Instalasi Seni

Seni instalasi atau art installation adalah seni terapan yang dipasang oleh pegiat seni di ranah publik agar karya mereka dapat dinikmati oleh publik secara terbuka dan dapat dilihat dari berbagai arah.

Beberapa negara bahkan mereka memiliki anggaran khusus kepada para pegiat seni agar mengekspresikan jiwa seni mereka dan memasang seni terapan di ruang yang dapat dijamah setiap orang.

Pertanyaannya, apakah instalasi seni ini memiliki manfaat hingga beberapa negara turun langsung menyediakan anggaran khusus untuk itu? Saya jawab, tentu saja.

Apa saja manfaatnya?


Manfaat Instalasi Seni

Pertama, tentu saja agar ruang publik menjadi tidak monoton. Ruang publik yang tidak monoton karena instalasi seni akan mengundang lebih banyak orang untuk singgah dan menyaksikan instalasi tersebut.

Dengan banyaknya orang yang mampir di sekeliling instalasi seni, tentu dapat menjadi sarana perputaran uang di sekitarnya.

Jika instalasi seni berada di dalam gedung, maka pengelola gedung akan mendapatkan pemasukan dari para pengunjung.

Jika instalasi seni berada di ruang terbuka, maka tempat tersebut akan mengundang banyak turis dan pastinya akan banyak transaksi terjadi di daerah tersebut.

Instalasi Seni

Kedua, instalasi seni dapat menambah mood atau suasana hati seseorang. Dengan mood atau suasana hati yang bagus, secara otomatis produktivitas seseorang akan meroket dan pekerjaannya akan selesai lebih cepat dan efisien.

Pekerjaan yang selesai lebih cepat dan lebih efisien akan menambah keuntungan bagi dirinya dan perusahaannya.

Jika keuangan perusahaan sudah stabil bahkan labanya terus meningkat sebab karyawannya selalu berada dalam mood yang baik, maka negara juga ikut merasakan manfaatnya berupa penerimaan pajak yang lebih banyak.

Bagi seseorang yang dapat menyelesaikan pekerjaan yang lebih cepat dan efisien, selain ia akan mendapatkan waktu yang akan lebih luang, ia juga akan mendapat gengsi atau derajat yang lebih baik di lingkungan tempat ia bekerja.

Dengan kinerja maksimal, seorang karyawan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan kenaikan gaji dan jabatan.

Bagaimana instalasi seni dapat menambah mood seseorang? Simpel, segala sesuatu yang memanjakan mata dapat meningkatkan suasana hati, melepaskan stres seseorang.

Bahkan dengan instalasi seni yang menarik, dapat menambah setiap orang kenangan di tempat tersebut.

Instalasi Seni

Terakhir, instalasi seni dapat memberikan pembelajaran yang menarik tentang sesuatu. Misalnya, instalasi seni yang bertema alam secara tidak langsung mungkin ada satu hal yang ingin disampaikan seniman mengenai pentingnya melestarikan alam, dan sebagainya.

Saya menganggap instalasi seni seperti itu seolah seperti museum di tempat terbuka.

Setiap orang yang menikmati instalasi seni mungkin mereka juga akan sekaligus belajar tentang sebuah ilmu atau budaya daerah tersebut. Apalagi jika instalasi seni tersebut disertai dengan sebuah keterangan yang dapat dibaca dan dipahami setiap penikmatnya.


Instalasi Seni yang Saya Suka

Sayangnya, tidak semua instalasi seni dapat mencuri perhatian saya, atau mungkin beberapa orang. Makanya ada instalasi seni yang saya suka dan tidak saya suka.

Tipe instalasi seni seperti apa sajakah yang saya sukai?

Pertama, instalasi seni yang berhasil menyampaikan makna dan tidak hanya menggambarkan nafsu dan gengsi dari para seniman semata.

Masalahnya, tidak sedikit karya instalasi seni yang mungkin hanya sebagai bentuk “orat-oret” yang tidak dapat dipahami bahkan tidak dapat dinikmati oleh setiap orang.

Misalnya, kita coba beralih ke seni lukis dahulu. Mungkin kita dapat melihat lukisan yang hanya berisikan segores pena lalu dibingkai di museum. Secara fantastis, lukisan tersebut katanya bernilai milyaran.

Akhirnya banyak yang bergumam, “Anak saya dapat membuat lukisan lebih baik daripada itu.”

Yup, seperti itulah maksudnya.

Instalasi seni yang hanya dipasang untuk menonjolkan kebanggaan pegiat seni, tidak akan pernah sukses mencuri perhatian publik.

