Game J2ME

Sumber: inet

Siapa yang dulu pernah megang hape Nokia yang unik-unik? Atau siapa yang dulu masih seangkatan sama hape-hape Sony Ericsson, Siemens, Motorola, sama Samsung yang bisa kita lipet (flip) sama kita serolokin (slide)?

Berarti kita seumuran ~ ๐Ÿค—

Saya mau cerita deh, jadi waktu saya SMP dulu, saya punya hape Nokia 6020. Hapenya begini:

Piye, enak jamanku toh?

Anak yang pada baru brojol sekarang bangga-banggain hape Android sama iPhone yang motretnya udah 4K, sinyalnya 4G+, layarnya mentereng, memorinya 256GB.

Saya inget dulu saya dapet hape nokia 6020 itu yang layarnya cuma 128×128 piksel, kamera VGA, memori internal 3MB, sinyal dapet EDGE aja udah mevvah, tapi kenapa saya dulu lepas banget ya bahagianya?

Apalagi dulu heboh banget website waptrick, mungkin bisa dibilang website download sejuta umat ya? Saya juga termasuk ‘member’nya lho hehe.

Banyak dulu yang ngoleksi gambar animasi gif yang lucu-lucu buat wallpaper sama skrinseper, terus pada kirim-kirim via infra merah sama bluetooth.

Nah, saya dulu sering banget download game-game Java dari Waptrick, terus di sekolah (selama gak ketauan guru hehe) pada pamer-pamer game yang baru pada di download dari waptrick.

Saya inget dulu download gamenya banyak, tapi pada lupa. Saya cuma inget 10 ini:


1. Spyro

game j2me

Game naga ungu inilah yang pertama kali saya liat di hape temen saya waktu SMP itu. Apalagi karena saya seneng banget game yang bertipe platformer, otomatis saya jadi auto-ngiler dan ngebawelin doi gimana cara dapetinnya.

Jadilah waktu itu saya langsung ke konter terdekat terus beli pulsa buat langganan paket data cuma buat download Spyro ini aja.

Begitu berhasil ambil gamenya dari Waptrick, waktu saya abis cuma buat namatin gamenya aja dan saya nggak nyesel sama sekali.

Untuk game jadul yang ukurannya cuma 1MB atau kurang dari itu, grafik dan gameplaynya udah keren banget. Kalau nggak salah ada 5 level ya?


2. Tom & Jerry Pinball

Game J2ME

Masa-masa iseng saya pretelin game gratis dari Waptrick, eh btw gamenya bajakan bukan ya? Terlalu bagus untuk game gratisan soalnya, saya nemu game pinball bertema Tom & Jerry.

Karena pada saat itu saya tinggal di pedaleman Majalengka yang hampir tiap malem mati lampu, saya inget banget game ini yang paling nemenin saya setiap mati lampu.

Layout levelnya juga nggak monoton ala pinball biasanya. Ada tiga pilihan yang bisa kita mainin dan semuanya kreatif! Orang jaman dulu inspirasinya liar-liar ya?


2A. Tom & Jerry Cheese Chase

Game J2ME

Masih Tom & Jerry, tapi yang sekarang bukan pinball tapi kejar-kejaran.

Mungkin konsepnya mirip Pacman ya, kita perlu ngatur si Jerry supaya ngambil keju-kejunya tanpa boleh ketangkep sama Tom.

Lagi, pilihan levelnya juga banyak, jadi bikin saya awet ngeliat layar hape berjam-jam meski pada saat itu saya belom kenal medsos samsek.


3. Diamond Rush

Game J2ME

Wuih, bagi saya yang satu ini adalah permainan paling melegenda waktu itu.

Diamond Rush, game petualangan yang temanya berburu diamond pastinya dan berhadapan saya level-level yang sarat tantangan.

Seinget saya levelnya cuma tiga: Di Angkor Wat, Bavaria, sama Tibet. Masing-masing ada rajanya.

