Sumber Inspirasi

Pernah gak sih kita bertanya-tanya kok bisa ya ada orang kepikiran bikin karya atau produk begitu?

Misalnya, dulu waktu saya tinggal di daerah Majalengka, hampir tiap pagi sarapan saya itu serabi. Duh, saya baparjik (baper nostaljik). Tapi pas saya pindah ke Jakarta, ada yang bilang sama saya kalau ada orang yang bikin serabi keju, stroberi, daging kucing, dst. Kepikiran ya bikin serabi berjuta rasa?

Atau paling sering misalnya ada artis bikin lagu, atau gambar, atau dagelan, atau konten yang kita nyeletuk, ‘kok nemu aja’ ya? Dari mana sih sumber inspirasinya?

Nah, manusia pada dasarnya memiliki keterbatasan yang cukup tinggi dan kita udah paham itu. Manusia bahkan gak bisa nyiptain sesuatu yang belum ada, meski hanya gambar.

Pokemon aja sebenernya cuma gabungan dari hewan atau benda. Jadi bukan dari hal yang bener-bener baru.

Yup, orang-orang Jepang biasanya suka bikin something yang gila-gila. Beneran deh, darimana sih sumber inspirasinya?

Jadi saya coba rangkum aja 5 sumber inspirasi, dari mulai yang gampang ketebak sampe ke yang mungkin kita sendiri nggak kepikiran…


Karya terdahulu

Hampir setiap orang atau seniman, seperti desainer, fotografer, novelis, komikus, atau komposer musik, ngambil inspirasi dari karya-karya yang udah ada ini udah pasti dong. Misalnya, beberapa desainer bikin sebuah desain grafis karena inspirasinya ‘nyomot’ dari Dribbble atau Behance.

Fotografer pun begitu. Biasanya inspirasinya dari foto-foto orang lain juga.

Tapi itu baru inspirasi yang dasar banget lho ya. Bahkan daripada inspirasi sebenernya kayak lebih condong ‘niru’ bahkan sampe ‘jiplak’. Tergantung niat senimannya.

Yang saya maksud di sini, lebih ke pengembangannya. Kayak musik game jadul Nintendo semisal Super Mario Bros yang legendaris itu, ternyata komposernya terinspirasi dari lagu funky Amerika jadul tahun 60-an!

Atau gak usah jauh-jauh. Foto-foto di Instagram utama Anandastoon (bukan yang lite-nya), malah terinspirasi dari desain Candy Crush Soda lho hahai.

Saya sebenernya bukan desainer, tapi banyak desain-desain saya yang terinspirasi dari game malah. Misalnya kalian bisa cek di sini.

Kok bisa? Bisa dong… Kadang melodi musik game menstimulasi saya untuk mendesain sesuatu. Bahkan beberapa musik menyolek saya untuk membuat konten kripikpasta. ๐Ÿ‘ป

Atau pernah nggak sih kalian lihat background game yang kadang masih kaku kotak-kotak atau bahkan masih pixelated begitu bisa merangsang imajinasi kalian lebih liar daripada grafik yang real? Lihat coba gambar ini, saya ambil dari game Kirby Squeak Squad:

Sumber Inspirasi

Jika seorang seniman atau artis bener-bener bisa menginspirasi orang lain dari karya mereka, berarti mereka sudah master dan karya mereka kita sebut dengan masterpiece.

Jadi bukan cuma seniman kemaren sore yang bisa ngehasilin karya yang sekedar bagus kemudian dipajang di medsos buat jadi mesin pencetak ‘like’. Wups, no offense lo ya. ๐Ÿ™Š

Bahkan kalau kalian skrol sampe mentok ke paling bawah halaman ini, tema WordPressnya saya desain sendiri lewat koding, desainnya terinspirasi dari lagu ABBA.


Permainan kata

Beberapa orang suka baca novel atau cerpen yang punya lilitan kata-kata menarik, yang nggak flat, rata, kaku, boring, dst, kek tulisan ini.

Apalagi manusia pada dasarnya punya rasa penasaran, jadi mereka senang membayangkan atau merasakan. Makanya jangan heran kalau banyak permainan kata dari penulis yang mengacak-acak imajinasi pembacanya.

Bisa jadi sumber inspirasi juga kan?

