Kejutan Trigonometri di Tahun Baru 2018: Polar Rose

Polar RosesDi saat orang-orang melihat jedar-jeder kembang api di malam tahun baru, saya justru membuat ‘kembang’ api sendiri di laptop. aduh kasihan, mana jomblo lagi. Dengan bereksperimen bersama trigonometri, yaitu sin kos tangen alias sini ke kos aku kangen, saya membahagiakan diri saya sendiri di malam yang penuh suara berisik itu.

Adalah Polar Roses, yaitu gambar-gambar menyerupai bunga yang dapat dibuat dari trigonometri tersebut. Saya membuatnya di Kanvas HTML 5, dengan bantuan javascript dan framework Phaser.js membuat segala sesuatunya berjalan dengan mulus.

Di sini user dapat memasukkan nilai n dan nilai d hingga 99 untuk melihatnya menjadi bentuk yang bermacam-macam (lihat gambar di atas). Berikut beberapa saya lampirkan screenshotnya:Kejutan Trigonometri Kejutan Trigonometri Kejutan Trigonometri Kejutan Trigonometri Kejutan Trigonometri Kejutan Trigonometri

Baik, berikut adalah kanvasnya, silakan untuk meng-input sendiri nilai n dan nilai d nya dan let a magic happens… (Ya Allah, dari ekuasi matematika dapat menghasilkan gambar seindah ini…)

Selamat menikmati…


Ada yang belum jelas? Mengapa tidak berkomentar? :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • Ingin me-request sesuatu untuk saya bahas/saya posting? Saya akan pertimbangkan saran pembaca semuanya. Saya membuka saran kalian di kategori jalan-jalan, atau masalah sosial, atau cerita horor. Pastikan tidak spam, promosi, atau request konten dewasa.

    Isi request kalian di sini:

    Surel Anda (wajib)

    Apa yang ingin Anda request, sebuah deskripsi singkat (wajib)

    Terima kasih. :)