaan itu. Apa pun. Anggap aja itu jebakan.

3. Bayangin kita ada di tempat tenang, seperti di tengah hutan, air terjun, atau masa-masa nostalgia yang indah. Tetap di skenario itu, jangan berubah. Mungkin beberapa kali kita akan terdistract atau teralihkan, tapi coba berusaha untuk balik lagi.

4. Kalau terlintas rasa dongkol, atau kebalikannya rasa bahagia karena mencoba yakin akan berhasil, please segera netralisir. Maksudnya dengan cara menghirup nafas dalam-dalam sampai rasa dongkol atau bahagia itu tertangkap, kemudian hembuskan hingga kita merasa perasaan itu keluar lewat hidung. Ulangi sampai hati menjadi netral lagi, tanpa perasaan yang mengganggu.

5. Tetap seperti itu sampai kalian tiba-tiba kaget karena kalian merasa ketiduran, itu normal. Namun kalian harus terus mengulang ke-empat langkah di atas hingga kalian benar-benar tertidur betulan.

Alhamdulillah, bekerja dengan mulus di saya.

Tapi kemudian saya terbangun secara mendadak dan serangan toa membabak-belurkan kuping saya lagi.

Oh, ternyata timer noise generatornya sudah habis jadi saya atur lagi menjadi satu jam ke depan. Alhamdulillah bisa tidur sampe pas sebelum zhuhur, pas masjid udah adem lagi.


Bonus: Noise Cancelling

Nah, tambahan, kalau punya anggaran ekstra, boleh banget beli earphone yang punya fitur noise cancellingnya. Soalnya lumayan mehong harganya heuheu. ๐Ÿ˜ญ

Saya ada sih anggarannya, cuma untuk saat ini cara yang saya pake ya itu. Murah meriah kan? ๐Ÿ˜‰

Btw ada karyawan saya yang punya earphone yang ada noise cancellingnya. Dia bilang pas dia aktifkan fitur noise cancellingnya, tiba-tiba ada suara ‘teng’ atau ‘ngiung’ yang kemudian menyulap sekelilingnya menjadi sepi.

Ternyata cara kerjanya dia membalikkan gelombang suara menjadi tidak terdengar telinga. Wah penemuan bermanfaat. Tengkyu deh siapa pun yang menciptakan ini, dan tengkyu juga sama developer app noise generator di atas.

Dan jangan khawatir, earplug dan earphone tidak ada efek samping selama gak diputer musik pas tidur. Bahkan bagus untuk perawatan telinga. Itu yang saya baca juga di internet. Mohon bantu saya verifikasinya hehe…

Oh iya, bagi kalian yang terganggu dengan suara TOA masjid yang berisik, saya punya artikel khusus yang membahas itu di sini, ayuk meluncur ~

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke X
๐Ÿค— Selesai! ๐Ÿค—
Anandastoon punya kumpulan game dan beragam interaktif asik lho.
Kalau mau meluncur, klik di sini. ๐ŸŽฎ๐Ÿ’ 

  • Sebelumnya
    Acara Spacetoon Indonesia Tahun 2008-an

    Berikutnya
    Game Ngabuburit Anandastoon: Blok-Blokan


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. ๐Ÿ˜‰

    Kembali
    Ke Atas
    Pakai tema nostalgia

    Sebentar ya... Anandastoon ganti kulit dulu hehe... ๐Ÿคญ
    Menerapkan tema

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. ๐Ÿ˜Š


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. ๐Ÿ˜‰

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. ๐Ÿค—

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. ๐Ÿค—

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll ๐Ÿ‘‡

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. ๐Ÿ”ฎ

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? ๐Ÿ˜ฑ Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.