Kumpulan Preset Lightroom Anandastoon

LightroomBanyak yang bertanya mengenai bagaimana saya memberikan sentuhan kepada foto-foto saya di Instagram. Benar bahwa saya memakai filter di Instagram untuk mengatur kontras, keterangan, struktur, bayangan, dan sorotannya. Namun dibalik itu semua, saya menggunakan aplikasi yang dinamakan Adobe Lightroom.

Apa bedanya Lightroom dan Photoshop? Kita tahu keduanya sama-sama dimiliki oleh Adobe, namun Lightroom, sesuai namanya, menyuguhkan pengaturan-pengaturan yang langsung berkaitan dalam bidang Fotografi, sementara Photoshop lebih mengarah kepada editing gambar yang lebih kompleks.

Hampir semua pengaturan yang berhubungan dengan fotografi dapat diatur di sini mulai dari pencahayaan, eksposur, warna, klaritas (ini yang paling keren), bayangan, sorotan, vinyet, hingga koreksi lensa. Namun bagi pemula yang bingung ingin bagaimana dengan pengaturan-pengaturan tersebut, saya membuat sendiri template-template preset yang dapat langsung kalian impor dengan langkah seperti gambar di bawah ini.

LightroomKemudian langsung klik template yang telah terimpor pada foto yang ingin diberi sentuhan dan nyoss… bahagialah kalian.

Baik, mungkin tidak terlalu spesial, namun berikut adalah template-template yang saya buat untuk memberi sentuhan kepada foto-foto saya seperti yang terpampang di akun Instagram saya. Kebanyakan hanyalah sentuhan warna seperti HDR, tidak ada efek lomo, black and white, dst… tetapi harapannya semoga template-template berikut dapat bermanfaat bagi kalian.

Setiap template berawalan AST, yang merupakan akronim dari Anandastoon, template-template ini gratis, namun jika ada yang ingin menghargai alhamdulillah hehe…

Selamat menikmati…

1. AST Closure Biasa

(Untuk memperjelas fokus yang kalian ambil dengan menyorot objek terdepan dan menggelapkan latar)

Lightroom Preset

Sebelum

 

Lightroom Preset

Sesudah

2. AST Closure HDR

(Ini HDR dengan intensitas yang luar biasa, khusus untuk menerangkan foto yang sangat gelap)

Lightroom Preset

Sebelum (foto teman saya)

Lightroom Preset

Sesudah (foto teman saya)

3. AST HDR Biasa

(Ini hanya sebatas HDR tanpa sentuhan tambahan)

Lightroom Preset

Sebelum

Lightroom Preset

Sesudah

4. AST HDR Bagus

(Sama seperti di atas, namun saya tambahkan beberapa sentuhan yang membuatnya lebih jelas dan lebih beradaptasi)

Lightroom Preset

Sebelum

Lightroom Preset

Sesudah

5. AST HDR Ngejreng

(Maaf ya, namanya aneh. Tetapi saya beri nama demikian karena memang intensitasnya dibuat agak ngejreng dibandingkan dengan HDR sebelumnya. Cocok untuk foto-foto HDR yang memiliki momen yang sangat kuat karena fokus di sorotan dan vinyet)

Lightroom Preset

Sebelum

Lightroom Preset

Sesudah

6. AST HDR Ngejreng 2

(Sama seperti di atas, namun lebih soft. Karena tidak semua foto akan elok jika intensitas dan kejelasannya tinggi)

Lightroom Preset

Sebelum

Lightroom Preset

Sesudah

7. AST Potret Bagus

(Ini saya khususkan untuk foto potret yang lebih berwarna)

Lightroom Preset

Sebelum

Lightroom Preset

Sesudah

8. AST Potret Hijau

(Sama seperti di atas, namun dengan sentuhan warna hijau yang lebih kuat dan dominan, beberapa warna lain intensitasnya dikurangi seperti ungu dan magenta)

Lightroom Preset

Sebelum

Lightroom Preset

Sesudah

9. AST Orton

(Kembali lagi ke HDR, dengan tingkat kejelasan yang dikurangi. Ini khusus jika sebuah foto memiliki momen yang ingin dihalus/lembutkan)

Lightroom Preset

Sebelum

Lightroom Preset

Sesudah

10. AST Lembut

(Ini berbeda dari yang lain, preset ini lebih mengarah ke efek dreamy)

Lightroom Preset

Sebelum

Lightroom Preset

Sesudah

Selamat memberi sentuhan terbaik untuk foto kalian. Saya tahu mungkin ini bukan template terbaik dibandingkan template di luar sana. Namun setidaknya saya ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan dari banyak orang yang penasaran bagaimana saya memberi sentuhan kepada foto-foto saya di Instagram.

Berikut beberapa contoh lainnya yang memakai preset Lightroom di atas,

Miniatur Dunia KA Serayu Miniatur Dunia Tasikmalaya Sukabumi Pantai Karang Pamulang Pantai Karang Pamulang Puncak Mustika Manik Pantai Karang Pamulang Puncak Mustika ManikItu semua adalah foto-foto yang saya ambil ketika saya bolang ke Puncak Mustika Manik, Palabuhan Ratu, Taman Wiladatika Cibubur, Taman Bunga Nusantara, Gunung Galunggung, dan Small World Purwokerto.

Terima kasih.

Oh, filenya… kelupaan hehe…

Download di sini, link Dropbox

 Sama jangan lupa follow Instagram saya, @anandastoon hehe. Terima kasih…

1 Komentar:

  1. Mantap bro, presetnya keren-keren

Ada yang belum jelas? Mengapa tidak berkomentar? :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • Ingin me-request sesuatu untuk saya bahas/saya posting? Saya akan pertimbangkan saran pembaca semuanya. Saya membuka saran kalian di kategori jalan-jalan, atau masalah sosial, atau cerita horor. Pastikan tidak spam, promosi, atau request konten dewasa. Atau bisa juga request fitur blog atau bahkan komplain.

    Isi request kalian di sini:

    Surel Anda (wajib)

    Apa yang ingin Anda request, sebuah deskripsi singkat (wajib)

    Terima kasih. :)