Misalnya, “Bagai bulan dibelah rindu”, aseeekkkk… Eh kalo bulan kebelah bisa kiamat dong?! ๐Ÿคญ

Ish, malah jadi candaan. Gak ngehargain penulis. ๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜‹

Beberapa orang yang udah gatel sama kata-kata ‘inspiring’, bakal buka tools mereka buat menumpahkan segala sesuatu yang telah mereka konversi dari permainan kata yang mereka dapet.

Atau kembali lagi ke game-game yang katanya bener-bener bisa nyentil inspirasi Anandastoon ini.

Kadang game-game Jepang suka bikin nama-nama level gamenya itu bener-bener iseng dan niat banget. Yang mana itu bagus sumpah.

Contohnya, kembali lagi kepada game Kirby, beberapa nama levelnya ada yang menurut saya sampe nyeret otak saya ke hamparan sejuknya awan-awan di nirwana. ๐Ÿž๏ธโ˜๏ธ

Ettss saya gak lebay lho ya… Beneran kok. Saya aja sampe suruh AI (hotpot.ai) buat gambar implementasi dari nama-nama level itu. Hasilnya gak maen-maen. Liat deh ~

Prisms Plains
(tema padang rumput, Kirby Squeak Squad)

Sumber Inspirasi

Echo’s Edge
(tema es/kutub, Kirby Star Allies)

Sumber Inspirasi

Celestial Valley
(tema fantasi/universe), Kirby Air Ride)

Sumber Inspirasi

Nah kan, nah kan. Biasanya beberapa developer game yang gamenya ‘cuma’ asal bagus, apalagi cuma asal jadi, gak bakalan kita temuin nama-nama level seinspiratif itu di game-game mereka.

Misalnya ya tadi, level es/kutub aja mungkin kita bisa namain kalo pake bahasa Inggris itu ‘chill’, ‘ice’, ‘polar’, ‘tundra’, ‘frozen’, dst. Ini malah dikasih nama “Echo’s Edge”. Kurang beautiful apa cobakk? Jadi di kutub itu emang saking kosongnya, kalau kita bersuara sampe balik lagi dari jauh karena mantul dari gema.

“Echo’s Edge”, dari namanya aja bisa potensial jadi satu novel penuh tersendiri. ๐Ÿ˜Ž


Relaksasi

Kenapa manusia perlu piknik? Kita pasti bilang buat healing. Bener sih. Gak salah malah.

Healing itu penyembuhan. Emang apa yang mau disembuhin? Abis kerja selama seminggu jadi kena stroke gituh? Bukan dong hahah.

Selain tingkat stres kita bisa pulih, motivasi bisa terpompa lagi, paru-paru bisa lebih plong, oksigen bisa lebih berlimpah, berkat piknik. Jangan lupa, inspirasi bisa kita panen ~

Inspirasi dateng kalau otak kita lagi rileks atau tenang. Makanya biasanya suka dateng pas malem, atau pas selesai ibadah, atau bahkan pas lagi di kamar mandi.

Apalagi jika rileksnya di alam. Gerombolan inspirasi bisa nyamperin kita satu kampung. Yo, datengnya bisa lebih menghujam dan mendalam.

Makanya piknik jadi bisnis yang menggiurkan. Tapi piknik bahkan bisa sia-sia kalau ternyata pengelolanya gak nyenengin sama gak ngenakin. Bukannya bawa oleh-oleh inspirasi, malah bawa pulang cemberutan. ๐Ÿ˜’

Makanya sayang juga lho kalau wisata cuma bawa pulang selfie doang. (Plis jangan bahas masalah sampah, itu lain cerita, buka aja kategori opini, uda bebusa saya jelasin di situ)

Jepang udah tahu keistimewaan ini sampe-sampe pemerintahnya peduli dan dibikinin stasiun khusus buat ngundang inspirasi dari alam sekitar. Much better daripada ngundang keributan kan?

Sumber Inspirasi

Stasiun Seiryu Miharashi. Foto: Inet.

Malah ada keutamaan sendiri kalau kita mau luangin waktu malam kita sejenak buat menghargai keheningan dan memandang bintang-bintang di langit.

Tapi ya, sori deh yang tinggal di kota besar macem Jekardah kek saya. Bintang-bintang di langitnya uda pada diusir sama polusi cahaya. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ญ

Oh iya, untuk stargazing itu sendiri udah saya pernah muat di artikel khusus lho ~


Peduli sama orang lain

What? Peduli sama orang lain bisa ngundang inspirasi? E sumpe luh?

Saya jawab, “Yo-eee!”

Gimana caranya?

