Angka Irasional

Pernah tahu angka irrasional? Tidak? Pasti setidaknya tahu PI dong? Yang 3.14 itu…

Apa itu angka irrasional? Itu adalah deret angka yang tidak berujung dan tidak pula dapat dijadikan pecahan karena tidak memiliki pola sampai kapan pun, sampai digit berapa pun.

Tapi kok 3.14 itu dilambangkan dengan 22/7?

Itu hanya mempermudah saja kalian dalam menghitung PI, aslinya hanya 2 digit desimal depannya saja yang sama. Sisanya? Pola 3.14 itu tidak ada yang bisa menyamakan.

Begitu juga dengan akar dari angka 2, bilangan euler, dan rasio emas (golden rasio). Apa lagi itu semua? Yah, dapat dikatakan masih saudara dengan PI hehe… Bahkan akar dari angka 2 saja tidak memiliki pola yang pasti dan tidak berujung.


Maka dari itu saya penasaran jika angka-angka pola tersebut dapat memiliki musiknya tersendiri jika saya anggap angka 1 itu adalah do, 2 adalah re, 3 adalah mi, dan seterusnya. Sehingga, nilai PI yang 3.1415… diterjemahkan menjadi mi do fa do so… dan seterusnya.

Alhasil, saya membuat sebuah prakarya (menggunakan library Three.js) yang dapat memainkan nada-nada dari konstanta irasional tersebut. Berikut framenya, silakan diputar dan dipilih ingin bilangan irasional mana yang ingin dimainkan.

Peringatan:
Jika gambarnya tidak muncul/hanya gelap meski sudah kalian klik tombol “MULAI”, kemungkinan besar gadget kalian tidak mendukung fiturnya. Silakan untuk mencoba di browser desktop PC atau gadget lainnya.
Terima kasih.


Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
  • Selesai membaca? Jangan pergi dulu! 😉

    Minta waktunya sebentar dong, plis sebentaaarrr doang. Gak sampe 5 menit saya janji. Anandastoon minta saran dan komplain kalian di formulir berikut untuk membuat situs ini menjadi lebih baik. Komplain kalian sangat berarti bagi Anandastoon. Makasih ya sebelumnya.
    Oiyak! Untuk melihat apakah saran kalian didengar Anandastoon atau tidak, bisa cek ke halaman penerapan komplain berikut...


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Kembali
    Ke Atas