Bahkan seni-seni tersebut tak jarang dicap sebagai seni yang tak berjiwa, mentah, dan tidak layak disebut sebagai seni.

Bukanlah hal yang sangat baik memaksa seseorang untuk menikmati hasil karya seorang seniman.

Saya menyukai instalasi seni yang dapat dipahami setiap orang, sehingga maksud dari seniman tersebut tercapai dan bahkan berbekas. Jika seorang seniman sudah dikenal karena karyanya yang berkesan, pada akhirnya seniman tersebut yang otomatis mendapatkan gengsi bukan?

Instalasi Seni

Kedua, instalasi seni yang multifungsi.

Saya menyenangi instalasi seni apa pun, baik abstrak maupun kongkret. Dan akan lebih saya sukai lagi jika para pengunjung dan penikmat seni dapat langsung merasakan manfaat lain dari instalasi seni tersebut.

Misalnya, ada instalasi seni yang dapat sekaligus dijadikan tempat duduk. Atau ada instalasi seni yang sekaligus dapat difungsikan sebagai penyejuk atau naungan dari panas atau hujan. Atau instalasi seni cahaya yang dapat membantu menerangi malam yang gelap.

Ada banyak sekali instalasi seni yang bukan hanya ditujukan sebagai penyampaian makna, namun juga membuat setiap orang merasakan fungsi lain dari instalasi seni tersebut.

Instalasi seni yang dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung dapat mewujudkan keharmonisan lebih antara pengunjung dan seniman.

Instalasi Seni

Terakhir, saya menyukai instalasi seni yang ramah lingkungan.

Saya hanya tidak pernah menoleransi instalasi seni yang menyebabkan polusi lingkungan, meskipun hanya polusi cahaya.

Mengapa harus ada instalasi seni yang mengajak seseorang untuk menikmati indahnya alam sementara begitu banyak pohon ditebang demi mewujudkan instalasi seni tersebut?

Sebuah kontradiktif.

Saya sangat mengapresiasi setiap seniman yang menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Misalnya, ada pegiat seni yang mengumpulkan botol bekas menjadi sesuatu yang dapat dinikmati.

Atau ada seniman yang menumbuhkan dan menghias tanaman-tanamannya agar dapat menjadi sesuatu yang lain, yang dapat dinikmati setiap orang seperti lukisan di pematang sawah di beberapa tempat di Jepang.

Bahkan pernah saya temukan di Jepang, batu-batu di pantai dapat dibentuk menjadi lukisan bertema keindahan laut. Sayangnya tidak saya bookmark, sorry…

instalasi seni


Akhir kata

Otak kanan dan kiri memang harus seimbang. Maksudnya, orang-orang yang dominan otak kirinya dapat menyelesaikan teori-teori rumit seputar matematika yang tentu saja dapat diterapkan untuk kemashlahatan umat, seperti kedokteran, programming, hingga formula-formula untuk menyusun kendaraan bermotor dan barang elektronik.

Orang-orang yang dominan otak kanannya dapat membuat sesuatu untuk menghibur dan mendinginkan pikiran dari orang-orang yang dominan otak kirinya.

Maka dari itu tidak heran jika banyak orang bersedia membayar mahal demi sebuah hiburan.

Sayangnya tidak semua hiburan yang layak dibayar mahal. Hiburan yang memiliki dampak positif dan manfaat-manfaatlah yang layak untuk diapresiasi dan dinilai tinggi.

Instalasi Seni

Saya sendiri, sebagai seorang programmer, bukan hanya mengoding untuk menciptakan aplikasi-aplikasi rumit yang sarat rumus atau formula. Melainkan, dengan formula tersebut saya mencoba untuk menciptakan hiburan dan seni.

Bahkan, saya membuat beberapa permainan seperti perbedaan gambar dan teka-teki silang menarik yang dapat diakses oleh setiap orang di sini. Apakah itu sudah dapat disebut dengan “instalasi seni digital”? 😉

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
  • Selesai membaca? Jangan pergi dulu! 😉

    Minta waktunya sebentar dong, plis sebentaaarrr doang. Gak sampe 5 menit saya janji. Anandastoon minta saran dan komplain kalian di formulir berikut untuk membuat situs ini menjadi lebih baik. Komplain kalian sangat berarti bagi Anandastoon. Makasih ya sebelumnya.
    Oiyak! Untuk melihat apakah saran kalian didengar Anandastoon atau tidak, bisa cek ke halaman penerapan komplain berikut...


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Kembali
    Ke Atas