Gam-to-the-pang! Tapi yang mesti ada sesi latihan khusus sih. Dan padahal harusnya yang kayak gini udah diajarin dari kecil.

Tapi kebanyakan kita cuma dapet ajaran buat jadi dokter, jadi Yutuber, jadi manajer, jadi PNS, biar dapet duit banyak, padahal biar orang tuanya juga bisa kebagian gengsi. ๐Ÿ˜‹

Padahal pekerjaan bisa jadi bergengsi karena sebanding sama risiko dan pengorbanannya. Bukan tiba-tiba keguyur duit dari langit sendiri.

Negara-negara maju ngajarin anaknya buat jadi bahagia, bukan buat jadi kaya. Itu dia kenapa banyak negara maju yang keliatannya stres tapi mereka bahagia, apalagi hampir gak ada koruptor di negara maju. Saya sampe jelasin sepanjang kali monyet di artikel ini.

Giliran masyarakat kita disuruh buat peduli sama orang lain, ada aja alesannya. Pakek acara bilang, “Boro-boro mikirin orang, kita juga masih susah!”, atau “Alah, biarin aja biar gak manja!”

O… mai… gawd. Ya seenggaknya sebagian besar lah.

Padahal, peduli orang lain bisa jadi ladang inspirasi. Kita cari masalah orang, kita dapetin solusinya, kita bisa jadi punya sesuatu buat orang lain kenang.

Misalnya, di negara maju, masyarakatnya udah ke tingkat peduli sama orang-orang disabel atau cacat fisik & mental.

Warga negara maju banyak yang berlomba-lomba bikin fasilitas yang mudah dan memudahkan kayak akses khusus kursi roda, atau sekadar penanda yang ramah penderita buta warna. Ddari mulai yang konkrit kayak fasilitas publik, sampe yang abstrak kayak software.

Jadi gak perlu heran kalau negara-negara maju inovasinya kenceng-kenceng. Mereka bukan bikin untuk gengsi-gengsian dapet award sama penghargaan (eh sama aja ya).

Mereka buat itu sebagai bentuk peduli mereka kepada sesama. Yasssh ~


Rasa cinta

Yo, rasa cinta bisa ngundang inspirasi? Berarti yang jombs susah dapet inspirasi dundh…

Idiw no! Tentu saja bukan cinta dalam hal asmara dong say.

Akhir-akhir ini saya udah bahas banyak masalah dahsyatnya rasa cinta, terutama di artikel ini.

Jadi mungkin beberapa pembaca setia Anandastoon (halah ngarep ada yang setia) udah bosen kalau lagi-lagi saya kasih contoh berikut:

Masakan ibu atau nenek kita terasa lebih enak karena ada rasa cinta di masakan tersebut. Ya iyalah, bedanya karena mereka masaknya dengan sepenuh hati. Mereka nambahin bumbu ekstra, racikan rumah, dan waktunya juga betul-betul khusus untuk nyiapin masakan itu.

Orang yang mengerahkan rasa cinta sama pekerjaannya, mereka gak bakal sekedar selesaiin pekerjaan terus udah gitu aja. Tapi mereka korbankan waktu lebih, tenaga lebih, atau bahkan harta lebih untuk bikin hasilnya tambah istimewa.

Akhirnya pasti bakal ada orang yang menghargai pekerjaannya, meskipun si pengerah rasa cinta itu tinggal di negara yang masyarakatnya susah ngehargain orang lain.

Yang ngehargain orang-orang ekstra tersebut juga biasanya bukan orang sembarangan.

Dan karena orang yang mengerahkan rasa cinta sudah ketagihan dapet manfaat dari rasa cintanya, ia pasti terus-terusan bekerja dengan rasa cinta. Jadi hasil bisa ngikut sendiri, gak perlu dikejar-kejar lagi deh udah kek Tom n Jerry ~

Beda sama orang yang cuma ngelarin pekerjaan, yang kadang masih harus diberesin lagi sama orang lain, terus merasa paling capek kayak orang lain kerjanya cuma ngupil doang. Apalagi kalau bukannya instropeksi diri sama improvisasi, yang ada sama solidaritasnya bikin drama di Pesbuk terus teriak-teriak “hargailah kami!”