Meski cuma 3 level dan mekanik yang super simpel itu, ternyata bikin saya betah ngulang-ngulang permainannya meski udah sering saya tamatin. Ya gimana, kreatif sih.


4. Bubble Bash

Game J2ME

Game sederhana bertipe ngelempar bola dan nyocokin warna ini ternyata punya gameplay yang nggak sederhana.

Selain levelnya banyak, mekanik dan objeknya macem-macem, tantangannya pun bervariasi. Bahkan ada rajanya juga setiap episodenya.

Saya inget dulu suka ‘nyicil’ beberapa levelnya sebelum saya tidur tiap malem hehe…

Mungkin karena banyak yang suka sama gamenya, Bubble Bash ini bikin sekuelnya, Bubble Bash 2.


5. Kingkong

Jujur saya nggak punya game ini di hape saya, yang punya saudara saya yang rumahnya beberapa ratus meter dari rumah saya dulu.

Jadi setiap mampir ke rumahnya, saya masuk ke kamar saudara saya itu buat buru hapenya, dan saya main game Kingkong ini.

Gamenya ‘cuma’ tipikal permainan platformer biasa pada umumnya, tapi sekali lagi, gamenya bukan cuma lompat dan nyerang musuh.

“Tuh liat si Nanda anteng kalo udah megang hape.” Begitu kira-kira saudara saya ngomentarinnya.


6. Paris Hilton Diamond Quest

Game J2ME

Ini ngapain deh saya download game girlie begini?

Et tunggu dulu, ini mungkin bisa saya bilang salah satu game yang jadi pendahulunya Candy Crush.

Gamenya bukan cuma nyocokin 3 objek aja, tapi setiap level ada objektif atau tantangan khusus yang harus saya selesaiin dan bertarung sama waktunya.

Yep, saya nggak peduli mau dibilang apa main game ini yang pasti saya enjoy. ๐Ÿ‘๐Ÿผ


7. Mario KaWe

Ini permainan Super Mario Bros kawe buatan Cina yang sebenarnya namanya itu The Giana Sisters, cuma di reskin jadi Mario Bros.

Sumpah, ini game Mario yang saya males buat tamatin, soalnya desain levelnya susah nggak ngotak dan musuhnya pada nggak bisa dibunuh kecuali sedikit.

Jadi saya mainin ini cuma buat matiin si Mario kawenya aja.


8. Block Breaker

Game J2ME

Tau permainan Arkanoid atau yang mirip itu? Well, Waptrick punya satu. Namanya terlalu literal, Block Breaker, yang dari namanya aja kita udah tau itu game apa.

Yang saya suka dari game ini pada saat itu adalah UI atau grafis tatap mukanya. Bagi saya grafisnya itu cukup mevvah dan nendang. Jadi serasa ada kebanggaan sendiri pas main gamenya.

Sisanya sama kayak game block breaker pada umumnya.


9. Sonic 1

Siapa yang nggak kenal permainan Sonic yang legendaris di konsol SEGA?

Eh ternyata ada versi Javanya, dan gamenya bebas berkeliaran di Waptrick, jadi nggak ada alesan buat nggak saya download.

Secara, kontrol gamenya hampir identik sama yang di konsolnya. Maksudnya, kecepatan jalannya, kekuatan lompatnya, dan lain sebagainya, bener-bener mirip dari yang pernah saya mainin di konsolnya.

Saya mainin game ini pas ujan geledek bener-bener jadi slot nostalgia sendiri bagi diri saya.


9A. Sonic Jump

Masih game Sonic, cuma ini Sonicnya lompat-lompat aja, kita cuma bertanggung jawab mengontrol si Sonic ini supaya nggak jatoh ke jurang.

Tapi tunggu, permainannya nggak sesimpel itu. Tantangannya ternyata bervariasi dan objeknya juga banyak lagi kreatif. Misalnya, ada cincin besar yang kalau lewat situ, Sonic akan melesat jauh dan harus ambil cincin yang ada di lajurnya selama melesat.

