Bosan Di Internet

Apakah hari ini kita merasa apa yang kita lihat di internet menjadi hanya itu dan itu saja? Apakah kita merasa internet itu menjadi tempat yang cukup membosankan karena semua konten ‘receh’ yang kita lihat semakin lama semakin sering muncul dan temanya semakin tidak kreatif? Ingatkah dulu kita sangat antusias terhadap konten-konten seperti itu saat pertama kali muncul?

Atau kita hanya men-scroll-scroll sosial media dan Youtube tak tentu arah, dikubur kesendirian yang luar biasa? Jangan khawatir, itu adalah hal yang wajar, karena sejatinya internet tak ubahnya seperti televisi. Ketika zaman dulu kita selalu menggebu-gebu menanti suatu siaran televisi, hari ini benda itu bahkan sudah beberapa hari, atau beberapa minggu, atau beberapa tahun tidak kita sentuh.

Hari ini pula, banyak orang-orang ‘baru’ atau newbie yang ikut meramaikan internet. Tak heran semakin lama kontennya semakin ‘mentah’ meskipun kualitasnya cukup lumayan karena bantuan tools yang semakin mudah.

Misalnya dulu, kita menonton acara prank seperti menjahili orang-orang dengan cara yang sangat kreatif hingga perut kita terombang-ambing oleh suara tawa kita. Namun yang dikatakan prank hari ini kebanyakan hanya ‘oh’. Begitu pun dengan musik, desain, komik, permainan, dan lain sebagainya.

Bukannya sudah tidak ada lagi konten berkualitas, namun frekuensinya yang justru semakin ke sini semakin jarang karena memang banyaknya hasrat pemain baru yang ingin cepat tenar dan viral. Akibatnya, kita diacak-acak oleh kekosongan hanya terpaku di depan layar seakan putus asa mencari hiburan yang fresh dan original.

Saya sendiri termasuk salah satunya. Mungkin 10 sen dari saya akan sedikit membantu kalian memiliki waktu yang berkualitas di Internet:

Oh iya, sebelumnya, ada senyum dari saya: ๐Ÿ™‚


1. Telusuri konten anti mainstream

Mengapa tidak untuk iseng mengetahui bagaimana sih jamur kok bentuknya bisa begitu? Atau menelisik apakah seseorang dapat meninggal jika tersambar petir, atau ada yang selamat? Atau penasaran apakah ada cerita-cerita horor di negara-negara terpencil seperti Afrika? Bagaimana aurora yang indah itu muncul? Atau mempelajari ilmu agama lebih mendalam agar kalian lebih dekat kepada Tuhan?

Begitu banyak konten-konten yang menginspirasi yang dapat kita telusuri selagi bosan. Bahkan, beberapa bundel PDF dan video dapat kita unduh dan kita nikmati selagi offline seperti sedang menunggu pesawat atau travelling ke daerah yang masih sulit untuk mendapatkan sinyal.


2. Unfollow orang-orang mainstream

Mengapa kita betah berlama-lama di Instagram dan Youtube? Karena mereka memiliki algoritma yang dapat mengetahui selera kita berdasarkan video atau gambar yang kita tonton sehingga mereka menyodorkan konten-konten “yang mungkin kamu suka”.

Inilah mengapa semakin hari kita semakin bosan menatap layar internet di tengah sifat adiktif kita yang mungkin sedang tinggi-tingginya berselancar di dunia maya.

Komputer tetaplah komputer dengan algoritmanya yang satu arah dan masa bodoh dengan bagaimana keadaan kita pada saat itu. Komputer bukanlah manusia yang mungkin memahami kebosanan kita dan menawarkan sesuatu yang lain. Mungkin di tengah-tengah itu barulah kita menyadari bahwa semakin kemari, konten semakin tawar dan tidak menghibur.

Mengapa tidak untuk menyaring siapa yang kita follow, terutama mereka-mereka yang bahkan tidak tahu bagaimana konten yang bagus dapat dibuat alias hanya ikut-ikutan agar kita dapat terbuka melihat dunia yang lain.


3. Unduh aplikasi produktif

Catat apa saja target yang kalian susun pada awal tahun.

Tidakkah kalian lelah target yang sama terus-menerus kalian perbarui dengan kemasan yang berbeda tanpa ada satu pun yang tercapai kecuali sedikit dan dampaknya hanya sebentar bagi kehidupan kalian? Sedangkan yang kalian lakukan hanya menatap layar lagi dan lagi hingga besok tak terasa sudah akan mendekati penghujung tahun.

Kalian akan benar-benar merasa sangat kacau pada saat itu, di mana usia sudah tidak lagi memiliki kompromi yang menjadikan kita tidak siap dalam menghadapi tahap kehidupan berikutnya. Ditambah kenyataannya, harga rumah dan kendaraan sudah semakin tinggi dan rentenir-rentenir baik offline maupun online sudah memasang badan untuk ‘mencekik’ kalian dengan bunga tinggi.

Mengapa tidak sekarang kalian mencari aplikasi yang mungkin akan bermanfaat bagi kalian seperti aplikasi yang bertema produktivitas. Saya yakin sudah sangat banyak bertebaran di store-store aplikasi yang dapat kalian unduh gratis.

Dari mulai aplikasi olahraga, manajemen, blogging, drawing, hingga membuat musik sendiri. Tentu saja kalian dapat menggunakan aplikasi tersebut saat kalian dihajar rasa bosan yang tanpa ampun.


4. Cari game jadul

Jika kalian pecinta game, tidak ada salahnya kalian menghindari permainan-permainan mainstream atau bahkan eSports untuk meminimalisir rasa stuck di dalam pikiran kalian karena memang gameplaynya sudah mentok dan tidak lagi kreatif.