Yang paling parah kalau ya lebih sering demo nutup jalan daripada fokus di kerjaannya. ๐Ÿคฃ

Ayo dong, pada produktif, masing-masing itu seneng nikmatin hasil kerja satu sama lain lho. Kalau udah terbiasa bermanfaat kan enak, peluang dapet pemimpin yang juga inspiratifnya bisa lebih terbuka lebar. ๐Ÿ˜‰

Suka
Komentar
pos ke FB
pos ke Twitter
๐Ÿค— Selesai! ๐Ÿค—
Anandastoon punya kumpulan game dan beragam interaktif asik lho.
Kalau mau meluncur, klik di sini. ๐ŸŽฎ๐Ÿ’ 

Nilai

Polling

Sugesti

Permainan


  • Sebelumnya
    Kuis Bendera Negara #4: Ada Impostor

    Berikutnya
    Beberapa Tampilan Ikon Legendaris


  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Minta Komentarnya Dong...

    Silakan tulis komentar kalian di sini, yang ada bintangnya wajib diisi ya...
    Dan jangan khawatir, email kalian tetap dirahasiakan. ๐Ÿ˜‰

    Kembali
    Ke Atas
    Pakai tema nostalgia

    Sebentar ya... Anandastoon ganti kulit dulu hehe... ๐Ÿคญ
    Menerapkan tema

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Apakah artikelnya mudah dimengerti?

    Mohon berikan bintang:

    Judul Rate

    Desk Rate

    Terima kasih telah membaca artikel Anandastoon!

    Dan terima kasih juga sudah berkontribusi menilai kemudahan bacaan Anandastoon!

    Ada saran lainnya untuk Anandastoon? Atau ingin request artikel juga boleh.

    Selamat datang di Polling Anandastoon.

    Kalian dapat iseng memberi polling seperti di Twitter, Facebook, atau Story Instagram. Pollingnya disediakan oleh Anandastoon.

    Kalian juga dapat melihat dan menikmati hasil polling-polling yang lain. ๐Ÿ˜Š


    Memuat Galeri Poll...

    Sebentar ya, Anandastoon muat seluruh galeri pollnya dulu.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Asik poll ditemukan!

    Silakan klik salah satu poll yang kamu suka untuk mulai polling!

    Galeri poll akan terus Anandastoon tambahkan secara berkala. ๐Ÿ˜‰

    Judul Poll Galeri

    Memuat poll...

    Sebentar ya, Anandastoon memuat poll yang kamu pilih.
    Pastikan internetmu tetap terhubung. ๐Ÿ˜‰

    Masih memuat ~

    Sebelum memulai poll,

    Anandastoon ingin memastikan bahwa kamu bukan robot.
    Mohon agar menjawab pertanyaan keamanan berikut dengan sepenuh hati.
    Poll yang 'janggal' berpotensi dihapus oleh Anandastoon.
    Sebab poll yang kamu isi mungkin akan bermanfaat bagi banyak orang. ๐Ÿค—

    Apakah nama hari sebelum hari Kamis?

    Mohon jawab pertanyaan keamanan ini. Jika jawaban benar, kamu langsung menuju pollnya.

    Senin
    Rabu
    Jumat
    Sabtu

    Atau, sedang tidak ingin mengisi poll?

     

    Wah, poll telah selesai. ๐Ÿค—

    Sebentar ya... poll kamu sedang di-submit.
    Pastikan internetmu terhubung agar dapat melihat hasilnya.

    Hasil poll ๐Ÿ‘‡

    Menunggu ~

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya Anandastoon akan menebak rekomendasi artikel yang kamu inginkan ~

    Heihei maihei para pembaca...

    Selesai membaca artikel Anandastoon? Mari, saya coba sarankan artikel lainnya. ๐Ÿ”ฎ

     

    Ups, sepertinya fitur ini masih dikembangkan Anandastoon

    Di sini nantinya kamu bisa main game langsung di artikelnya.

    Permainan di Artikel

    Bermain dengan artikel yang baru saja kamu baca? ๐Ÿ˜ฑ Kek gimana tuh?
    Simpel kok, cuma cari kata dalam waktu yang ditentukan.

    Mempersiapkan game...

    Aturan Permainan

    1. Kamu akan diberikan sebuah kata.

    2. Kamu wajib mencari kata tersebut dalam artikel.

    3. Kata yang ditemukan harap diblok atau dipilih.
    Bisa dengan klik dua kali di laptop, atau di-tap dan tahan sampai kata terblok.

    4. Terus begitu sampai kuota habis. Biasanya jumlahnya 10 kuota.

    5. Kamu akan berhadapan dengan waktu yang terus berjalan.

    6. DILARANG Inspect Element, CTRL + F, atau find and replace. Juga DILARANG berpindah tab/windows.