Observasi Langit

urban legend by : anandastoon

Aku bergabung di komunitas pecinta astronomi. Malam itu salah seorang anggota mengundangku untuk menyaksikan salah satu kejadian langit yang lumayan jarang, yakni saat di mana orbit Mars begitu dekat dengan Bumi jadi kami tentu saja mempersiapkan teleskop portabel kami untuk tidak melewatkan kejadian cantik ini.

Seorang anggota dekatku, sebut saja namanya Andi, mengajakku untuk berkendara dengannya. Sejujurnya tempat observasinya agak jauh karena parahnya polusi cahaya di kota tempatku berada.

Empat jam kami berkendara ke tempat di mana bintang-bintang dapat terlihat dengan jelas, sesuai dengan yang telah disepakati. Syukurlah malam itu langit cerah.

Masing-masing meletakkan teleskopnya di atas lapang luas, termasuk diriku. Ketua tim telah menentukan posisi agar kami dapat melihat planet Mars. Jadilah kami memulai acara pengamatan langit tersebut.

Aku melihat banyak bintang dan benda langit lewat teleskopku kemudian kuputar-putar posisinya agar kudapatkan si planet tetangga tersebut.

Wah! Dapat! Aku melihatnya dengan jelas. Benda langit bundar tersebut benar memiliki warna merah yang merona. Benar-benar pemandangan langit yang indah!

Tapi hei, aku menemukan benda langit yang lainnya juga dekat Mars itu. Asteroid kah? Atau Jupiter? Duh! Aku sepertinya harus ganti teleskop karena daya ‘zoom’nya sudah memburuk.

Sambil terus mengamati benda misterius tersebut, aku bertanya kepada temanku, “Andi, itu apa yang di sebelah Planet Mars? Warnanya juga berwarna merah cantik!”

Andi membalas, “Hei, planetnya di sini! Kau lihat ke arah mana?!”

Aku melepas pandanganku dari teleskop dan aku sadar bahwa hanya diriku yang berbeda posisi. Seharusnya aku tidak memutar teleskopnya tadi.

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
  • Selesai membaca? Jangan pergi dulu! 😉

    Minta waktunya sebentar dong, plis sebentaaarrr doang. Gak sampe 5 menit saya janji. Anandastoon minta saran dan komplain kalian di formulir berikut untuk membuat situs ini menjadi lebih baik. Komplain kalian sangat berarti bagi Anandastoon. Makasih ya sebelumnya.
    Oiyak! Untuk melihat apakah saran kalian didengar Anandastoon atau tidak, bisa cek ke halaman penerapan komplain berikut...


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Kembali
    Ke Atas