Mengapa tidak untuk mencari permainan-permainan konsol jadul dan lihat bagaimana permainan tersebut benar-benar kreatif dalam membuat grafis, musik, dan boss-bossnya. Siapa tahu dari sana kalian mendapatkan sebuah ‘klik’ dan terbayang apa yang harus kalian lakukan dengan inspirasi tersebut.


5. Buka Google Doodle

Tahu Google yang logonya seringkali berubah-ubah setiap ada event penting tertentu atau memperingati seorang tokoh? Itulah doodle atau oret-oretannya Google. Ada banyak doodle yang interaktif dan dapat kalian mainkan. Harapannya adalah dapat membantu kalian membunuh waktu saat sedang menunggu sesuatu.


6. Stalking

Yap, benar. Stalking orang-orang di jejaring sosial. Lho, Mengapa tidak? Mereka mengunggah konten-konten publik mereka dan mereka sudah diasumsikan paham dengan publisitas tersebut. Lalu apa tujuannya? Selain kalian dapat menyelamatkan waktu kalian, kalian juga dapat mempelajari bagaimana kehidupan orang tersebut.

Beberapa orang senang mengunggah konten-konten sensitif meskipun hanya curahan hati yang sedikit kontrovsial. Dari sana kalian dapat pelajari bahkan secara subjektif mengenai beragamnya kelakuan setiap orang di media sosialnya. Berapa banyak orang yang mengunggah kemewahan diri mereka namun mereka juga masih mengeluh dengan keluhan yang sangat biasa di saat yang sama?


7. Cari referensi kuliner dan liburan

Rasa bosan kalian terjadi mungkin karena kalian sedang tidak memiliki seseorang yang dapat disapa dan diajak bercengrama. Akibatnya, berjam-jam waktu kalian terbuang di layar gadget yang tidak mau tahu akan kebutuhan dan kesedihan kalian. Tak terasa esok hampir tiba membuat kalian semakin merasa sedih.

Mengapa tidak untuk mencari-cari tempat nongkrong yang dapat membuat kalian mendapatkan suasana baru? Mungkin seperti restoran unik dan kafe dengan interior yang membuat kalian terlihat berkelas. Menyiapkan Rp50.000 hingga Rp100.000 sudah cukup untuk membuat kalian bertahan berjam-jam di dalamnya. Jangan lupa untuk membawa buku bacaan ya…

Atau kalian membutuhkan referensi untuk kembali memompa semangat kalian dalam bekerja seperti berdarmawisata ke tempat yang bernuansa alam. Sendirian pun tidak apa selagi referensinya cukup dapat diandalkan. Bahkan saya memiliki beberapa artikel di mana tempat wisata dapat dengan mudah dijamah oleh angkutan umum dan sendirian.


8. Cari inspirasi dan motivasi

Ya, inspirasi dan motivasi, keduanya. Kalian bisa mencari-cari situs-situs yang memuat desain-desain unik untuk mendekorasi rumah kalian, kamar kalian, tempat kerja kalian, seperti jam unik, hiasan unik, tips-tips mendekorasi, dan lain sebagainya. Biasanya desain-desain ini sangat unik dan lain dari biasanya (out of the box).

Dari sana kalian dapat memiliki kegiatan baru yang lebih berkualitas dan membuat teman kalian iri daripada hanya berdiam diri terpapar radiasi mini dari peralatan-peralatan elektronik.


9. Dengarkan musik bernada ‘liar’

Saya hampir-hampir tidak tahu apa saja lagu-lagu hari ini yang sedang viral karena saya tidak menemukan nada atau liriknya dapat bertahan lama berada di gadget saya. Saya lebih memilih lagu-lagu lawas, terutama yang berasal dari luar negeri untuk saya dengarkan.

Mengapa, biasanya lagu-lagu seperti itu memiliki emosi yang padat untuk didengarkan dengan alunan yang di luar biasanya. Banyak musik yang liriknya menyedihkan namun temponya justru memotivasi dan membuat saya ingin melakukan sesuatu yang lain, yang bermanfaat setidaknya untuk diri saya pribadi.

Saya biasanya mendengarkan kumpulan lagu-lagu Evergreen tahun 80-90, lagu-lagu Disney, hingga grup-grup musik seperti The Beatles, The Bee Gees, hingga ABBA.


10. Matikan internet

Ini tips yang paling umum, paling jelas, dan sekaligus paling sulit untuk dilakukan. Matikan internet, kembali bekerja, kembali beraktivitas, berjalan-jalanlah dan berolahraga.

Bersihkan kamar, bantulah orang lain, belilah sesuatu, naiklah bus untuk keliling kota, sapalah tetangga, bercengkramalah dengan mereka. Manfaat yang akan didapat akan membuat kalian lebih berbahagia daripada sekedar berselancar di area yang bahkan kalian tidak tahu.


Lakukanlah hari ini juga.

~ Semoga bermanfaat ~

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
๐Ÿค— Selesai! ๐Ÿค—
Ada masalah kesehatan mental? Bingung curhat ke mana?
Curhat ke Anandastoon aja! Mari, klik di sini. ๐Ÿ’—

Nilai

Polling

Sugesti

Permainan


  • Sebelumnya
    eSports: Hobi, Bisnis, hingga Tumbal

    Berikutnya
    Ingat 7 Hal Ini Jika Ingin Menjadi Selebgram


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. ๐Ÿ˜‰

    Kembali
    Ke Atas

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. ๐Ÿ˜Š


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. ๐Ÿ˜‰

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. ๐Ÿค—

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. ๐Ÿค—

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll ๐Ÿ‘‡

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. ๐Ÿ”ฎ

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? ๐Ÿ˜ฑ Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.