Total ada 6 episode, dan masing-masing ada 3 level. Kita juga bertarung sama si Eggmannya itu lho di tiap akhir episode.

Ini adalah game terakhir saya sebelum saya tamat SMP dan pindah ke Tangerang buat jadi santri. Yoi, saya pernah nyantren hehe…


10. Worms

Game J2ME

Game cacing perang yang tembakannya bisa ngancurin tempat napak ini merupakan salah satu game ‘multiplayer’ yang saya mainin.

Nggak bener-bener multiplayer sih, cuma oper-operan hape aja.

Jadi di kelas, terutama pas masa-masa tenang setelah kelar ujian sekolah, saya biasanya sama temen sebangku mutusin ingin tim yang mana.

Baru deh kita perang dengan ganti-gantian. Kalau saya selesai, saya kasih hape saya ke dia, terus begitu sampe salah satu tim kalah.

Wah, dulu saya inget sampe jadi turnamen kecil-kecilan, jadi beberapa murid ngeliatin kami buat harap-harap cemas siapa yang menang dan siapa yang kalah.

Histerianya nggak kebayang waktu itu.


Bonus: Tower Bloxx

Daannn… yang jadi bonus ini adalah permainan Java terakhir saya sebelum Android dan iPhone menggusur semuanya.

Yang berkesan dari saya, waktu hari libur SMA, saya suka mainin ini di hape sambil nonton kartun pagi semisal The Chalk Zone sama The Curious George.

Kenapa aroma pagi waktu itu tiba-tiba semilir berasa ya waktu saya nulis paragraf barusan?

Waktu itu kakak sama adek saya yang liatin saya main ini suka ada rasa panik sendiri pas liat gedungnya goyang-goyang ke sana kemari karena nggak stabil, apalagi pas tinggal naro atapnya doang.


Beberapa patah kata

Iya ya, pas nulis artikel ini, tiba-tiba begitu banyak memori ingatan saya yang ter-unlock.

Dulu belum ada permainan yang pay to win, belum ada permainan yang ukurannya bermega-mega byte, belum ada permainan serupa yang menjamur dengan level yang berulang-ulang.

Tapi waktu itu saya begitu menikmati itu semua, dengan udara yang masih seger karena masih banyak kebon dan lahan kosong.

Makanya sekarang saya udah jarang banget main game, tapi sesekali saya masih coba main-main game jadul pake emulator di Android. Saya pake J2ME loader.

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
๐Ÿค— Selesai! ๐Ÿค—
Anandastoon punya kumpulan game dan beragam interaktif asik lho.
Kalau mau meluncur, klik di sini. ๐ŸŽฎ๐Ÿ’ 

  • Sebelumnya
    Super Mario Wonder: Ada Elemen Paling Kreatif dalam Sejarah Game

    Berikutnya
    20 Foto Asli yang Terlihat Seperti Lukisan


  • 2 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    1. Wah jadi nostalgia juga saya dulu pakai nokia juga hp pertama. Tapi saya cuma kenal game yang cacing aja. Karena gak punya temen jadi mainnya sendiri wkwkwk

      • Iya mas, game-gamenya emang ngundang nostalgia. ๐Ÿฅบ
        Untuk yang game cacing juga sebenernya saya lebih sering sendiri, itu karena ada temen sebangku aja yang ngeliatin eh malah jadi heboh wakakakak.

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. ๐Ÿ˜‰

    Kembali
    Ke Atas
    Pakai tema nostalgia

    Sebentar ya... Anandastoon ganti kulit dulu hehe... ๐Ÿคญ
    Menerapkan tema

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. ๐Ÿ˜Š


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. ๐Ÿ˜‰

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. ๐Ÿค—

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. ๐Ÿค—

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll ๐Ÿ‘‡

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. ๐Ÿ”ฎ

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? ๐Ÿ˜ฑ Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.