BrosurBelakang     Pendeklarasian variabel adalah suatu hal yang dasar dan umum dalam dunia bahasa pemrograman lagi sangat mudah serta penting. Variabel itu sendiri sebenarnya telah diajarkan bahkan saat kita masih duduk di bangku taman kanak-kanak. Contoh sederhana dari variabel itu sendiri adalah sebagai berikut :

3 + n = 8

     Dengan sangat mudah kita akan menjawab bahwa nilai dari n adalah 5. Variabel sangat dibutuhkan jika kita ingin menggunakan nilai yang terhubung satu sama lain tanpa mesti mengubahnya satu per satu. Pendeklarasiannya pun bukanlah suatu malapetaka, hingga akhirnya variabel yang dibuat sangat kompleks atau begitu banyak.

     Dalam bahasa pemrograman, saya ambil C# dalam kasus ini, ada suatu identifier di mana hal itu biasa disematkan sebelum nama atau jenis variabel dalam pendeklarasian.

  • Public

     Jika ingin variabel yang dibuat dapat diakses di kelas lain.

  • Protected

     Jika ingin variabel yang dibuat hanya dapat diakses pada ‘anak’ kelas tersebut. Ini diberlakukan jika seseorang meng-extend kelas tersebut.

  • Private

Jika ingin variabel yang dibuat tidak dapat diakses di manapun tanpa kecuali. Variabel tersebut hanya dapat digunakan di dalam kelas yang mendeklarasinya.

  • Static

     Jika variabel yang dibuat tidak ingin diubah nilainya. Biasanya sering digunakan sebagai pengganti constant pada bahasa pemrograman yang tidak mengenal constant.

  • Abstract

     Ini juga dapat disematkan pada kelas, di mana kelas tersebut tidak bisa dibuat baru dengan keyword “new”, namun bisa jika ada kelas lain yang menjadi anak kelas tersebut.

// Ini kelas utama abstract
public abstract class Test {

}

// Ini anak yang meng-extend kelas abstract tersebut
public class TestExtending : Test {

}

// Maka kelas abstract tidak bisa begini
private Test test = new Test ();

// Namun bisa pada anak kelas tersebut
private TestExtending test = new TestExtending();
  • Override

     Ini berlaku khusus untuk sub-rutin atau function, di mana fungsi ini telah dibuat dalam suatu engine, namun ingin ditulis ulang dalam nama yang sama pada suatu kelas. Jadinya, kelas tersebut memakai fungsi yang telah di-override di kelas tersebut, dan bukan fungsinya engine bahasa pemrograman tersebut meski namanya sama.

Semoga Bermanfaat

  • Selesai membaca? Jangan pergi dulu! 😉

    Minta waktunya sebentar dong, plis sebentaaarrr doang. Gak sampe 5 menit saya janji. Anandastoon minta saran dan komplain kalian di formulir berikut untuk membuat situs ini menjadi lebih baik. Komplain kalian sangat berarti bagi Anandastoon. Makasih ya sebelumnya.
    Oiyak! Untuk melihat apakah saran kalian didengar Anandastoon atau tidak, bisa cek ke halaman penerapan komplain berikut...


    Diskusi dengan Anandastoon


    Anandastoon baru saja buat forum untuk diskusi dengan sesama pembaca. Temanya banyak, mulai dari pengalaman horor, menarik, travelling, curhat, tanya jawab, programming, dan lain sebagainya. Mari kunjungi Forum Anandastoon

  • 0 Jejak Manis yang Ditinggalkan

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Kembali
    Ke Atas
    Mode Gelap